Baca artikel IDN Times lainnya di IDN App
Install

Perbedaan Konser, Fan Meeting, Showcase, dan Fansign KPop

Perbedaan Konser, Fan Meeting, Showcase, dan Fansign KPop
twitter.com/x1official101
  • Konser KPop menampilkan puluhan lagu dengan produksi panggung besar selama 2–4 jam, sementara fan meeting lebih singkat dan berfokus pada obrolan, wawancara, serta permainan.
  • Showcase umumnya digelar saat grup debut untuk mempromosikan album, berkonsep intim dengan penampilan dan sesi wawancara lebih banyak, serta dapat disiarkan langsung.
  • Fansign berpusat pada tanda tangan album dan interaksi dekat dengan idola; hampir tanpa penampilan, acara ini berlangsung 1–2 jam dan peserta memperoleh undangan.
This section summary was AI-assisted and reviewed by our editorial team.
Share Article

Para penggemar KPop pasti sudah tidak asing lagi dengan acara besar dunia KPop, seperti konser, fan meeting, fansign, dan showcase atau show-con. Keempat acara tadi menjadi ajang yang cukup besar untuk para penggemar KPop bisa bertemu dengan para idola kesayangannya.

Namun, kadang ada yang bertanya-tanya mengenai keempat event tadi yang secara general sebenarnya memiliki konsep dan tujuan yang hampir sama. Kira-kira apa perbedaannya, ya? Yuk, kita cari tahu bersama.

  1. 1. Konser KPop

    imgur.com/nguyenhoangthuymykbh3000
    imgur.com/nguyenhoangthuymykbh3000

    Konser KPop merupakan pertunjukan musik berskala besar yang menjadi ajang pertemuan utama antara grup idola dan para penggemarnya. Dalam sebuah konser, fokus utamanya adalah penampilan panggung secara intensif dengan membawakan puluhan lagu hits, lengkap dengan tata panggung yang megah, koreografi memukau, efek visual, hingga dukungan lightstick dari ribuan penonton.

    Durasi konser KPop umumnya berkisar antara 2 hingga 4 jam, tergantung pada agensi dan daftar lagu yang dibawakan. Selain menampilkan pertunjukan musik yang energik, konser juga biasanya diselingi sesi ment (mengobrol ringan dan menyapa penggemar), permainan singkat, hingga wawancara santai yang dipandu oleh pembawa acara di atas panggung.

  2. 2. Fan Meeting

    thelevel.my
    thelevel.my

    Nah, yang satu ini memiliki beberapa perbedaan dengan konser KPop. Dalam fan meeting biasanya rata-rata durasi yang diberikan oleh agensi masing-masing grup idola hanya 1 hingga 1,5 jam saja. Hal ini dikarenakan konsep acaranya sendiri, yaitu fan meeting alias jumpa penggemar. Namanya juga berjumpa, pasti tidak akan lama-lama, ya.

    Harga tiket yang ditawarkan pun tidak akan semahal konser KPop. Biasanya bisa di bawah harga tiket konser atau setara dengan harga tiket konser kategori tengah.

    Dalam fan meeting, para grup idola akan tetap menampilkan lagu-lagu populer mereka, namun tak sebanyak yang mereka tampilkan dalam konser, karena mereka justru akan fokus untuk mengobrol dan menyapa para fans, wawancara mengenai kegiatan mereka baru-baru ini, dan bermain games.

  3. 3. Showcase

    Showcase lebih sering digelar di negara asalnya, yaitu Korea Selatan. Biasanya showcase diadakan ketika ada grup idola yang baru debut dan ingin mempromosikan album debut terbaru milik mereka kepada publik.

    Showcase sendiri bisa dikatakan sebagai mini concert karena konsep dan kesannya yang lebih intim. Biasanya fans yang bisa menghadiri acara ini juga tidak akan banyak. Ada agensi yang menjual tiket showcase mereka dan ada juga fans beruntung yang mendapat undangan langsung dari pihak agensi alias tiket tidak diperjualbelikan.

    Ada dua macam showcase yang biasa diadakan di sini, yaitu showcase for the press and media only serta showcase for the fans. Sesi mengobrol dan interview akan lebih banyak dilakukan pada acara ini, supaya publik juga tahu konsep dan warna musik apa yang akan dibawakan oleh grup idola tersebut.

    Durasi showcase hanyalah 1 hingga 3 jam. Hal ini kembali lagi kepada keputusan pihak agensi. Nah, live streaming pun menjadi bagian yang tak kalah penting di event ini, karena biasanya pihak agensi akan membuat live streaming agar para penggemar yang tak hadir bisa tetap menyaksikan debut idolanya.

  4. 4. Fansign

    istyle.id
    istyle.id

    Dari namanya saja kalian pasti sudah bisa menebak, apa itu fansign. Ya, fansign adalah acara tanda tangan album oleh tiap-tiap anggota grup idola kepada fans yang berhasil mendapat invitation ke acara tersebut.

    Tentu, fansign yang diadakan di Korea Selatan akan berbeda dengan fansign yang diadakan di negara lain. Pasalnya, para penggemar KPop di Korea Selatan harus rela membeli ratusan album demi bisa mendapatkan satu tiket masuk fansign. 

    Namanya juga acara tanda tangan album, pasti interaksi dengan para penggemar adalah hal yang paling dominan. Para fans bisa saling melempar pertanyaan personal kepada para idol kesayangannya hingga berjabat tangan dengan mereka. Para fans juga bisa menatap mata idola mereka dalam jarak yang dekat dan dalam waktu yang terbilang cukup lama.

    Fans juga biasanya memberikan beberapa hadiah, seperti makanan, minuman, mainan, hiasan kepala, barang-barang kesukaan idolanya, dan masih banyak lagi. Alih-alih agar sang idola senang, hal ini justru akan membuat idola mereka bisa mengingat terus kebaikan hati para penggemarnya, lho.

    Hampir tidak ada perfomance di acara fansign karena bukan itu fokus utama acaranya. Untuk durasinya sendiri biasa berkisar antara 1 hingga 2 jam. Hal ini juga bisa berubah tergantung jumlah member yang tergabung dalam suatu grup idola. Kalau di Korea Selatan sendiri, event ini bisa diadakan di closed hall atau mall. 

    Bagaimana, sekarang kalian sudah tahu, dong perbedaan dari konser KPop, fan meeting, showcase, dan fansign itu apa? Nah, dari keempat acara tadi, acara apa saja yang sudah pernah kalian rasakan pengalamannya?

This article is written by our community writers and has been carefully reviewed by our editorial team. We strive to provide the most accurate and reliable information, ensuring high standards of quality, credibility, and trustworthiness.
Share Article
Editorial Team

Related Articles

See More