Comscore Tracker

6 Penyanyi Sub-Unit Duo Ini Gak Kalah Populer dari Boy Group Asalnya

Ada sub-unit duo favoritmu? #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Boy group KPop umumnya terdiri dari empat sampai belasan member. Setelah aktif bertahun-tahun sebagai member dari suatu boy group, banyak idol yang memutuskan untuk terus produktif dengan beragam cara. Ada yang akhirnya debut sebagai solois, hingga membentuk sub-unit sebagai penyanyi duo bahkan trio. 

Selain sebagai bentuk untuk terus berkarya, para idol ini juga sekaligus mengeskplor diri agar ciri khasnya semakin menonjol. Nah, berikut adalah enam penyanyi duo yang awalnya dibentuk dari sub-unit boy group. Yuk, simak terus siapa tahu ada idolamu!

1. BIGBANG - GD X TOP

6 Penyanyi Sub-Unit Duo Ini Gak Kalah Populer dari Boy Group  Asalnyasbs.com.au

G-Dragon dan TOP merupakan dua member asal Bigbang di bawah naungan YG Entertainment. Keduanya membentuk sub-unit duo pada tahun 2010 dengan album bertajuk GD & TOP yang meraih kesuksesan besar di Korea, lho. 

Lima tahun setelah debutnya alias di tahun 2015, duo rapper Bigbang ini kemudian merilis single dengan judul "Zutter" dan menjadi bagian dari album BIGBANG Made Series E. "Zutter" menjadi lagu paling akhir mereka hingga saat ini.

2. Super Junior - D&E  

6 Penyanyi Sub-Unit Duo Ini Gak Kalah Populer dari Boy Group  Asalnyainstagram.com/leedonghae

Jika di awal tadi berasal dari BIGBANG, kali ini datangnya dari boygroup rival yakni Super Junior. SM Entertainment mengumumkan debutnya sub-unit duo dari member Super Junior yaitu Lee Donghae dan Eunhyuk (Lee Hyuk Jae) pada tahun 2011 bernama Super Junior - D&E dengan merilis single lagu berjudul "Oppa Oppa".

Gak hanya merilis versi Korea, D&E juga merilis versi Jepangnya. Terbaru, D&E  merilis mini album bertajuk Wings pada bulan November 2020 ini. Penyanyi duo ini juga pernah melakukan tour konser lho, seperti Super Junior D&E Asia Tour-Present- (2015) dan The D&E (2019). 

Baca Juga: 5 Fakta BTOB 4U, Sub-unit BTOB yang Siap Debut

3. BIGBANG - GD X Taeyang

6 Penyanyi Sub-Unit Duo Ini Gak Kalah Populer dari Boy Group  Asalnyakpopmap.com

Gak hanya GD X TOP, BIGBANG juga punya duo lain yaitu GD X Taeyang atau dikenal juga dengan nama GDYB. Keduanya secara resmi mengumumkan sebagai penyanyi duo pada tahun 2014 dengan merilis lagu berjudul "Good Boy". 

Pasca perilisannya, lagu ber-genre hip hop itu menuai kesuksesan luar biasa dengan masuk dalam deretan top Billboard's World Digital Songs. Di tahun 2015, keduanya juga merilis lagu berjudul "Mapsosa" yang berkolaborasi dengan Kwanghee.

Uniknya, perilisan "Mapsosa" awalnya ditujukan untuk memenuhi tantangan dari acara variety show Infinity Challenge, lho. Tak disangkanya, berkat lagu tersebut GD X Taeyang semakin popular hingga memeroleh penghargaan dari Melon Popularity Award dan Melon Music Awards sebagai "Hot Trend Award 2015".

4. VIXX - LR 

6 Penyanyi Sub-Unit Duo Ini Gak Kalah Populer dari Boy Group  Asalnyasoompi.com

Sub-unit duo boy group kali ini datangnya dari Jellyfish Entertainment. VIXX yang sudah debut sejak tahun 2012 akhirnya resmi mendebutkan sub-unit duo LR yang beranggotakan Leo dan Ravi di tahun 2015. "Beautiful Liar" merupakan judul single lagu pertama yang dibawakan oleh main vocalist Leo dan main rapper Ravi.

Berkat "Beautiful Liar", Duo VIXX - LR meraih penghargaan dari KMC Radio Awards sebagai Best Sub-unit/Collaboration 2015. Keduanya kemudian comeback dengan single bertajuk "Whisper" di tahun 2017 dan merilis album Jepang bernama Complete LR di tahun 2018.

5. GOT7 - JUS2

6 Penyanyi Sub-Unit Duo Ini Gak Kalah Populer dari Boy Group  Asalnyatwitter.com/GOT7Official

JB (Lim Jae Beom) terlibat dalam project sub-unit duo dengan maknae GOT7 yaitu Kim Yugyeom. Keduanya membentuk duo pada tahun 2019 dengan nama JUS2. Bergenre R&B, JUS2 debut dengan single bertajuk "Focus on Me" dalam album Focus (EP) versi Korea dan Jepang. Keduanya juga telah melangsungkan konser di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Jepang, dan lain-lain lho.

Gak hanya merilis lagu debut, keduanya juga menyanyikan lagu berjudul "Take" untuk OST KDrama He Is Psychometric (2019). Drama tersebut diperankan oleh rekan mereka di GOT7 yaitu Park Jin Young. 

6. EXO - SC

6 Penyanyi Sub-Unit Duo Ini Gak Kalah Populer dari Boy Group  Asalnyatwitter.com/weareoneEXO

Datangnya dari SM Entertainment lagi, duo EXO-SC beranggotakan Oh Sehun dan Park Chanyeol yang didebutkan sebagai sub-unit EXO pada tahun 2019.  Awal keduanya tampil merilis album What A Life (EP) dengan single berjudul serupa.

Berkat lagu tersebut, duo rapper EXO ini menyabet penghargaan Disc Bonsang dari Golden Disc Awards 2020. Di bulan Juli lalu, Sehun Chanyeol kembali comeback dengan mengeluarkan album bertajuk 1 Billion Views, lho.

Nah, itulah enam penyanyi duo yang awalnya terbentuk dari sub-unit boy group. Mana nih yang jadi favorit dan ditunggu-tunggu comeback-nya?

Baca Juga: Kerap Ikonis, 6 Solois KPop Ini Layak Dijuluki Queen of Performance 

Di Aulia Photo Verified Writer Di Aulia

Banyak-banyak merenung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya