Comscore Tracker

5 Film Bertema Kehidupan Setelah Perceraian, Sangat Menginspirasi

Gak selamanya perceraian berakhir buruk #IDNTimesHype

Meski perceraian sudah bukan hal yang tabu lagi untuk dibicarakan, masih banyak yang memandang sebelah mata orang yang bercerai. Mereka dianggap telah gagal dalam membangun rumah tangga.

Stigma tersebut yang kadang cukup menakutkan untuk dihadapi oleh pasangan yang baru saja memutuskan untuk berpisah. Padahal, sebenarnya pasangan yang baru bercerai membutuhkan semangat untuk kembali menata hidupnya.

Perceraian sendiri bukan sesuatu yang dapat dilupakan begitu saja. Kehidupan setelah perceraian juga tentunya akan sangat berbeda. Seperti yang tergambarkan dalam kelima film Hollywood berikut ini yang bisa menjadi pilihan tontonanmu.

1. Erin Brockovich (2000)

https://www.youtube.com/embed/4VedjyGFutE

Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang ibu setelah perceraian. Erin merupakan ibu tunggal yang terancam kehilangan hak asuh tiga anaknya karena kalah dalam pengadilan. Namun, Erin tidak tinggal diam begitu saja. Ia berjuang mati-matian agar bisa menyewa pengacara untuk memenangkan kasusnya.

Meski memiliki pendidikan rendah, Erin ternyata berhasil membongkar kecurangan sebuah perusahaan bahan bakar. Ia membantu kotanya terbebas dari perusahaan yang memproduksi bahan bakar berbahaya tersebut.

Tidak disangka, ternyata kehidupannya semakin membaik setelahnya. Erin pun berhasil menghasilkan banyak uang untuk memberi makan anak-anaknya.

2. Joy (2015)

https://www.youtube.com/embed/uR-2TiQVY-k

Film ini berkisah tentang Joy Mangano, seorang janda dua anak yang harus banting tulang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Terlebih lagi, Joy memiliki orangtua toxic dan juga mantan suaminya yang masih bergantung hidup padanya.

Namun berkat ketekunannya, Joy berhasil menjadi pengusaha sukses. Dengan membangun bisnis alat pel, Joy yang awalnya bekerja sebagai agen ticketing maskapai penerbangan berhasil menjadi jutawan.

Tentu film ini menghadirkan tentang kehidupan rumit Joy setelah bercerai. Film ini dijamin akan menginspirasimu ditambah lagi Joy merupakan film adaptasi berdasarkan kejadian nyata.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Noir Karya Sutradara Indonesia, Keren Abis!

3. Hope Floats (1998)

https://www.youtube.com/embed/nNVbi6tGhrg

Hope Floats merupakan film romantis yang akan menginspirasimu untuk menemukan cinta kembali. Film ini berfokus pada kehidupan Birdee Pruitt yang baru saja bercerai karena suaminya sendiri berselingkuh dengan sahabat Birdee. Ditambah lagi sang mantan suami mengumumkan perselingkuhannya di acara TV nasional.

Merasa dikhianati, Birdee pun pindah kembali ke kota asalnya. Di sana, ia bertemu dengan teman masa kecilnya, Justin Matisse. Meski Birdee awalnya mati rasa akibat patah hati, ia juga sudah muak dengan cinta.

Namun, perlahan ia menyadari perasaannya kembali tumbuh akibat perlakuan manis Justin. Keduanya pun sama-sama jatuh cinta.

4. Celeste and Jesse Forever (2012)

https://www.youtube.com/embed/EtMgQpD3bCE

Tidak selamanya perceraian selalu berakhir dengan putus hubungan. Banyak yang masih menjalin hubungan baik dengan mantan istri atau suami. Apalagi, jika keduanya masih memiliki anak yang menjadi tanggung jawab.

Secara garis besar, film Celeste and Jesse Forever yang dibintangi oleh Rashida Jones dan Adam Samberg mengisahkan hal tersebut. Celeste dan Jesse berpacaran sejak SMA dan kemudian memutuskan untuk menikah muda.

Sayangnya, keduanya merasa tidak cocok setelah bertahun-tahun bersama. Mereka berdua ingin bercerai namun dengan syarat persahabatan keduanya masih harus berlanjut. Meski sempat dibuat bimbang dengan perasaannya masing-masing, mereka akhirnya menemukan jalan keluarnya.

5. Enough Said (2013)

https://www.youtube.com/embed/L1TDTv_tGd8

Banyak orangtua yang setelah bercerai memutuskan untuk tidak menjalin hubungan kembali agar fokus membesarkan anaknya sendiri. Namun, ketika si anak sudah beranjak dewasa, mereka akhirnya menyadari bahwa dirinya kesepian. Film Enough Said bercerita tentang perjalanan cinta seorang ibu tunggal setelah sekian lama tidak menjalin hubungan.

Tentu bukan hal yang mudah untuk memulai suatu hubungan apalagi jika sudah terbiasa sendiri. Namun, berkat nasihat dari sahabatnya, Eva yang sudah lama menjadi single mom dapat belajar untuk kembali mencintai lelaki lain. Meski plot film ini terbilang sederhana, Enough Said menghadirkan cerita manis yang dapat menyentuh hati.

 

Nah, itulah lima rekomendasi film yang menceritakan tentang kehidupan pasca bercerai. Semoga film di atas dapat menginspirasimu, apalagi jika kamu sedang ada di posisi yang sama dengan mereka.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli yang Wajib Kamu Tonton

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya