Comscore Tracker

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!

Kamu harus latihan mulai sekarang

Bukan hal yang baru lagi jika sosok yang introver akan lebih sulit untuk berbaur dan bersikap ramah pada orang, terutama yang baru dikenal. Kesulitan ini biasanya dikarenakan oleh perasaan takut dalam dirinya. Takut kalau orang lain berpikir hal yang bukan-bukan, bahkan berpikir kalau dirinya membosankan. 

Jika kamu salah satu introver dan ingin bersikap lebih ramah lagi, maka itu hal yang cukup mudah asalkan kamu mau melakukannya. Mulailah dulu untuk melakukan beberapa cara di bawah ini. 

1. Tersenyumlah saat berpapasan dengan orang yang kamu kenal

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Tim Douglas)

Mulai dengan tekad yang kuat bila memang kamu ingin menjadi sosok yang lebih ramah. Tersenyumlah bila di jalan atau tempat umum kamu berpapasan dengan orang yang kamu kenal. 

Dengan kamu tersenyum akan merupakan satu langkah pasti kamu bisa membuka diri. Jangan hanya di tempat umum saja, ketika kamu sedang berbincang atau bertatapan, kamu juga bisa melontarkan senyum yang tulus. 

2. Jangan lupakan untuk menyapa

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Keira Burton)

Jangan cuman senyum saja yang kamu tunjukkan, cobalah untuk meningkatkannya. Salah satunya adalah dengan menyapa dengan kata "hai" atau memanggil namanya sekalian. Kamu juga bisa sembari menanyakan keadaan, atau kabar dari temanmu itu. 

Gak perlu merasa takut gak direspons karena ini merupakan latihan yang cukup mudah. Tanamkan saja tentang hal positif agar kamu merasa tenang melakukannya. 

Baca Juga: 6 Tips Buat Kamu si Introver dalam Mencari Teman

3. Bangun komunikasi dua arah saat berbincang dengan teman

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Monstera)

Kamu yang introver pasti lebih sering menjadi pendengar saat melakukan perbincangan. Bukan hal yang buruk, tapi akan lebih baik jika kamu juga ikut berbicara. Maksudnya adalah dengan membuat komunikasi menjadi dua arah agar kamu bisa dianggap lebih improve dalam perbincangan. 

Hal ini perlu dilakukan agar kamu juga semakin berani. Namun, sebelum melangkah jauh, kamu juga harus nyaman dengan orang yang sedang berkomunikasi denganmu. 

4. Lontarkan pujian

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!ilustrasi pertemanan (pexels.com/George Milton)

Menjadi sosok yang ramah identik dengan gak pelit soal pujian. Belajarlah untuk mengagumi seseorang dan berikan pujian yang tulus, terutama saat kamu sedang ngobrol dengan temanmu. 

Pujian juga bisa dinilai sebagai salah satu hal untuk mengakrabkan kamu dengannya. Jika kamu bingung bagaimana memuji, maka cobalah untuk puji pakaian atau wajahnya. 

5. Mengikuti di media sosial

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Ramah untuk Introver, Mudah kok!ilustrasi bercengkrama (pexels.com/Keira Burton)

Cobalah untuk membuka dirimu sendiri dengan cara mengikuti teman-teman yang kamu kenal di media sosial. Mulai dari follow di Instagram, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya. Gak perlu berpikir yang macam-macam karena teman yang mengenalmu pun pasti akan mengikuti balik. Jadi, lakukan saja cara ini. 

Nah, sekarang kamu sudah tercerahkan bukan dengan cara ini? Menjadi sosok yang ramah itu bukanlah perkara sulit asalkan kamu tahu caranya. 

Baca Juga: 7 Ide Kencan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Pasangan Introver

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya