Comscore Tracker

8 Rekomendasi Film tentang Tunawisma, Asah Empatimu

Kondisi ini banyak terjadi pula di negara maju 

Selain menjadi tempat tinggal, rumah adalah tempat singgah seseorang untuk makan, tidur, dan mandi dengan nyaman. Namun sayangnya, di masa kini, masih banyak seseorang yang homeless alias tunawisma yang tak memiliki tempat tinggal. 

Kondisi miris ini tentu menjadi fenomena sosial yang patut untuk diperhatikan. Tak jarang, hal ini diangkat menjadi sebuah film. Sederet rekomendasi film tentang tunawisma berikut ini akan membuka mata serta mengasah empatimu.

1. Vagabond (1985)

https://www.youtube.com/embed/GvBQ596Zsqk

Karya pertama yang selalu muncul ketika mencari film tentang tunawisma adalah Vagabond dari sutradara Agnes Varda. Meski lawas, film ini masih jadi salah satu karya Varda yang paling diingat. Mayoritas penonton tak ragu memberikannya bintang lima penuh. 

Film diawali dengan penemuan jenazah perempuan tanpa identitas yang kemudian dilanjut dengan flashback ke beberapa hari sebelum sang perempuan meninggal. Ia diketahui bernama Mona yang hidup nomaden dan bekerja serabutan karena keinginannya untuk hidup bebas. Salah satu kutipan yang paling mengena dari Mona adalah "you choose total freedom, but you got total loneliness."

2. Wendy and Lucy (2008)

https://www.youtube.com/embed/7QXEK64ba08

Mirip dengan Mona di Vagabond, Wendy adalah sosok perempuan yang melakukan perjalanan darat dengan mobil dan anjing peliharaannya Lucy demi mencari nafkah. Namun, di tengah jalan mobil mereka rusak dan keduanya terpaksa harus hidup mengembara. 

Tanpa uang yang cukup, Wendy bahkan harus mencuri makanan demi Lucy. Ia pun harus menggunakan instingnya untuk menentukan apakah orang-orang yang ia temui benar-benar memiliki niat baik atau tidak. 

3. The Blind Side (2009)

https://www.youtube.com/embed/QUzYIHoCobc

The Blind Side diangkat dari sebuah buku berjudul sama yang terbit tahun 2006. Kisahnya berkutat pada sosok Michael Oher yang saat remaja harus hidup dalam ketidakpastian sepeninggal ayahnya dan kondisi ibunya yang kecanduan narkoba. 

Ia akhirnya bertemu dengan orang tua asuh bernama Leigh Anne yang membimbingnya ke jalan yang benar. Oher kemudian berhasil menjadi atlet football profesional dan bermain di National Football League (NFL). 

4. Hector (2015)

https://www.youtube.com/embed/DLLtPTYDWtM

Hector adalah seorang pria lansia yang tak memiliki rumah dan kendaraan. Ia bahkan harus mencari tumpangan untuk bisa pergi konsultasi ke dokter lewat skema layanan gratis pemerintah Inggris. 

Hidup di jalanan tidaklah aman, apalagi untuk lansia yang sering dijadikan sasaran pemerasan dan penganiayaan. Namun, Hector punya satu misi yaitu melakukan perjalanan ke London untuk menemui saudarinya yang telah belasan tahun tak ia kontak. 

5. Rosie (2018)

https://www.youtube.com/embed/Itwm2WMDGww

Isu homelessness juga marak terjadi di Dublin, Irlandia. Ini karena banyak penduduk yang pindah ke ibukota untuk mencari pekerjaan hingga membuat harga sewa naik drastis, tetapi tidak diimbangi dengan gaji yang mencukupi. 

Salah satu yang terkena dampaknya adalah Rosie dan keluarga kecilnya yang terdiri dari tunangan dan empat anak. Mereka terpaksa pindah dari rumah kontrakan karena harga sewa yang naik. Namun, tak kunjung mendapatkan rumah baru karena persaingan yang ketat. Keempatnya terpaksa berpindah dari satu hotel ke hotel lain, bahkan tidur di dalam mobil. 

Baca Juga: 7 Film Asia Tengah Kontemporer Terbaik, Sarat Kritik Sosial

6. The Stonebreaker (2020)

https://www.youtube.com/embed/sf9Uz38V0K8

The Stonebreaker atau yang berjudul asli Una Promessa adalah film berlatarkan Italia Selatan yang mengisahkan kehidupan sulit seorang ayah dan anak laki-lakinya. Sepeninggal istrinya, si ayah harus mencari cara untuk menghidupi anak semata wayangnya seorang diri dengan bekerja di perkebunan yang memperkerjakan pegawai ilegal. 

Keduanya harus tinggal di shanty atau pemukiman kumuh dengan kondisi yang tak layak dan jam kerja yang tidak manusiawi di perkebunan. Sang lakon diperankan aktor Salvatore Esposito yang pernah bermain di Gomorrah dan Fargo

7. Nomadland (2020)

https://www.youtube.com/embed/6sxCFZ8_d84

Memenangkan Best Picture di Academy Awards di tahun 2021 adalah capaian tertinggi Nomadland. Ia mengikuti kehidupan Fern, seorang perempuan paruh baya yang kehilangan posisinya di pabrik dan bekerja di layanan ekspedisi Amazon. 

Dengan upah yang kecil, Fern hanya bisa tinggal di dalam van bersama komunitas nomaden lain. Beda dengan kebanyakan film tentang tunawisma, Nomadland mencoba mengangkat sisi positif dari keberadaan komunitas tersebut. Sinematografinya ciamik, menambah nilai plus dari plotnya yang sudah apik. 

8. Lead Me Home (2021)

https://www.youtube.com/embed/moekzAxXe0o

Lead Me Home adalah film dokumenter pendek dari Pedro Kos dan Jon Shenk yang mencoba memotret kehidupan para tunawisma di Amerika Serikat. Tepatnya di area Pesisir Barat negara tersebut. 

Durasinya hanya 39 menit, tetapi sangat powerful dan penuh pesan. Ia dinominasikan sebagai Film Dokumenter Pendek Terbaik di Academy Awards ke-94, tetapi kalah dari The Queen of Basketball. 

Homelessness adalah fenomena yang miris, tetapi benar-benar nyata terjadi. Siapapun bisa saja merasakannya di kemudian hari. Bahkan terkadang alasannya bukan karena ekonomi semata. Setelah menonton rekomendasi film tentang tunawisma di atas, kita jadi sadar kalau memiliki rumah adalah salah satu privilese dan anugerah yang harus disyukuri. 

Baca Juga: Peringati Black History Month, 8 Film Sejarah Warga Kulit Hitam

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya