Comscore Tracker

7 Film Hollywood Gagal Box Office tapi Sekarang Digemari

Sudah nonton? #IDNTimesHype

Tidak dapat dimungkiri bahwa kebanyakan pembuat film berusaha mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Apalagi dengan film berbiaya tinggi, tentu ekspektasi yang diharapkan adalah filmnya dapat sukses sehingga dapat menutupi biaya produksi.

Sayangnya tidak semua film berhasil sukses secara pendapatan. Banyak sekali film yang gagal mendapatkan penonton entah karena kurang promosi atau karena faktor jalan cerita atau pemainnya. Tidak sedikit juga film keren yang kurang mendapatkan apresiasi sehingga flop.

Tetapi ada pula film-film yang awal perilisannya gagal tetapi beberapa tahun kemudian malah digemari. Seperti ketujuh film ini yang sekarang dianggap iconic padahal dulunya sempat gagal.

1. Fight Club (1999)

https://www.youtube.com/embed/qtRKdVHc-cE

Bisa dibilang Fight Club membuat karier David Fincher dan Brad Pitt melonjak naik. Namun, tahukah kamu bahwa film yang dirilis tahun 1999 ini dulu gagal mendapatkan keuntungan. Film ini memakan biaya produksi sebesar $65 juta tetapi hanya berhasil memperoleh laba sebanyak $11 juta. Padahal kini Fight Club menjadi salah satu film cult lawas terpopuler.

2. Donnie Darko (2001)

https://www.youtube.com/embed/ZZyBaFYFySk

Keberhasilan suatu film tergantung pada iklan dan promosinya. Banyak film keren tetapi tidak menjadi box office karena promosi yang tidak tepat. Seperti film Donnie Darko yang flop karena trailer film ini menunjukkan adegan tabrakan pesawat yang mirip seperti tragedi 9/11. Tentu saja hal ini menjadi kontroversial saat itu.

Walaupun dulu sempat gagal, film yang dibintangi Jake Gyllenhaal ini menjadi salah satu film yang wajib ditonton oleh pecinta film cult.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Terbaik yang Dibintangi Brad Pitt, Ada Fight Club!

3. Cannibal Holocaust (1980)

https://www.youtube.com/embed/_o8VKf8WsMk

Film yang bertema kanibalisme ini dulu sempat menuai kontroversi karena beberapa adegan yang terlihat sangat nyata. Sang sutradara bahkan beberapa kali harus dituntut pengadilan karena kematian aktor-aktor dalam film ini terlihat seperti asli. Hal tersebut mempengaruhi performa film ini saat tayang di bioskop.

Namun, sekarang film Cannibal Holocaust sangat sering menjadi rekomendasi bagi mereka yang menyukai film penuh adegan gore.

4. Cry-Baby (1990)

https://www.youtube.com/embed/yB1bLlguZVY

Sebelum sukses memerankan karakter Jack Sparrow, Johnny Depp pernah membintangi film Cry-Baby di awal kariernya. Sayangnya film ini hanya berhasil memperoleh untung sebanyak $8 juta. Padahal produksi film ini menghabiskan dana sebanyak $12 juta. Cry-Baby sendiri menuai kesuksesan karean sempat mendapatkan nominasi Tony Awards dan pernah ditampilkan di Broadway.

5. Bottle Rocket (1996)

https://www.youtube.com/embed/JJPQ-NnjZR0

Bottle Rocket merupakan debut film yang dibuat oleh Wes Anderson. Film yang tayang pada tahun 1996 terbilang gagal secara komersil. Dengan biaya produksi sebesar $5 juta, film ini bahkan tidak berhasil memperoleh $1 juta. Bottle Rocket hanya mampu menghasilkan keuntungan sebanyak $560 ribu.
Walaupun bisa dibilang flop, film ini berhasil membuat Wes Anderson mendapatkan project film selanjutnya yakni Rushmore.

6. Children of Men (2006)

https://www.youtube.com/embed/2VT2apoX90o

Film bertema distopia yang disutradarai oleh Alfonso Cuaron ini dikenal sebagai salah satu film terbaik. Apalagi Children of Men mendapatkan tiga nominasi Oscar yang salah satunya yaitu kategori Best Adapted Screenplay. Meski menuai kritik positif, film ini hanya berhasil memperoleh keuntungan total $35 juta dengan biaya produksi mencapai $76 juta.

7. The Fountain (2006)

https://www.youtube.com/embed/m8IlyFCbNZg

Film The Fountain awalnya akan dibintangi oleh Brad Pitt dan Cate Blanchett dengan biaya produksi sebesar $70 juta. Namun, akhirnya terjadi pemotongan budget dan pergantian pemain. Film ini berakhir diperankan oleh Hugh Jackman dan Rachel Weisz dengan budget sebanyak $35 juta.

Sayangnya The Fountain menjadi film buatan Darren Aronofsky yang paling gagal secara komersil. Film ini hanya menghasilkan total $16 juta. Padahal film yang dirilis pada tahun 2006 ini menjadi salah satu film cult paling favorit.

Ternyata banyak film keren yang bahkan dibintangi aktor ternama namun gagal secara box office. Wah, tetapi dari ketujuh film di atas, adakah yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Horor Sampai Drama, 7 Film Hollywood Bertema Boneka

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya