Comscore Tracker

6 Rekomendasi Film Prancis untuk Tontonan Keluarga

Ratingnya PG-13, jadi harus didampingi orangtua, ya!

Film Prancis kontemporer terkenal dengan keberaniannya mengusung tema dewasa dan adegan bombastis. Tentu, scene seperti ini tidak diperuntukkan bagi penonton usia di bawah umur. 

Sebenarnya tidak hanya film Prancis, kebanyakan sinema asal Jerman, Spanyol, serta Swedia juga sering menampakkan adegan dan cerita yang menyasar target penonton dengan batasan usia tertentu. Tim Palmer dalam jurnalnya 'Style and Sensation in the Contemporary French Cinema of the Body' menulis bahwa keputusan para sineas Prancis tersebut tak lepas dari kritik, tetapi sensor dianggap sebagai pembatasan pada kreativitas. 

Namun, tak selamanya rekomendasi film Prancis memiliki rating dewasa, kok. Bagi yang ingin mengajak keluarga nonton film Prancis, kamu bisa simak rekomendasi filmnya berikut ini. 

Memiliki rating PG-13, rekomendasi film Prancis berikut masih cocok ditonton bareng keluarga dengan pendampingan orangtua, ya. 

1. Petite Maman (2021)

https://www.youtube.com/embed/iavDAuCkQEE

Film Prancis PG-13 pertama yang bisa kamu tonton bareng keluarga berjudul Petite Maman. Sinema ini dirilis tahun 2021 lalu lewat beberapa festival di Eropa dan menuai pujian. Gaya penceritaannya minimalis, tetapi maknanya sangat dalam. 

Kamu akan mengikuti sekilas kehidupan Nelly, bocah berambut ikal yang berusia sekitar 8 tahun. Sepeninggal neneknya, Nelly diajak ayah dan ibunya untuk pergi ke rumah nenek mereka guna membersihkan barang dan mengurus beberapa hal. Ketika bermain di hutan dekat rumah sang nenek, Nelly bertemu ibunya, Marion saat masih berusia kanak-kanak. 

2. Certified Copy (2010)

https://www.youtube.com/embed/7EAZnal9UyI

Meski berasal dari Prancis, film ini sebenarnya cukup multinasional. Sutradaranya Abbas Kiarostami asal Iran, latarnya Italia, dan dua lakonnya diperankan aktor asal Prancis dan Inggris. 

Mereka memerankan dua orang yang awalnya bertemu di sebuah acara perilisan buku. Awalnya mereka berinteraksi layaknya dua orang yang belum pernah mengenal satu sama lain. Namun, semakin kita ikuti, keduanya seakan memperlihatkan bukti-bukti bahwa mereka sudah belasan tahun menikah. Tidak ada yang bisa menebak versi mana yang benar.

Meski berbalut kisah romantis, film ini nir adegan dewasa. Justru lebih fokus pada ikatan emosi dan dialog-dialog filosofis. 

3. The Belier Family (2014)

https://www.youtube.com/embed/v1fbTpzWjtU

The Belier Family adalah film keluarga dengan cerita menghangatkan. Penonton akan mengikuti kehidupan keluarga Belier yang hampir semua anggotanya merupakan penyandang bisu tuli. Hanya Paula satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar dan berbicara. Selama ini ia berperan sebagai penerjemah untuk orangtuanya saat butuh mengurus beberapa hal dan berinteraksi dengan orang lain. 

Film ini kemudian diadaptasi oleh penulis naskah Siân Heder dalam versi Hollywood dengan judul CODA. Versi Amerika yang tayang di Apple TV+ merupakan pemenang tiga piala Oscar sekaligus. 

4. Goodbye, Children (1987)

https://www.youtube.com/embed/zXmvdKtMQcI

Berjudul asli Au Revoir Les Enfants, film lawas ini merupakan autobiografi dari seorang pendeta asal Prancis bernama Père Jacques yang membuka shelter untuk anak-anak Yahudi selama Perang Dunia II. 

Meskipun upayanya menyelamatkan anak-anak dari Holocaust tidak berhasil. Jasanya masih dikenang banyak orang. Adegan terakhirnya sih yang paling menyayat hati ditambah iringan voice-over dari Jacques yang menyebutkan nama anak-anak didiknya serta tanggal dan tempat kematian mereka. 

Baca Juga: 6 Film Keluarga ini Bantu Anak Pahami Konsep Kematian dan Kesedihan

5. Cousin Jules (1972)

https://www.youtube.com/embed/r8lESiEhwB0

Dirilis perdana tahun 1972, film Cousin Jules kemudian direstorasi dan dipublikasikan ulang pada 2015 lalu melalui layanan streaming MUBI. Film ini bergenre dokumenter dan digarap oleh Dominique Benicheti yang memotret kehidupan Jules dan istrinya di pedesaan Prancis. 

Kehidupan mereka sederhana dan berjalan lambat, mengingatkan kita untuk berhenti sejenak dari ketergesaan. Film ini sangat terapeutik dan mengharukan. Salah satu mahakarya asal Prancis yang minimalis, tetapi menggugah. 

6. Amour (2012)

https://www.youtube.com/embed/F7D-Y3T0XFA

Amour adalah film Prancis PG-13 yang berlakonkan sepasang suami istri di usia senja mereka. Sang istri mengidap penyakit kronis dan sang suami dengan sabar menjadi perawatnya. Film ini tidak mengglorifikasi cinta di masa tua, justru mengingatkan kita bahwa mencintai seseorang juga memiliki risikonya sendiri. 

Amour berjaya di berbagai festival termasuk BAFTA dan European Film Awards. Ia bahkan dinobatkan sebagai satu dari 100 film berbahasa asing terbaik sepanjang masa menurut BBC lewat pemungutan suara di tahun 2018. 

Ternyata kalau kita jeli, pasti kamu akan menemukan rekomendasi film Prancis dengan rating PG-13, kok. Mari perkaya khasanah perfilemanmu sekarang.

Baca Juga: 10 Film Keluarga Tahun 90an yang Bikin Nostalgia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya