Comscore Tracker

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanos

Galactus dikenal sebagai makhluk kosmik pemakan planet

Marvel Cinematic Universe fase ketiga tinggal menyisakan film Avengers : Endgame apda April 2019 mendatang. Kevin Feige, selaku presiden Marvel Studios mengakui telah mempersiapkan rangkaian film untuk masa depan MCU di fase keempat. Seperti yang kita ketahui, Thanos The Mad Titan menjadi musuh puncak terkuat superhero Avengers selama hampir 11 tahun MCU di layar lebar.

Lalu setelah nantinya kejayaan Thanos berakhir di film Avengers : Endgame, siapakah calon villain terkuat lainnya yang akan menggantikan Thanos? Salah satu daftar nama yang muncul untuk menggantikan Thanos sebagai villain di film Marvel selanjutnya adalah Galactus. Lalu, siapa sebenarnya Galactus dan apa kekuatannya sehingga ia dirasa cocok untuk menggantikan Thanos sebagai villain ? Berikut adalah ulasannya untukmu.

Dikenal sebagai The Eater of Planet

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanosgeektyrant.com

Sebagai keuntungan dari akuisisi Fox oleh Disney, maka Disney berkesempatan untuk memiliki hak distribusi atas seluruh karakter komik Marvel yang sebelumnya menjadi hak milik dari Fox. Salah satu karakkter tersebut adalah Galactus.

Galactus dikenal sebagai The Eater of Planet karena ia merupakan makhluk kosmik yang lapar dan memakan planet untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Ia merubah suatu planet ke dalam bentuk energi yang akan ia serap. Galactus mengembara antar planet dalam semesta dan memilih planet mana yang akan ia konsumsi. Rasa laparnya untuk memakan planet ini menjadikannya sebagai salah satu villain yang mengancama. Bahkan bumi pun pernah menjadi target planet yang akan ia konsumsi.

Galactus digambarkan sebagai makhluk kosmik yang menggunakan armor berwarna ungu. Namun, dalam versi filmnya, Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer (2007), yang pernah dipublikasikan oleh Fox, Galactus digambarkan sebagai sekumpulan tornado awan yang akan melahap bumi.

Memiliki ajudan yang dikenal sebagai Herald of Galactus

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanoscomicvine.gamespot.com

Dalam misi pencariannya untuk menemukan planet yang akan ia konsumsi, Galactus memiliki seorang ajudan yang dikenal sebagai Herald of Galactus. Galactus mampu membagikan kekuatan kosmiknya kepada siapa saja yang ia kehendaki dan menjadikannya sebagai Herald of Galactus. Salah satu anggota Herald of Galactus yang terkenal adalah Silver Surfer.

Silver Surfer adalah alien dari Planet Zenn-La bernama Norrin Radd yang membujuk Galactus untuk tidak memakan planetnya. Galactus membagikan kekuatan kosmiknya kepada Norrin dan menjadikannya sebagai Herald of Galactus. Silver Surfer dan anggota Herald of Galactus ditugaskan untuk mencari planet yang tepat untuk dikonsumsi oleh Galactus.

Jauh sebelum universe sekarang dikenal, Galactus adalah seorang ilmuwan

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanosmarvel.fandom.com

Jauh sebelum semesta sekarang ada, Galactus diceritakan adalah seorang ilmuwan dari planet Taa bernama Galan. Planet yang ia tempati ini memiliki peradaban yang maju namun umur semesta saat itu sedang dalam kehancuran. Galan bersama dengan beberapa orang lainnya mencari cara untuk menyelamatkan planet mereka. Usaha mereka pun gagal dan mereka memutuskan untuk menerbangkan pesawat mereka menuju ke pusat semesta yang dinamakan Cosmic Egg. Ledakan ini membuat membuat seisi penghuni pesawat tewas kecuali Galan.

Di saat yang bersamaan Galan bergabung dengan entitas kosmik bernama Sentience of The Universe . Cosmic Egg meledak dan memicu terlahirnya semesta baru yang kita kenal saat ini. Galan terlahir kembali sebagai Galactus dan terhempas di luar angkasa selama jutaan tahun hingga akhirnya ia terdampar di orbit Planet Archeopia. Saat tersadar, Galactus dipenuhi rasa lapar dan planet Archeopia menjadi santapan Galactus dengan mengubahnya menajdi energi yang ia konsumsi.

Kekuatan Galactus

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanosmarvel.fandom.com

Galactus adalah representasi Power Cosmic, salah satu item terkuat yang ada dalam semesta Marvel. Power Cosmic yang dimiliki oleh Galactus mengandung kekuatan yang dahsyat bahkan kekuatannya ini setara dengan The Celestials. Galactus mampu merubah planet menjadi entiats energi yang akan menambah kekuatannya.

Selain itu Galactus juga memiliki kemampuan telepati dan telekinesis, menembakkan energi yang mampu menghancurkan sebuah planet, menciptakan portal atau wormholes antar dimensi, cosmic sense yang membuatnya mampu mendeteksi gangguan kosmik di seluruh alam semesta.

Kekuatannya yang tanpa batas inilah menjadikannya sebagai salah satu kandidat terkuat yang akan menggantikan Thanos setelah event Endgame selesai.

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, Sebenarnya Thanos Memiliki 7 Kelemahan Ini, Lho!

Sekuat-kuatnya Galaktus, ia memiliki satu kelemahan

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanosmarvel.fandom.com

Kekuatan Galactus yang luar biasa tidak menjadikannya sebagai makhluk dengan kekuatan absolut. Galactus juga memiliki satu kelemahan. Galactus takut terhadap Ultimate Nullifier.

Ultimate Nullifier merupakan salah satu artefak terkuat Marvel. Artefak ini bisa menulis ulang realitas sesuai dengan keinginan penggunanya. Reed Richards, salah satu anggota Fantastic Four pernah akan menggunakan artefak ini dan mengancam Galactus yang saat itu berencana memakan bumi. Galactus ketakutan dan setuju untuk meninggalkan bumi

Dalam komiknya diceritakan bahwa Galactus sempat bergabung dengan Brainiac

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanoscomicvine.gamespot.com

Terdapat salah satu event dalam Amalgam Comic yang menceritakan beberapa karakter terkenal Marvel and DC Comics bergabung menjadi satu dan membentuk karakter baru. Salah satunya adalah fusion antar Galactus dari Marvel dengan Brainiac dari DC Comics, membentuk karakter baru dengan nama Galactiac. Galactiac muncul dalam Challengers of the Fantastic #1

Semesta sempat kacau saat Galactus tewas

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanoscomicvine.gamespot.com

TIdak bisa dipungkiri, Galactus yang selalu lapar untuk memakan planet menjadi ancaman tersendiri bagi semesta. Namun, perlu kita ketahui bahwa kehadiran Galactus memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan alam semesta. Tanpa adanya Galactus, bisa dikatakan semesta menjadi kacau.

Dalam event  Galactus the Devourer in 1999, diceritakan bahwa Galactus tewas setelah Silver Surfer merubah dirinya menjadi mesin yang mengkonsumsi Galactus. Tewasnya Galactus ini malah membangkitkan entitas jahat bernama Abraxas. Abraxas mewakili kehancuran alam semesta dan berusaha menghancurkan alam semesta yang ada. Galactus masih sedikit memiliki 'kebaikan', memilih-milih planet yang akan ia konsumsi.

Satu-satunya cara menghentikan Abraxas adalah dengan membangkitkan kembali Galactus dan mereset semesta menggunakan salah satu artefak terkuat bernama Ultimate Nullifier. Galactus pun bangkit kembali.

Tak selamanya sebagai The Eater of Planets, Galactus sempat dikisahkan menjadi

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanoscomicvine.gamespot.com

Meskipun Galactus dikenal sebagai The Eater of Planets namun ia sempat dikisahkan mendapatkan julukan sebagai Lifebringer atau pembawa kehidupan. Marvel Comic pernah merilis publikasi Ultimate Comics pada tahun 2000. Karakter-karakter dalam komik ini berisi karakter yang sudah ada seperti Spider-Man, X-Men, Avengers dan Captain Marvel dan membentuk universe yang dinamakan Ultima Universe.

Pada tahun 2016, Ultimate merombak ulang kisah Galactus pada Ultimates vol. 2 #1-6. Bukan digambarkan sebagai makhluk kosmik dengan armor ungu, Galactus digambarkan dengan armor emas dan bukan sebagai pemakan planet, melainkan pembawa kehidupan. Dilansir dari Marvel Fandom, Dalam seri komik tersebut, sekelompok superhero bernama Ultimates yang beranggotakan Black Panther, Blue Marvel, Spectrum, Miss America, and Captain Marvel memiliki misi untuk menyelamatkan semesta dari bahaya. Salah satu misi mereka adalah mengatasi rasa lapar Galactus.

Kelompok superhero ini mencoba untuk mencari Inkubator, sebuah artefak kapal Galactus saat Galactus dalam masa 'tidur'nya karena ledakan. Ultimates memenjarakan Galactus dalam Inkubator tersebut dan menggunakan Neutronium untuk mempercepat proses inkubasi. Galactus keluar dari mesin tersebut dan memiliki sifat berkebalikan dengan Galactus terdahulu dan menjadi Lifebringer. Galactus The Lifebringer yang muncul memiliki tujuan baru untuk membawa kehidupan. Ia mengembalikan kehidupan planet yang pernah ia konsumsi. Salah satunya adalah planet Archeopia, korban pertama Galactus terdahulu.

Koneksi Galactus ke MCU

Mengenal Galactus, Villain Terkuat yang Akan Menggantikan Thanossouthherald.com

Sebagai salah satu karakter yang 'pulang kampung' ke Marvel, tentunya fans menantikan bagaimana Galactus akan muncul dalam film MCU. Namun, beberapa penggemar telah mengemukakan berbagai teori terkait koneksi Galactus ke MCU.

Seperti kebiasaan Marvel yang mengutak-atik antara cerita komik dan film, keberadaan Galactus versi layar lebar mungkin akan diceritakan berbeda dengan filmnya. Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa Galactus adalah entitas hidup dari salah satu Infinity Stone yang diincar Thanos dalam film Infinity War sebelumnya yaitu Power Stone. Hal ini pun diperkuat dengan visual warna Galactus yang sama dengan Power Stone yaitu ungu.

Selain itu, kekuatan yang dimiliki oleh Power Stone dan Galactus pun hampir mirip yaitu sama-sama memiliki kekuatan yang mampu menghapuskan keberadaan suatu planet. Seperti yang kita lihat sebelumnya dalam film Guardians of The Galaxy Vol 1, Power Stone menjadi penyebab hilangnya kehidupan planet pada masa awal terciptanya Power Stone. Hal ini sepertinya cukup akurat dan logis untuk memberi koneksi antara Galactus dan MCU. Jika pun nantinya, entah karna suatu sebab dalam Endgame diperlihatkan kehancuran seluruh atau salah satu Infinity Stone, maka kehancuran Power Stone bisa menjadi jembatan Marvel untuk melepas salah satu karakter kosmik ini.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai Galactus. Tentunya kita sangat menantikan kehadiran galactus dalam film MCU selanjutnya ya guys. Ada hal lain yang kamu ketahui tentang galactus. Share di kolom komentar ya !

Baca Juga: 9 Film yang Tokoh Antagonisnya Lebih Populer daripada Protagonisnya

DEDE SURYA PRADIPTA Photo Verified Writer DEDE SURYA PRADIPTA

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You