Comscore Tracker

[EKSKLUSIF] Danny Elfman Bocorkan Rahasia Magis Musik Doctor Strange 2

Danny Elfman senang musiknya di Doctor Strange 2 tuai pujian

Kesuksesan Doctor Strange in The Multiverse of Madness tak lepas dari musik dan soundtrack-nya yang tuai pujian. Musical score untuk film Marvel terbaru Sam Raimi ini digarap oleh komposer, Danny Elfman.

IDN Times dapat kesempatan ekslusif untuk ngobrol empat mata dengan Danny Elfman usai perilisan film Doctor Strange in The Multiverse of Madness. Ini dia hasil obrolan kami dengan salah satu legenda hidup di bidang musik ini.

Merancang musik Doctor Strange in The Multiverse of Madness bagaikan menyusun puzzle raksasa

[EKSKLUSIF] Danny Elfman Bocorkan Rahasia Magis Musik Doctor Strange 2Doctor Strange in The Multiverse of Madness (Courtesy of Marvel Studio/Disney for IDN Times)

Danny tampak segar dan ceria saat bertemu dengan IDN Times via wawancara virtual pada pagi itu. Pria kelahiran 1953 ini memang terhitung masih sangat bugar dan passionate tentang musik di usia tak lagi muda.

Mengingat kemegahan Doctor Strange in The Multiverse of Madness, otomatis terbayang juga soundtrack dan musical score-nya yang 'wah'. Kira-kira apa sih tantangan terbesar bagi Daddy Elfman dalam membuat karya terbarunya ini?

"Well, tantangan terbesarnya adalah (film ini) merupakan cerita yang sangat besar dan rumit dengan multiverse dan berbagai karakter berbeda. Cara mereka menyatu bagaikan jigsaw puzzle raksasa. Dan kamu harus menemukan kepingan-kepingan itu untuk menghubungkan mereka," ucap sang maestro.  

Menulis musik untuk tokoh antagonis yang dicintai jadi tantangan unik

[EKSKLUSIF] Danny Elfman Bocorkan Rahasia Magis Musik Doctor Strange 2Doctor Strange in The Multiverse of Madness (Courtesy of Marvel Studio/Disney for IDN Times)

Selain itu, ada lagi tantangan unik bagi Danny Elfam dalam merancang musical score buat Doctor Strange in The Multiverse of Madness. Karakter antagonis alias sang villain!

"Ini sangat menarik karena penjahatnya adalah sosok yang kita cintai. Dia adalah Wanda! Bukan Thanos yang mengerikan, atau Darth Vader," tutur sang komposer.

Sosok Wanda sebagai seorang perempuan yang hanya ingin berkumpul kembali dengan anak-anak gaibnya memicu sensasi unik dan berbeda bagi Danny. Antimainstream, beda dengan kebanyakan film superhero.

"Membuat (Wanda) menjadi karakter penjahat membuat film ini semakin menarik secara keseluruhan. Dan terlebih lagi bagi saya sebagai komposer." 

Ini dia bagian terfavorit Danny Elfman dari soundtrack Doctor Strange in The Multiverse of Madness yang dibuatnya

[EKSKLUSIF] Danny Elfman Bocorkan Rahasia Magis Musik Doctor Strange 2Wawancara eksklusif Danny Elfman dan IDN Times (dok. IDN Times Courtesy of Marvel Studio)

Danny menuai pujian karena sukses menggabungkan berbagai elemen musik berbeda menjadi satu harmoni indah yang mendukung cerita Doctor Strange in The Multiverse of Madness. Ia memasukkan unsur rock sampai klasik lho dalam scoring tersebut.

Mantan vokalis band 80-an, Oingo Boingo ini mengaku hanya ingin bersenang-senang sambil berharap penonton bakal suka sama hasilnya. "Makanya aku bahagia waktu dengar respons penoton positif," ungkapnya. Jenius ya, cuma proyek having fun saja hasilnya secakep ini!

Baca Juga: Sam Raimi Curhat Bedanya Garap Doctor Strange 2 Vs Spider-Man

Sepanjang soundtrack, Danny memiliki anak emas alias bagian terfavorit. "Dua bagian paling menyenangkan dari soundtrack ini, yang pertama ketika Doctor Strange bangkit dari kubur dan rasanya seperti film monster dari masa kecilku," jelasnya penuh antusiasme. Danny mengaku senang karena bisa menulis musik bertema monster yang auranya sangat jadul.

Bagian lainnya, lagi-lagi menyangkut Wanda. "Ketika Wanda bertemu dengan anak-anaknya dan sadar bahwa dia tak bisa memiliki mereka, sangat menyentuh. Aku sangat suka menulis lagu untuk adegan itu juga. Dua hal yang sangat bertolak belakang di film tersebut."

Sudah langganan kerja bareng Sam Raimi, ternyata ini alasannya

[EKSKLUSIF] Danny Elfman Bocorkan Rahasia Magis Musik Doctor Strange 2Wawancara eksklusif Danny Elfman dan IDN Times (dok. IDN Times Courtesy of Marvel Studio)

Danny Elfman bukan orang sembarangan di dunia komposer dan pembuatan musik untuk film-film terlaris Hollywood. Selain Doctor Strange in The Multiverse of Madness, ia sudah pernah menulis scores untuk Mission Impossible (1996), Hulk (2003), hingga Men In Black. 

Namun, para penggemar film tentu banyak yang menyadari bahwa ia cukup banyak bekerja sama dengan Sam Raimi. Seolah sudah jadi langganan! Ia pun mengaku suka bekerja dengan sang sutradara yang juga pernah menggarap Spider-Man versi Tobey Maguire ini.

"Dia (Sam Raimi) orang yang sangat baik untuk bekerja bareng, sangat murah hati, dan dia mengizinkanku untuk mencoba sejauh mungkin dan mengekspresikan diriku. Dia juga tidak terlalu memberikan batasan untuk dikerjakan," curhat musisi multitalenta tersebut.

Kalau masuk ke Multiverse of Madness, Danny Elfman pengen jadi Wong!

[EKSKLUSIF] Danny Elfman Bocorkan Rahasia Magis Musik Doctor Strange 2

Walau bukan tokoh utama, Wong jadi salah satu tokoh favorit banyak orang. Bahkan oleh sang sutradara, Sam Raimi sendiri! Gak disangka, composer Doctor Strange in The Multiverse of Madness juga memilih menjadi sang Sorcerer Supreme, Wong kalau bisa jadi karakter di film tersebut.

"Kayanya aku bakal jadi Wong. Karena dia sangat tenang, punya kendali. Dia juga punya kemampuan yang sangat baik, tapi dia gak harus ada di mana-mana menghadapi segalanya seperti Doctor Strange," seloroh Danny. Ia juga kagum dengan karakter Wong yang hidupnya tampak seimbang dan puas dengan pencapaiannya dalam hidup.

Baca Juga: Review Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Laga Campur Horor!

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya