Comscore Tracker

Review Film Qorin, Genre Horor yang Punya Pesan Mendalam!

Akting Zulfa bikin penonton ikut sesak napas!

IDN Pictures kembali merilis film horor kedua mereka di tahun ini dengan judul Qorin. Film yang dibintangi Aghniny Haque dan Zulfa Maharani ini menampilkan teror dari jin menyerupai manusia.

Berdurasi kurang lebih 108 menit, penonton diajak ikut melihat seramnya qorin dari setiap karakternya sampai bikin napas pengap! Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, check this out!

Peringatan, artikel ini mengandung spoiler!

1. Sinopsis film Qorin

Review Film Qorin, Genre Horor yang Punya Pesan Mendalam!cuplikan film Qorin (instagram.com/filmqorin)

Cerita ini mengambil latar belakang pesantren Rodiatul Jannah dengan kehidupan para santrinya. Zahra (Zulfa Maharani) yang dikenal menjadi sosok murid teladan pun diberi tugas oleh Ustad Jaelani (Omar Daniel) untuk melakukan suatu ritual aneh.

Namun, anak baru bernama Yolanda (Aghniny Haque) merasa aneh dengan ritual tersebut hingga menemukan rahasia kelam di balik pesantren ini. Zahra, Yolanda, dan siswi lainnya pun harus menyelamatkan diri dari teror jin qorin yang kerap menghantui mereka.

2. Karakter Zahra yang egois dan bikin gemas sepanjang cerita

Review Film Qorin, Genre Horor yang Punya Pesan Mendalam!Aghinny mendapat peran sebagai santri baru yang rebel dan ingin diterima di lingkungan barunya. (dok.cinema21/film Qorin)

Kisah ini sendiri berfokus pada seorang siswi bernama Zahra, sang murid teladan di pesantren tersebut. Dengan stereotip siswi teladan, ambisi Zahra pun menjadikan dirinya menuruti Ustad Jaelani.

Namun, sikap egois dan panikan yang ada dalam sosok Zahra ini cukup membuat yang menonton jadi gemas. Film ini mengajarkan prontagonis juga bisa sibuk dengan dunianya sendiri dibandingkan karakter baik pada umumnya yang kerap sibuk menyelamatkan teman-temannya.

Di sisi lain, akting Zulfa juga patut diacungi jempol. Ada beberapa adegan yang menampilkan Zahra saat ketakutan jadi hal yang membuat penonton ikut lelah.

Baca Juga: Nonton Film Qorin: Sinopsis, Pemain, dan Jadwal Tayang

3. Ada plot hole dan tanda tanya besar

Review Film Qorin, Genre Horor yang Punya Pesan Mendalam!cuplikan film Qorin (instagram.com/filmqorin)

Punya premis cerita sederhana, nyatanya Qorin meninggalkan cukup banyak pertanyaan di benak penonton. Kehadiran Kiai Haji Mustofa yang mendadak hilang hingga sikap penjaga pesantren yang mendadak berubah di akhir cerita.

Sederet adegan pun kerap ditinggalkan menggantung begitu saja. Meski begitu, transisi adegan mimpi Zahra menunjukkan kualitas film yang tak main-main.

4. Lagu anak yang kembali jadi lagu setan

Review Film Qorin, Genre Horor yang Punya Pesan Mendalam!ilustrasi jin qorin dalam film Qorin (YouTube.com/IDN Pictures)

Warga yang tinggal di daerah Jawa Barat harusnya tak asing dengan lagu tradisional "Cing Ciripit". Jika lagu tersebut identik dengan permainan masa kecil, film ini berhasi merusak kenangan tersebut menjadi seram.

Suara Omar Daniel yang berat ditambah bisikan-bisikan lagu ini bikin penonton merinding. Detail suara lainnya, seperti suara teriakan yang sangat nyata bak ada di dalam studio, bisa puas didengar dan memberikan sensasi tersendiri di bioskop.

5. Memiliki pesan besar di balik kisah horornya

Review Film Qorin, Genre Horor yang Punya Pesan Mendalam!cuplikan film Qorin (instagram.com/filmqorin)

Walau disebut sebagai genre horor, kemunculan qorin di film ini tak menampilkan  banyak jumpscare. Penonton disajikan akrobat para qorin saat mengejar para tokoh. Namun, suara patahan dari qorin yang sangat lentur ini tentunya membuat bulu kuduk merinding.

Tak hanya kisah horor, faktanya Qorin juga mengandung pesan besar di dalam kisahnya. Isu pelecehan seksual dan ketakutan perempuan sebagai korban untuk bersuara pun ditonjolkan dalam film ini.

Setiap karakter pun nyatanya memegang kisah kelam mereka masing-masing, sebelum akhirnya bersama-sama melawan sang manusia antagonis di tengah teror qorin. Dengan isi pesan yang mendalam, film Qorin pun layak mendapatkan 7/10.

Buat kamu yang ingin bertemu qorin, film ini mulai tayang di bioskop sejak tanggal 1 Desember ini. Siap melihat sosok qorin yang akan menerormu?

Baca Juga: Pengumuman Penggunaan Lagu 'Cing Ciripit' dalam Film Qorin

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya