Comscore Tracker

6 Film Sekte Indonesia, Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup!

Rugi banget deh kalau gak nonton film-film ini

Rugi banget kalau kamu sampai gak nonton deretan film sekte Indonesia ini. Selain menyuguhkan alur yang plot twist, isu-isu yang diangkat dalam film ini juga antimainstream, lho! Mulai dari isu sosial sampai tradisi Jawa, Rabu Wekasan.

Tidak hanya itu, beberapa film sekte ini juga ada yang borong hingga belasan penghargaan. Penasaran? Langsung aja simak rekomendasi film sekte Indonesia di bawah ini!

1. Sekte (2019)

https://www.youtube.com/embed/1RjhqsY28Eg

Sesuai dengan judulnya, film “Sekte” ini mengisahkan tentang penganut sekte sesat yang tidak segan-segan membunuh orang demi mencapai tujuannya. Film yang disutradarai oleh William Chandra ini tidak hanya mengangkat tema mistis saja, melainkan juga menyematkan kritik sosial yang cukup tajam di dalamnya.

Film sekte Indonesia ini berawal dari seorang perempuan bernama Lia yang tiba-tiba terbangun di tempat asing setelah kecelakaan hebat yang dialaminya. Akibat dari kecelakaan tersebut, Lia didiagnosa mengalami amnesia.

Awalnya, Lia tidak merasakan keanehan apapun. Sampai di suatu momen Lia sadar bahwa ada banyak keganjilan-keganjilan di rumah pengobatan tersebut. Akhirnya, ia menemukan fakta mengerikan dari rumah pengobatan yang ternyata dijalankan oleh sekelompok sekte sesat.

Bisakah Lia keluar dari rumah pengobatan tersebut dengan selamat? Saksikan saja perjuangan Lia melalui film yang diproduseri oleh Derby Romero ini.

2. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

https://www.youtube.com/embed/WyOdg8psCxI

Awalnya film ini memang seperti film keluarga biasa lainnya yang menyuguhkan adegan-adegan hangat khas keluarga harmonis. Namun, keharmonisan tersebut harus dirusak oleh ulah sang ayah yang melakukan perjanjian dengan iblis.

Saat sang ayah meninggal, keluarga tersebut harus berurusan dengan kutukan sang iblis yang mengancam nyawa mereka semua. Bisakah mereka tetap bertahan hidup? Temukan jawabannya melalui film sekte Indonesia yang dibintangi oleh Chelsea Islan dan Pevita Pearce ini!

3. Inang (2022)

https://www.youtube.com/embed/a2sIfWP55u4

Tidak usah diragukan lagi kualitas film yang telah ditayangkan di festival film internasional, BIFAN 2022. Film horor yang mengambil premis budaya Jawa, Rabu Wekasan, ini menceritakan tentang ritual penumbalan sadis yang didalangi oleh sebuah keluarga yang tergabung dalam sekte sesat.

Cerita film “Inang” dimulai dari seorang perempuan yang tengah hamil di luar nikah bernama Wulan. Perempuan tersebut kebingungan karena tidak punya tempat bersandar, terlebih pacarnya tidak mau bertanggung jawab dan meninggalkannya begitu saja.

Akhirnya ia berusaha mencari solusi melalui grup-grup di media sosial, sampai bertemulah Wulan dengan kelompok relawan yang mau menjembatani ia dengan keluarga yang bisa membantunya. Melalui kelompok tersebut, Wulan dipertemukan dengan keluarga Santoso yang mau mengadopsi sekaligus membantu Wulan selama masa kehamilannya.

Tanpa pikir panjang, Wulan langsung menyetujui penawaran tersebut, dari situlah Wulan harus menghadapi teror dari makhluk-makhluk tidak kasat mata yang ingin merenggut nyawanya dan jabang bayinya.

Belum lagi, ditambah dengan keluarga Santoso yang juga ingin menumbalkan Wulan. Bisakah Wulan dan calon anaknya keluar dari rumah keluarga Santoso dalam keadaan selamat? Langsung tonton aja filmnya di bioskop-bioskop kesayangan kamu!

Baca Juga: Inang, Film Thriller Pertama IDN Pictures Akan Hadirkan Kejutan Seru!

4. Pengabdi Setan (2017)

https://www.youtube.com/embed/0hSptYxWB3E

Film yang berhasil memborong belasan penghargaan ini, wajib banget kamu tonton minimal sekali seumur hidup! Kengerian film ini tidak hanya mengandalkan jumpscare saja, melainkan juga dibangun dengan alur plot twist-nya yang menegangkan.

Film sekte Indonesia arahan Joko Anwar ini menceritakan tentang keluarga yang harus menghadapi teror dari iblis dan anggota sekte yang diikuti oleh sang ibu setelah ia meninggal dunia. Tidak hanya mengganggu ketenangan keluarga tersebut, sang iblis juga ingin mengambil si bungsu sesuai dengan perjanjian yang dilakukan oleh ibunya dulu.

5. Pintu Terlarang (2009)

https://www.youtube.com/embed/qww-pXNViiw

Lagi-lagi Joko Anwar dengan tangan dinginnya berhasil membuat penonton menahan napas dengan filmnya, “Pintu Terlarang. Teror dalam film ini dimulai saat Talyda memilih untuk mengaborsi janin hasil di luar nikah dengan kekasihnya, Gambir.

Berbeda dengan pasien-pasien aborsi pada umumnya, Talyda tidak meminta klinik aborsi untuk membuang janinnya. Ia justru meminta mayat janinnya untuk dimasukkan ke dalam patung hamil yang dibuat oleh Gambir.

Lebih anehnya lagi, Talyda juga melarang Gambir untuk membuka pintu merah yang terletak di studio patung milik kekasihnya sendiri. Fakta mengejutkannya, Talyda ternyata juga terlibat dalam sekte sesat bernama Herosase.

6. Mangkujiwo (2020)

https://www.youtube.com/embed/G-F_8OZcQV8

Berdasarkan urutan tahun perilisan, film “Mangkujiwo” memang berada di urutan terakhir dalam kuntilanak universe. Namun, jika dilihat dari alurnya, film “Mangkujiwo” ini justru diplot sebagai pembuka dari kuntilanak universe ini.

“Mangkujiwo” lebih berfokus pada asal usul terbentuknya sekte Mangkujiwo dan terciptanya kuntilanak yang menjadi kaki tangan si Mangkujiwo ini. Film sekte Indonesia ini dimulai dari perseteruan antara dua orang ningrat bernama Brotoseno dan Cokrokusumo yang memperebutkan tahta dan pusaka sakti.

Berangkat dari dendam Brotoseno yang disingkirkan secara tidak adil oleh Cokrokusum demi menggulingkan Cokrokusumo, Brotoseno menggandeng Kanti, seorang perempuan yang dihamili dan dipasung oleh Cokro untuk menjaga namanya.

Keduanya akhirnya setuju untuk membalas dendam pada Cokrokusumo dengan melibatkan kekuatan gelap yang terlarang. Bisakah mereka membalaskan dendamnya? Atau justru perbuatan mereka yang menjadi korban?

Itu dia film sekte Indonesia terbaik yang wajib kamu masukkan ke dalam watching list. Dijamin kamu pasti nyesel kalau gak nonton film-film di atas, apalagi film nomor tiga! 

Baca Juga: 30 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Ada Film Indonesia!

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya