Comscore Tracker

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!

Sering ciptakan anthem buat sesama introver, menginspirasi!

Musisi masuk dalam daftar pekerjaan yang menuntut seseorang untuk menjadi pusat perhatian dan berinteraksi dengan banyak orang. Semuanya adalah sifat-sifat yang identik dengan kepribadian ekstrover. 

Walau begitu, tak semua musisi memiliki sisi ekstraversi yang lebih dominan. Banyak dari mereka yang ternyata seorang introver sejati, yaitu tipe pengamat dan butuh menyendiri untuk mengisi energi. 

Tipe kepribadian ini yang justru membuat mereka bisa mencipta lagu-lagu relatable dan bermakna dalam. Sama seperti sepuluh musisi berikut, simak, yuk!

1. Morrissey

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Stephen Morrissey (time.com)

Sebagai seorang introver sejati yang malas berjejaring, butuh waktu beberapa tahun untuk Stephen Morrissey menemukan rekan satu band. Ia akhirnya bertemu Johnny Marr dan akhirnya membentuk band The Smiths yang mendulang popularitas di tahun 1980an. 

Sayangnya, band tersebut tidak langgeng karena perselisihan internal. Sifat idealis, egois, dan narsis Morrissey dianggap sebagai salah satu penyebabnya. Morrissey memilih bersolo karir dengan mononim Morrisey, hingga sekarang. Ia sering menulis lagu-lagu tentang introversi, depresi, dan kesedihan, tetapi membuat karyanya terasa menyentuh dan unik. 

2. Nick Drake 

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Nick Drake (bbc.com)

Musisi introver sejati lainnya adalah Nick Drake. Ia masuk dalam skena musik Inggris di tahun 1970an lewat lagu-lagu ciptaannya. Namun, sebagai musisi, selain lagu yang brilian, publikasi dan promosi masuk salah satu kunci sukses mereka. 

Hal ini yang tidak dilakukan Nick Drake di masa karirnya yang pendek. Karirnya hanya bertumpu pada perilisan album dan single, tanpa promosi yang memadai. Selain introver yang tak suka berjejaring, ia tipe pemalu yang selalu menghindari wawancara dan konser. 

Nick Drake meninggal di usia 26 tahun karena overdosis obat-obatan anti depresi. Ia tidak pernah tahu kalau lagu-lagunya hits di era modern.

3. Rivers Cuomo

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Rivers Cuomo (instagram.com/weezer)

Rivers Cuomo adalah vokalis dan penulis lagu utama di band Weezer. Lewat wawancara dengan The Forty Five, ia juga mengaku sebagai introver yang merasa sangat nyaman menghabiskan waktu di rumah.

Karantina mandiri di tahun 2020 lalu tidaklah sulit baginya. Terbukti ia justru makin produktif dan menelurkan album baru tahun 2021 ini. Lagu-lagu Weezer juga banyak yang menyinggung isu introversi, jajal saja album OK Human dan Pacific Daydream. 

4. Jimi Hendrix

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Jimi Hendrix (time.com)

Penampilannya yang nyentrik dan vibrant memang menyamarkan sifat asli Jimi Hendrix. Beda dengan saat manggung, berdasarkan pengakuan orang-orang terdekatnya, Jimi di dunia nyata adalah sosok yang pendiam dan lebih suka mengamati.

Ia juga tipe yang serius saat bekerja, bukan tipe musisi yang harus mabuk atau mengonsumsi obat terlarang agar rileks dan mendapatkan inspirasi. 

5. Lorde 

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Lorde (instagram.com/voguemagazine)

Lewat wawancara dengan Vanity Fair, Lorde mengaku bahwa ia tipe orang introver, kutu buku, dan pemalu. Tak heran jika ia seorang penulis lagu yang brilian. 

Lagu-lagu gubahannya selalu terasa personal dan relatable. Didominasi pesan-pesan untuk menerima diri sendiri dan keunikan kita sebagai manusia. Di karyanya, Lorde juga sering menyinggung kecenderungannya menghabiskan waktu sendiri. 

6. Lady Gaga

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Lady Gaga (instagram.com/ladygaga)

Bergaya nyentrik dan menyanyikan lagu-lagu yang cocok untuk berdansa dan berpesta, membuat orang mengira Lady Gaga adalah seorang ekstrover sejati.

Nyatanya lewat wawancara dengan The Daily Star, Gaga mengaku sebagai orang yang introver, sering merasa tak percaya diri dan lebih suka berada di sekitar orang-orang yang benar-benar ia kenal, ketimbang orang baru.

Satu hal yang membuat sisi introver Lady Gaga jadi masuk akal, ia sering menulis lagu untuk orang-orang yang merasa dirinya outsider

Baca Juga: 7 Novel dengan Protagonis yang Nyaman Hidup Sendiri, Introver Merapat!

7. Christina Aguilera

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Christina Aguilera (instagram.com/xtina)

Christina Aguilera mungkin tak terlihat introver saat di panggung. Namun, jika kamu mengamati beberapa lagunya yang lebih mellow, ia banyak menyelipkan pesan-pesan reflektif.

Menurut liputan Marie Claire, orang terdekat Christina pun mengamini bahwa ia sosok yang sangat sensitif dan kritis pada dirinya sendiri. Itu salah satu trait introver yang suka menginternalisasi perasaannya. 

8. Prince

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Prince (instagram.com/prince_live_thebest)

Prince adalah sosok genius, dirinya didapuk jadi salah satu dari sedikit musisi yang diberi kontrol penuh atas karirnya oleh label rekaman. Di luar musik, Prince ternyata orang yang canggung dan sedikit bicara saat diwawancara. 

Tanpa promosi besar-besaran dan keengganannya menyapa media, Prince hanya mengandalkan produktivitasnya menelurkan musik-musik berkualitas. Bagaikan anomali, citranya sebagai sosok misterius justru membuatnya makin digilai. 

9. Alessia Cara 

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Alessia Cara (instagram.com/alessiasmusic)

Kepribadian introver Alessia Cara sebenarnya sudah tampak dari lagu-lagu gubahannya. Ia sering menuliskan lagu tentang kenikmatan menyendiri, menjadi diri sendiri meski aneh, dan anthem antisosial lainnya. Polanya pun cukup konsisten, tidak hanya di album debut, kecintaan Alessia Cara pada introversi ia lanjutkan di album-album berikutnya.

10. ZAYN

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Zayn (instagram.com/zayn)

ZAYN boleh jadi salah satu manusia paling populer di dunia. Apalagi setelah hubungannya dengan Gigi Hadid terekspos. Namun, jelas terlihat bahwa ZAYN adalah sosok yang sangat private alias tak suka mengumbar kehidupan pribadinya. Ia juga terlihat paling pendiam saat masih menjadi member One Direction di masa mudanya dulu.

11. Lana Del Rey

11 Musisi Kelas Dunia yang Ternyata Introver Sejati, Inspiratif!Potret Lana Del Rey (instagram.com/lanadelreypictures)

Sejak awal muncul, Lana Del Rey adalah sosok misterius di belantika musik. Banyak yang mengira ia musisi indie karena gaya dan musiknya yang nyeleneh, padahal ia sudah bergabung dengan sebuah label besar saat itu. 

Di luar musik, Lana mengaku bahwa ia seorang introver. Itu ia ungkap lewat wawancara dengan Complex di tahun 2011 saat ia baru debut. Lana pun tidak mengandalkan kenalan untuk dapat kontrak rekaman. Diakuinya, ia harus mendatangi beberapa perusahaan rekaman untuk menawarkan musiknya dan berkali-kali pula ditolak. 

Bukti, nih, mau apapun tipe kepribadian seseorang, usaha dan talenta adalah penentu kesuksesannya. 

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya