Comscore Tracker

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat Debut

Dulu kalian pernah dukung mereka gak nih?

Dunia hiburan Korea Selatan memang terkenal keras dan butuh perjuangan, memiliki paras rupawan dan bakat saja tidaklah cukup. Para remaja Korea yang bercita-cita menjadi penyanyi atau Idol KPop harus lolos audisi di agensi entertainment dan diasah dari segi vokal, tarian hingga akting agar dapat sukses debut.

Biasanya para trainee menghabiskan waktu dan energi mereka untuk menjalani pelatihan yang memakan waktu bertahun-tahun. Lamanya masa training atau pelatihan yang melelahkan ini juga tak menjamin mereka akan sukses debut.

Oleh karena itu, kini muncul banyak acara survival show yang menguntungkan bagi para trainee karena bisa dikenal oleh para penggemar Kpop dan bisa debut lewat acara tersebut, seperti Produce 101, Superstar-K hingga yang terbaru Produce 48.

Ironisnya, para trainee yang mengikuti acara survival show harus bersaing ketat serta bergantung pada nasib dan peruntungan mereka agar dapat sukses debut dalam suatu grup. Tentu saja hanya peserta survival show yang berbakat dan bernasib baik yang berhasil menjadi pemenang.

Meski tak seberuntung saingan mereka, nampaknya dewi fortuna tidak lantas menjauh dan kembali menghampiri para trainee yang bekerja keras dan terus berusaha. Buktinya, ke-8 Idol KPop ini sukses mencuri perhatian saat debut meski pernah gagal saat mengikuti survival show! Siapa saja ya?

1. Kim Taeha - MOMOLAND

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat Debuttwitter.com/Everydaykpop1

Nama Kim Taeha sempat hangat diperbincangkan saat ia mengikuti survival show Produce 101 musim pertama pada tahun 2016. Saat itu Taeha masih berstatus sebagai trainee dari agensi Starship Entertainment, ia dikenal sebagai sepupu dari Junsu JYJ. Sayangnya, gadis keren ini tidak berhasil debut bersama I.O.I dan harus rela tereliminasi di tengah jalan.

Kini setelah pindah agensi, Kim Taeha resmi bergabung dengan girl grup Momoland di bawah naungan agensi Double Kick Company. Mencuri perhatian lewat single pertamanya yang berjudul Freeze! dengan konsep lucu, kini Momoland makin sukses setelah lagunya yang berjudul 'Boom Boom' meledak di pasaran. Momoland kini sudah mengantongi kemenangan pertamanya dan sukses mencuri perhatian para fans KPop.

2. Kim Samuel

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat DebutAllkpop

Cowok blasteran Amerika-Korea ini sudah menjadi trainee sejak berusia 10 tahun. Sebelum mengikuti survival show Produce 101 musim kedua, Samuel diketahui pernah menjalani pelatihan di PLEDIS Entertainment dan hampir debut bersama SEVENTEEN. Tetapi, Samuel memutuskan pindah agensi dan debut sebagai grup hip hop dibawah naungan Brave Entertainment.

Entah kenapa nasib baik belum menghampiri Kim Samuel kala itu, grupnya yang bernama 1PUNCH harus bubar dan ia juga tidak lolos di final Produce 101 musim kedua dan gagal debut menjadi salah satu anggota WANNA ONE.

Untungnya, berkat kerja keras dan bakatnya yang luar biasa Samuel berhasil debut kembali pada bulan Agustus 2017 dengan lagunya yang berjudul 'Sixteen'. Kini, Kim Samuel bahkan sukses dikenal di Korea dan penjuru Asia. Ia membintangi variety show TVN yang berjudul Leaving The Nest 2 dan juga mempromosikan lagunya hingga ke Jepang. Wah, sukses selalu ya Samuel!

3. Yoon Chaekyung - APRIL

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat Debutkpopchart.net

Yoon Chaekyung dikenal sebagai gadis yang tangguh, lihat saja perjuangan gadis ini untuk menorehkan namanya di dunia hiburan Korea Selatan. Setelah berhasil debut di Jepang dengan grup Puretty, ia harus merelakan grupnya bubar karena masalah internal.

Kemudian Chaekyung mengikuti 2 kali acara survival show yaitu Kara Project di tahun 2014 dan Produce 101 musim pertama di tahun 2016. Sedihnya, ia gagal memenangkan kedua acara tersebut dan harus rela berjuang kembali untuk dapat debut.

Walau gagal di final Produce 101 musim pertama, Yoon Chaekyung mengawali karirnya sebagai member project grup I.B.I dan sempat berpromosi selama 4 bulan sebelum akhirnya dibubarkan. Akhirnya di tahun 2017, Chaekyung resmi menjadi salah satu anggota girlgrup APRIL di bawah naungan DSP Entertainment.

Kini bersama APRIL, Yoon Chaekyung sukses menggelar konser dan fanmeeting di Korea Selatan dan Jepang. Akhirnya perjuangannya berbuah manis ya!

4. Youngmin & Donghyun - MxM

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat DebutAllkpop

Im Youngmin dan Kim Donghyun tampaknya harus merelakan posisi kemenangan kepada teman satu agensi mereka, yaitu Lee Daehwi dan Park Woojin. Sama-sama mengikuti ajang survival show Produce 101 musim kedua, Youngmin dan Donghyun harus menelan pil pahit karena tidak berhasil debut menjadi salah satu anggota boygrup WANNA ONE. Padahal keduanya memiliki bakat dan visual yang mengagumkan.

Nasib baik ada di tangan mereka beberapa bulan setelah acara Produce 101 berakhir, keduanya resmi di debutkan dengan nama MXM yang berasal dari kata 'Mix and Match' sekaligus 'More x More' di bawah naungan Brand New Music.

Sukses dengan lagu 'I'm the One' dan 'Diamond Girl', MXM sukses dinominasikan di beberapa penghargaan musik dan menggelar fanmeeting di beberapa Kota besar di Asia, yaitu Seoul, Osaka, Macau, Bangkok, Singapura hingga Malaysia. Semoga ke depannya karir mereka terus bersinar ya!

5. Eunbin - CLC

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat Debutid.pinterest.com

Memiliki wajah cantik dan postur tubuh layaknya model, nampaknya tidak menjamin perjalanan karir Kwon Eunbin akan mudah. Gadis berusia 18 tahun yang memiliki senyum menawan ini, harus menerima kegagalannya tidak berhasil melaju ke babak final dan tereliminasi di acara Produce 101 musim pertama.

Eunbin tampaknya harus bersyukur, karena kegagalannya di survival show ini mengantarkannya untuk bergabung dengan grup CLC. CLC atau Crystal Clear mulai dikenal di Korea Selatan berkat lagunya yang berjudul 'Hobgoblin' yang sukses dengan konsep hip hop yang fierce dan karismatik.

Selain aktif berpromosi di Korea Selatan, CLC juga resmi debut di Jepang dan sedang menyiapkan konser bersama rekan satu agensinya yaitu CUBE Entertainment.

6. Jae - Day6

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat DebutAllkpop

Park Jae Hyung, atau lebih dikenal dengan panggilan Jae, merupakan vokalis, gitaris sekaligus penulis lagu andalan grup band Day6 di bawah naungan JYP Entertainment. Kalian tahu nggak? Cowok kelahiran Argentina 25 tahun silam ini sebelumnya pernah mengikuti acara survival show Superstar-K musim pertama di tahun 2012. Namun, Jae harus puas hanya bertahan sampai posisi 6 besar dan gagal melaju untuk menjadi pemenang.

Keberuntungan nampaknya berpihak di posisi Jae, meski gagal menjadi pemenang ia tetap direkrut menjadi trainee di JYP Entertainment dan akhirnya resmi debut bersama Day6 di tahun 2015. Kini, bersama Day6 Jae sukses mengadakan tournya di Asia hingga ke Amerika.

Jae juga aktif menjadi salah satu MC di acara musik Arirang After School Club berkat kemampuan bahasa Inggrisnya yang lancar dan pembawaannya yang easy-going.

7. Jung Sewoon

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat Debutkpopchart.net

Siapa sangka cowok introvert yang hobi bermain sudoku dan menciptakan lagu ini ternyata harus menghadapi rintangan yang cukup berat sebelum sukses debut sebagai penyanyi solo. Jung Sewoon sempat gagal di survival show Superstar-K musim ketiga, dan harus berjuang lagi sebagai trainee di bawah naungan Starship Entertainment.

Tak putus harapan, cowok yang bercita-cita ingin menjadi CEO ini pun mencoba peruntungannya kembali lewat acara survival show Produce 101 musim kedua.

Sedihnya ia kembali harus mencicipi kegagalan yang cukup pahit, Jung Sewoon menempati peringkat ke-12. Hanya satu peringkat di bawah 11 orang lainnya yang berhasil debut sebagai anggota WANNA ONE. Tidak berkecil hati dan kembali tegar, pada tanggal 31 Agustus, Sewoon berhasil debut dengan albumnya yang berjudul Ever dengan lagu andalan 'Just U' yang lumayan meledak di pasaran.

Kini, setelah sukses dengan album kedua dan lagunya yang berjudul 'Baby It's U', Jung Sewoon berkolaborasi dengan Youngmin dan Donghyun MXM serta rekan satu agensinya Lee Kwanghyun di bawah nama YDPP dan menelurkan single andalan yang berjudul Love It, Live It!

Jung Sewoon juga membintangi acara MBC It's Dangerous Beyond The Blanket yang kini sedang tayang dan lumayan populer bersama Kang Daniel dan Junhoe iKON. Makin eksis aja ya?

8. Jeon Soyeon - (G)I-DLE

Gagal di Acara Survival, 8 Idol KPop Ini Sukses Curi Perhatian Saat DebutAllkpop

Sedang hype dan diperbincangkan di Korea Selatan karena lagu debutnya yang keren dan sukses menyedot perhatian para penikmat musik, Leader grup (G)I-DLE ini juga sempat gagal di survival show Produce 101 musim pertama. Rapper kelahiran tahun 1998 ini, sempat minder karena gagal dan sempat di-bully karena wajahnya yang tidak memenuhi standar kecantikan Korea Selatan.

Tidak putus asa, Soyeon kembali mengikuti acara survival show Unpretty Rapstar musim ketiga dan berhasil menjadi Runner-Up di acara tersebut. Ia pun berhasil debut solo dengan lagu berjudul Jelly sebelum akhirnya didebutkan kembali pada tanggal 2 Mei 2018 kemarin bersama G (I-DLE).

Kini, dengan lagu debutnya yang berjudul 'LATATA' Soyeon bersama G (I-DLE) sukses menorehkan namanya sebagai rookie dengan lagu debut yang catchy dan mencuri perhatian para Kpopers.

Nampaknya kerja keras tidak akan mengkhianati hasil ya. Ke-8 idol KPop diatas membuktikan bahwa banyak jalan menuju kesuksesan yang akan terbuka selama kalian terus berusaha! Jadi, diantara ke-8 idol KPop diatas favoritmu siapa nih? Komen di bawah ya!

Eka Wulansari Photo Verified Writer Eka Wulansari

ewulansari20@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya