Comscore Tracker

10 Lagu yang Memotivasimu untuk Keluar dari Hubungan Toksik

Move on bareng, yuk, agar tidak menyakiti dirimu!

Terjebak dalam hubungan toksik adalah hal yang mungkin tak pernah terpikirkan sepanjang hidupmu. Alih-alih segera sadar dan memutus hubungan, mengakuinya saja bukan perkara mudah dan cepat. 

Ada yang butuh waktu beberapa bulan bahkan tahunan untuk mengakui bahwa pasanganmu bukan orang yang tepat. Kamu sudah di jalan yang benar, ketika sudah menemukan bendera merah dan merasa ada yang salah dalam hubunganmu.

Sembari menjauh dari si dia secara perlahan dan mencoba menemukan dirimu sendiri, coba dengarkan sepuluh daftar lagu di bawah. Siapa tahu bisa memotivasimu untuk segera lepas dari hubungan toksik. 

1. Sigrid - Burning Bridges 

https://www.youtube.com/embed/udRAIF6MOm8

Sepanjang tahun 2021 ini, Sigrid sudah merilis dua single baru yang menandakan album baru bakal segera keluar. Single pertama berjudul "Mirror" dan yang kedua "Burning Bridges". Keduanya sama-sama bertemakan pemberdayaan dan independensi.

Liriknya memotivasimu untuk menerima diri sendiri dan mulai membuat batasan untuk orang-orang yang gak layak dipikirkan apalagi diperjuangkan. 

And that's when you start asking yourself why/ You cry, they don't/ Every single night/ That's how you know/ You gotta let it go/ Sometimes you just can't fix it/ You love somebody, love somebody/ But you gotta let 'em go/ Before you go down with 'em

2. Maisie Peters - Psycho

https://www.youtube.com/embed/UpNPyxskt6k

Maisie Peters juga banyak menulis lagu tentang hubungan toksik. Salah satu yang teranyar berjudul "Psycho". Mengisahkan tentang seseorang yang suka melakukan gaslighting dan playing victim ke pasangannya. Tentu punya pasangan seperti itu bagaikan sedang berada di rumah hantu, tertekan banget.   

Playing a perfect Patrick Bateman/ Put blame on anyone but you/All kinds of ghosts down in your basement/ You made me feel so useful, then so used

3. Nea, SHY Martin - No Regrets

https://www.youtube.com/embed/HlUDA8FUu0w

"No Regrets" adalah lagu kolaborasi dua penyanyi elektro-pop asal Swedia, Nea dan SHY Martin. Selain melodinya yang apik, lagu ini sarat akan pesan merdeka. Lagu ini cocok untuk siapapun yang butuh keberanian untuk membuat batasan dan berkata tidak pada orang-orang toksik. 

Don't call me up/ Just say you miss me and you're sorry/ Don't call me up/ Just say want me now I'm gone/ Don't call it love/ Because you're bored and feeling lonely/ Tonight I'll be perfect on my own

4. Clara Mae - Not Sad Anymore 

https://www.youtube.com/embed/BwOxMY6DGtY

Kamu yang butuh dorongan untuk keluar dari hubungan toksik bisa mendengarkan "Not Sad Anymore" gubahan Clara Mae. Di liriknya, ia menggambarkan betapa toksik dan mengontrolnya sang mantan kekasih. 

I think I'm gonna go to a party/ Hang out with a friend you were worried 'bout/ And I don't have to say I'm sorry/ For something I didn't do/ Ain't making it all 'bout you

5. Glass Animals - I Don't Wanna Talk (I Just Wanna Dance) 

https://www.youtube.com/embed/9nrEaHinGmY

Liriknya sederhana dan langsung pada intinya. Orang-orang toksik memang gak perlu diajak bicara lagi. Sudah cukup, deh, kamu mendengar kebohongan dan kebiasaan gaslighting mereka. 

Don't wanna talk, baby, I just wanna dance/ I don't wanna talk, no more living in the past, baby/ Don't wanna talk, baby, I just wanna dance/ And I'm not gonna stop till I forget what we had

Baca Juga: Punya Musik Tenang, 9 Lagu Jepang Grup KPop Ini Wajib Masuk Playlist

6. Against the Current - Jump 

https://www.youtube.com/embed/0rLL-1Rw_GE

Gak hanya ditujukan untuk yang sedang terjebak hubungan toksik, lagu dari album terbaru Against The Current ini juga bisa didengarkan siapapun yang merasa hidupnya stagnan. 

So if you wanna run away/ Tired of dreaming what it's all about/ And every time you get close/ You try to change, but you choke/ Don't be afraid to let it go

7. Miley Cyrus - Midnight Sky 

https://www.youtube.com/embed/aS1no1myeTM

Lagu ini diciptakan Miley Cyrus setelah berpisah dari sang mantan suami, Liam Hemsworth. Sudah patah hati, masih juga dikritik habis-habisan, tetapi Miley justru membuatnya jadi karya. 

I was born to run, I don't belong to anyone, oh no/ I don't need to be loved by you (by you)/ Fire in my lungs, can't bite the devil on my tongue, oh no/ I don't need to be loved by you

8. Jorja Smith X Preditah - On My Mind

https://www.youtube.com/embed/PA5uuBCtZ5k

Lagu hiphop yang unik ini cocok kamu dengarkan dengan headphone sambil mengabaikan pesan atau ocehan mantan pasanganmu yang toksik.  

Why on earth would I leave/ If you were everything I wanted you to be?/ When I saw what you did, who you were with/ Got me questionin' the things that I believe

9. Troye Sivan - IN A DREAM 

https://www.youtube.com/embed/7cHHnj3xWnw

Troye Sivan mendeskripsikan susahnya melawan hati yang sudah terjebak cinta buta pada orang salah lewat lagu "IN A DREAM". 

But I can’t let you in again/ I’m gonna lock the doors and hide my s***/ ‘Cause my spirit’s wearing thin/ And there’s only so much I can give/ I won’t let you in again/That’s the hardest thing I’ve ever said

10. FLETCHER - Healing 

https://www.youtube.com/embed/SlevC2V-zBA

Bagaimana pun keluar dari hubungan toksik bukan perkara mudah. Tiap orang punya waktunya masing-masing. Pas dengan lagu "Healing" dari solois FLETCHER ini. Ia seakan berkata tak peduli waktu yang kamu butuhkan untuk benar-benar lepas dan sembuh dari luka. Bersyukurlah kamu sudah mulai melakoni prosesnya. 

Inhale, exhale on repeat, yeah/ Lately, it's so hard to breathe, yeah/ Falling 'bout a million times/ It's a miracle I'm still alive/ No one said that it was easy/ Tryna piece the broken pieces/ But that's the s*** I'm working on/ The journey is a work of art

Sedang terjebak dalam hubungan yang gak sehat atau kenal seseorang yang sedang mengalaminya? Semoga playlist di atas bisa jadi motivasi buatmu atau kawan dekatmu. Pergi konseling ke ahli juga bila dirasa perlu, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Kudu Menikmati Masa Jomlo selepas Hubungan Toxic

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya