Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Credit Scene Spider-Man: FFH

Bagi yang belum menonton FFH, artikel ini berisi spoiler!

Film Spider-Man: Far From Home akhirnya telah dirilis. Film ini menjadi film penutup Phase 3 dalam MCU. Spider-Man: Far From Home mengambil latar waktu beberapa minggu setelah kejadian dalam film Avengers: Endgame dimana orang-orang masih mengingat kejadian 'snap' atau dalam filmnya dikenal dengan 'The Blip'  5 tahun lalu serta rasa kehilangan setelah tewasnya sang pahlawan, Iron Man.

Bagi kamu yang telah menonton film Spider-Man: Far From Home, pastinya kamu sudah tahu mengenai mid-credit scene film ini. Lalu, seberapa pentingkah adegan tersebut untuk keberlanjutan film Spider-Man dan masa depan MCU selanjutnya? Berikut adalah 5 ulasan yang harus kamu ketahui terkait dengan adegan mid-credit Spider-Man: FFH.

1. Spider-Man: FFH membawa kembali elemen dari film Spider-Man 2002 arahan Sam Raimi

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Credit Scene Spider-Man: FFHcomicbook.com

Beberapa waktu lalu, JK Simmons, aktor yang memerankan petinggi Daily Bugle, J. Jonah Jameson dalam film Spider-Man (2002) arahan Sam Raimi menghadiri red carpet film Spider-Man : FFH. Banyak spekulasi yang bertebaran, jika aktor tersebut akan kembali mengisi peran tertentu dalam film terbaru Spider-Man ini.

Siapa sangka, hal ini benar terjadi. Dalam mid-credit scene  Spider-Man : FFH, kita diperlihatkan kembali elemen Spider-Man arahan Sam Raimi. J. Jonah Jameson kembali hadir sebagai pembawa berita DailyBugle.net yang memberikan informasi mengenai pertempuran di London antara Spider-Man dan Mysterio. Informasi apakah itu ?

2. Identitas Spider-Man diketahui oleh publik

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Credit Scene Spider-Man: FFHinverse.com

Dalam mid-credit scene Spider-Man : FFH, Jonah Jameson memberikan footage video yang direkam oleh Mysterio saat pertempuran di London. Mysterio mengungkapkan identitas Peter Parker sebagai Spider-Man dan menjebak Peter sebagai penjahat. Lalu, bagaimana efeknya terhadap keberlanjutan karir superhero Peter Parker?

Dalam komiknya, identitas Peter Parker seringkali teridentifikasi bahkan oleh dirinya sendiri. Beberapa karakter yang pernah membocorkan rahasia ini adalah Green Goblin, Doctor Octopus, dan Jonah Jameson. Identitas Peter Parker yang telah diketahui dan dicap sebagai penjahat tentunya akan memberikan dampak untuk dirinya dan beberapa orang disekitarnya. Ned, May Parker, Happy, dan MJ tentunya bisa saja dalam bahaya.

Selain itu, kemunculan J. Jonah Jameson dalam MCU akan memberikan ruang cerita sendiri. Pasalnya, kita mengenal Jonah sebagai orang yang cukup 'menolak' atas kehadiran Spider-Man. Tentunya, setelah identitas rahasia Peter Parker terungkap, banyak hal yang mungkin saja terjadi ke depannya.

3. Identitas Nick Fury dan Maria Hill

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Credit Scene Spider-Man: FFHreddit.com

Ini adalah bagian menarik dalam film Spider-Man: FFH. Sepanjang film ini kita akan melihat kembali aksi Nick Fury dan Maria Hill setelah sebelumnya ikut menjadi bagian orang yang terkena 'The Blip' dalam event Avengers: Endgame.

Namun, siapa sangka, Nick Fury dan Maria Hill yang kita kenal bukanlah petinggi dari S.H.I.E.L.D yang sesungguhnya. Dalam post-credit scene, diperlihatkan jika Nick Fury dan Maria Hill adalah alien Skrulls yang menyamar, Talos dan istrinya, Soren. Keduanya diberikan tugas oleh Nick Fury untuk mengontrol S.H.I.E.L.D di bumi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kemunculan terakhir Skrulls ada pada film Captain Marvel beberapa waktu lalu. Pada akhir film Captain Marvel, Carol Danvers akhirnya membantu Skrulls mencari planet yang bisa dihuni oleh bangsa Skrulls. Hal ini memberikan dua pertanyaan besar. Pertama, bagaimana bisa Skrulls kembali ke bumi? Kedua, sudah berapa lama Talos dan Soren menyamar sebagai Nick Fury dan Maria Hill dalam menjalankan operasi S.H.I.E.L.D?

Ada beberapa jawaban yang mungkin saja bisa dikaitkan terkait dua pertanyaan tersebut. Asumsi untuk jawaban pertanyaan pertama adalah Talos, Soren, dan mungkin beberapa alien Skrulls kembali ke bumi sejak dulu mengingat rentang waktu antara film Captain Marvel dan timeline  MCU sekarang cukup jauh. Teori lain adalah, Skrulls kembali bersama Carol Danvers, saat Carol menerima sinyal bahaya pada kejadian Infinity War.

Jawaban untuk pertanyaan kedua ini mungkin akan membuatmu terheran-heran. Ya, selama ini, sepanjang film MCU, kita mengenal Nick Fury dan Maria Hill adalah alien Skrulls yang menyamar dan menjalankan operasi S.H.I.E.L.D selama ini. Aneh dan mengejutkan. Sekali lagi, bagaimana mungkin?

Baca Juga: 6 Reptil dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Spider-Man!

4. Nick Fury dan divisi terbaru S.H.I.E.LD?

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Credit Scene Spider-Man: FFHcomicvine.gamespot.com

Kita telah mengetahui jika Nick Fury memberikan tugas kepada alien Skrulls, Talos dan Soren untuk menyamar menjadi Nick Fury dan Maria Hill menjalankan operasi S.H.I.E.L.D di bumi. Sementara itu, Nick Fury sedang dalam sebuah markas yang keberadaannya belum diketahui, bersama dengan beberapa kru alien Skrulls. Pertanyaan muncul, apakah Spider-Man : FFH menjadi tugas pertama Talos sebagai Nick Fury?

Teorinya adalah, Nick Fury dan Skrulls telah bekerja sama sejak awal, mungkin saat pertama kali MCU dibangun. Markas Nick Fury yang diperlihatkan dalam post-credit Spider-Man: FFH sepertinya telah dibangun sejak lama. Jika kita runut, sejak kembalinya Nick Fury dari korban 'snap' , cukup mustahil jika markas ini dibangun dalam waktu singkat. Teori ini juga mendukung jika Nick Fury dan Maria Hill yang kita lihat selama ini adalah alien Skrulls yang menyamar.

Berbicara mengenai markas yang diperlihatkan dalam akhir film ini, sepertinya Marvel akan memperkenalkan sub-divisi terbaru S.H.I.E.L.D. Jika merunut dari komiknya, sub-divisi terbaru ini dikenal dengan S.W.O.R.D (Sentient World Observation and Response Department). Divisi ini adalah sub-divisi dari S.H.I.E.L.D, meskipun dalam komiknya hubungan kedua organisasi tersebut cukup tegang.

Divisi ini menangani ancaman dari luar bumi (extraterrestrial) yang memungkinkan memberikan dampak terhadap keamanan di bumi. S.W.O.R.D bermarkas di luar angkasa dalam orbit bumi dan dikenal dengan The Peak. The Peak inilah yang mungkin menjadi representasi markas baru Nick Fury untuk S.W.O.R.D dalam MCU. Terlebih, selama ini S.H.I.E.L.D telah banyak menangani kasus kosmik dan alien dalam MCU seperti Kree,  Chitauri, Skrulls, dan ras Eternals seperti Thanos.

5. Spider-Man : FFH membuka plot cerita untuk masa depan MCU

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Credit Scene Spider-Man: FFHscreenrant.com

Kehadiran Skrulls dalam Spider-Man : Far From Home menjadi pembuka plot cerita masa depan MCU selanjutnya. Satu plot cerita yang dimungkinkan untuk diangkat adalah cerita komik 'Marvel's Secret Invasion: Who Do You Trust?. Terlebih Skrulls telah hadir dan mempunyai posisi strategis dalam S.H.I.E.L.D. Bisa saja Talos berkhianat, atau mungkin ada alien Skrulls jahat yang memberikan ancaman bagi bumi.

Perlu diketahui, pembahasan ini masih bersifat teori dan masih bisa berkembang. Terlebih, pihak Marvel Studio sendiri belum mengungkapkan rencana masa depan MCU di fase 4.

Nah, itu tadi 5 ulasan terkait dengan adegan post-credit scene Spider-Man : FFH. Tentunya kepastian ulasan tersebut di atas sangat kita tunggu di film Spider-Man dan film-film MCU di fase 4 selanjutnya. Oleh karena, itu stay update terus ya guys!

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Spider-Man: Far from Home, Sudah Nonton?

DEDE SURYA PRADIPTA Photo Verified Writer DEDE SURYA PRADIPTA

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You