Comscore Tracker

Kangen Sherlock, Tonton 8 Serial Kriminal Underrated Ini Saja

Gak kalah seru 

Jika kamu ngaku pecinta film dan serial bergenre kriminal, pasti sudah familiar dengan serial Sherlock  yang legendaris itu. Dengan berakhirnya serial kesayanganmu itu, bukan berarti kamu tak bisa menemukan tambatan hati baru. Ada beberapa serial dan miniseri kriminal baru yang sayangnya masih sangat underrated, padahal kualitas ceritanya tak kalah kece. Tengok list-nya di bawah ini. 

1. Vienna Blood

https://www.youtube.com/embed/vg1rXtBGg6U

Vienna Blood adalah serial yang disiarkan BBC Two dan sudah tayang sejak November 2019. Episodenya dirilis tiap bulan dan kini baru memasuki episode ketiga. Kamu akan diajak mengikuti petualangan detektif senior dan dokter muda dalam mengusut kasus-kasus kriminal.

Dengan menekankan pendekatan psikologis yang masih tabu di Eropa pada awal tahun 1900an, investigasi mereka pun semakin dinamis. Dibumbui beberapa adegan dan dialog kocak, kedua karakter ini memang akan mengingatkanmu pada chemistry Sherlock dan Watson.

Beberapa memang mengkritik beberapa kesalahan dalam detail-detail kecil yang coba mereka tampilkan, tetapi secara keseluruhan serial ini layak ditonton. Aktor underrated  Matthew Beard dan Jürgen Maurer didapuk jadi lakon utama di sini.

2. Happy Valley

https://www.youtube.com/embed/TXdBMaocR_E

Serial Inggris lainnya yang layak kamu tonton adalah Happy Valley. Karakter utamanya adalah seorang polisi perempuan bernama Catherine yang kehilangan anaknya karena bunuh diri beberapa tahun silam. 

Seiring berjalannya musim pertama, kita akan diajak mengenali seluk beluk keluarga Catherine yang ternyata tercerai berai karena sebuah kasus kriminal. Saat ia berusaha mencari si pelaku yang sudah menghancurkan hidup putrinya, ia justru terjerumus dalam kasus yang lebih besar dan berat.

Kisah itu berlanjut di musim keduanya yang semakin suram dan gelap. Happy Valley mengantarkan Sarah Lancashire sebagai Catherine memperoleh piala BAFTA. Musim ketiganya akan segera rilis dan sudah ditunggu penggemar. 

3. The Sinner

https://www.youtube.com/embed/eOGAhuyHgac

Tayang perdana di tahun 2017, tanggapan pemirsa membuatnya bertahan hingga musim ketiga. Plot serial kriminal ini berkutat pada seorang detektif bernama Harry Ambrose yang harus menginvestigasi beberapa kasus homicide. Di musim pertama, ia bertemu dengan seorang perempuan biasa yang tega membunuh seorang pria. Jessica Biel menjadi pemeran karakter perempuan itu dan dapat banyak pujian atas aktingnya. 

Di musim kedua, Harry lagi-lagi bertemu dengan seseorang yang tak disangka akan melakukan tindakan kriminal. Tepatnya seorang anak-anak yang tampak baik. Di musim ketiga, si detektif terjebak dalam benang kusut sebuah kecelakaan besar di New York. 

4. Bodyguard

https://www.youtube.com/embed/tLfLU6-9lxY

Bodyguard adalah serial kriminal fiksi yang berlatarkan kota London. Karakter utamanya adalah David Budd, seorang pria yang menjadi anggota satuan keamanan khusus di London yang bekerja untuk beberapa orang penting di sana.

Ia mendapatkan klien baru bernama Julia Montague yang merupakan seorang sekretaris dalam negeri Inggris yang punya posisi penting dalam politik. Dalam prosesnya, Julia ternyata bukan orang biasa. Ia menyimpan rahasia dan tipu muslihat yang menjadikan serial ini menghipnotis banyak orang. 

Baca Juga: 10 Antologi Serial TV yang Patut Kamu Tonton di Waktu Senggang

5. The Alienist

https://www.youtube.com/embed/YtzgFRBvRy8

Plot dimulai dengan kasus pembunuhan anak-anak jalanan di New York pada tahun 1896. Saat itu, sang kepala polisi setempat menunjuk dokter ahli psikologi kriminal bernama Laszlo Kreizler dan John Moore, seorang ilustrator untuk melakukan investigasi tersembunyi.

Sarah Howard kemudian ditambahkan dalam tim setelah ia diangkat menjadi sekretaris baru di departemen kepolisian New York. Ketiganya akhirnya menjalankan investigasi berdasarkan pengalaman dan pemikiran mereka yang unik. Mirip dengan Vienna Blood, serial kriminal yang berlatarkan masa lalu ini juga menggunakan analisa psikologi dalam investigasinya. 

6. Manhunt: Unabomber

https://www.youtube.com/embed/HUHbyTXB2J4

Manhunt adalah sebuah serial yang berdasarkan tokoh kriminal nyata. Di musim pertamanya, mereka membahas sebuah dramatisasi perburuan FBI terhadap seorang teroris jenius bernama Ted Kaczynski. Ia diburu karena telah membunuh tiga orang dan melukai puluhan lainnya dalam percobaan peledakan dengan teknologi yang ia ciptakan sendiri.

Sukses berat, serial ini kembali dengan musim keduanya berjudul Manhunt: Deadly Games. Kali ini mengulas perburuan terhadap pelaku bom 1996 Atlanta Olympic Park. 

7. When They See Us

https://www.youtube.com/embed/u3F9n_smGWY

Jika kebanyakan serial kriminal sebelumnya fokus pada prosecutor sebagai lakon utamanya, kali ini When They See Us menawarkan sudut pandang yang berbeda. Didasarkan pada sebuah kisah nyata tentang lima orang remaja kulit hitam yang dituduh melakukan pelecehan pada seorang perempuan di New York. Dengan teknik interogasi yang agresif, polisi berhasil membuat kelimanya mengakui kejahatan yang tidak pernah mereka lakukan. 

8. Alias Grace

https://www.youtube.com/embed/A-fofQ9VpPQ

Serial kriminal underrated ini diadaptasi dari novel Margaret Atwood berjudul sama. Tak kalah progresif dari The Handmaid's Tale, serial ini juga mendapuk perempuan sebagai lakon utamanya. Adalah Grace Marks, seorang napi pembunuhan yang diberi keringanan hukuman karena perilakunya yang baik selama di tahanan.

Ia kemudian bertemu dengan Dr. Jordan yang akhirnya menjadi jalan bagi Grace untuk menceritakan masa lalunya yang kelam dan awal mula peristiwa pembunuhan yang tak lagi ia ingat. Dikemas dalam enam episode, kamu bisa menamatkannya dalam sehari. 

Sudah putuskan akan nonton yang mana saja? 

Baca Juga: Wajib Nonton, 5 Film dan Serial Indonesia Adaptasi Drama Korea

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya