Comscore Tracker

Bukan Mickey Mouse, Ternyata Ini Dia Karakter Pertama Disney

Film yang dulunya hilang, satu-persatu mulai ditemukan

Sejarah akan karakter Walk Disney yang telah dikenal di seluruh dunia berawal pada sekitar tahun 1920 ketika Disney menciptakan karakter Oswald. Oswald yang pada akhirnya disempurnakan menjadi Mickey Mouse yang kita kenal sekarang awalnya adalah sebuah karakter yang didasarkan pada binatang kelinci dengan bentuk telinga yang besar dan hidung berbentuk oval.

Seperti yang dikutip dari Telegraph, Disney tidak mendapatkan izin untuk mengklaim karakter ini menjadi miliknya sehingga mengharuskannya untuk menciptakan karakter lain, yaitu Mickey Mouse.

Bukan tikus, karakter yang diciptakan Disney berawal dari hewan kelinci

Bukan Mickey Mouse, Ternyata Ini Dia Karakter Pertama Disneyasiaone.com

Dalam buku berjudul "Oswald the Lucky Rabbit" yang diterbitkan oleh Disney tertulis bahwa tujuh dari 26 film pendek yang menampilkan Oswald hilang dan Yasushi Watanabe, seorang pria asal Jepang yang bekerja sebagai peneliti sejarah anime, teringat animasi yang ia beli saat ia masih di duduk di bangku SMA ketika membaca buku itu.

Animasi tersebut terlabel "Mickey Manga Spide" dalam bahasa Jepang dan menceritakan tentang seekor anjing polisi yang mengejar Oswald dan kekasihnya yang mengendarai mobil. Ketika ketiganya berkejar-kejaran di sekitar lembah dan jalanan, setiap karakter dan kendaraan yang mereka naiki akan tertarik dan menyusut, dimana teknik ini pada akhirnya sering digunakan pada animasi yang dibuat oleh Disney.

Baca Juga: 5 Serial Disney Ini Pernah Jadi Tontonan Favorit Anak Tahun 2000an

Karakter dengan telinga panjang dan hidung berbentuk oval dinamakan Oswald

Bukan Mickey Mouse, Ternyata Ini Dia Karakter Pertama Disneytelegraph.co.uk

Pria berumur 84 tahun tersebut tidak menyangka animasi yang ia beli seharga 500 yen bertahun-tahun yang lalu merupakan bagian penting dari sejarah Disney. Ia mengontak surat kabar Japan's Asahi Shimbun daily dan mereka mengontak penulis buku dan mereka yang bertanggung jawab akan pengarsipan Walt Disney menyatakan bahwa animasi tersebut memang betul bagian dari film pendek yang hilang dengan judul asli "Neck 'n' Neck".

"Selama bertahun-tahun saya menjadi penggemar Disney, saya senang dapat memainkan peran dalam penemuan tersebut," tambah Watanabe.

"Kami sangat senang mengetahui bahwa kopi dari film yang dulu hilang masih ada," ujar Becky kepada surat kabar.

Animasi yang dulunya dimiliki oleh Watanabe disimpan di Kobe Planet Film Archived dan film lain berurasi 50 detik dari kartun yang sama juga telah ditemukan di Museum Film Toy di Kyoto, Jepang.

Oswald dan kekasihnya dikejar-kejar oleh seorang polisi yang mengendarai motor

Bukan Mickey Mouse, Ternyata Ini Dia Karakter Pertama Disneycdn.cnn.com

Salah satu dari enam film pendek yang dulu hilang juga ditemukan oleh Norway's National Library pada tahun 2014. Film kartun natal pertama yang menampilan Oswald yang dibuat di Amerika Serikat ditemukan di salah satu fasilitas perpustakaan yang terletak dekat dengan Arctic Circle. Film kartun natal tersebut diberi judul Empty Socks.

Setahun kemudian film pendek lain yang menampilan Oswald ditemukan di Inggris dan diputar untuk pertama setelah 87 tahun lamanya.

Hingga sekarang masih ada beberapa film pendek tentang Oswald yang menjadi bagian sejarah Disney yang belum ditemukan hingga sekarang. Kira-kira dimanakah film-film itu berada ya?

Baca Juga: 15 Makanan Unik Bertema Mickey Mouse, Bisa Jadi Inspirasi Bisnismu Nih

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya