Comscore Tracker

Film Tumbal Kanjeng Iblis Gali Soal Sekte, Seremnya Ngegas

Film Tumbal Kanjeng Iblis debut Sutradara Mizan Fadhillah

Mizan Fadhillah debut sebagai sutradara dalam film pertamanya yang berjudul Tumbal Kanjeng Iblis. Sebelumnya, ia pernah menjadi asisten sutradara dalam film Mencuri Raden Saleh (2022).

Diketahui film horor pertama Mizan ini mengisahkan tentang sekte atau aliran sesat. Kata Angga Dwimas Sasongko, dari awal film ini udah ngegas seramnya. Berikut selengkapnya. Keep reading!

1. Debuf sebagai sutradara, Mizan Fadhillah langsung garap film horor

Film Tumbal Kanjeng Iblis Gali Soal Sekte, Seremnya NgegasSutradara, produser, dan cast film Tumbal Kanjeng Iblis dalam press conference di kantor Visinema Pictures pada Senin (5/12/2022). (IDN Times/Erfah Nanda)

Mizan Fadhillah mengaku tak menyangka dapat kesempatan untuk menggarap film untuk pertama kalinya. Apalagi, ia langsung ditawari untuk membuat film panjang horor.

"Gak expect film pertama horor. Ternyata syuting film horor itu cukup menyenangkan," ucap Mizan dalam press conference di kantor Visinema Pictures pada Senin (5/12/2022).

Sempat membuat film pendek horor, ia tetap membuatnya tak menyangka dengan tawaran dari Angga Dwimas Sasongko.

"Tahun 2020 sempet buat film, buat konten itu horor juga. Gak tau kenapa Mas Angga tiba-tiba ngajak gue buat bikin film horor. Yang mana gue pengalamannya baru itu aja," tambahnya.

2. Film tentang sekte, ini cerita di balik mantra dan simbol tangan

Film Tumbal Kanjeng Iblis Gali Soal Sekte, Seremnya NgegasSheryl Sheinafia press conference film Tumbal Kanjeng Iblis di kantor Visinema Pictures, pada Senin (5/12/2022). (IDN Times/Erfah Nanda)

Mizan mengaku membuat mantra khusus untuk film ini. Ia mengambil dari dialog salah satu cast, dan diolah menjadi mantra yang pas.

"Kalau mantra itu kita ambil ada salah satu kalimat yang dibawakan para karakter yang aku ambil untuk mantra. Mantranya itu kayak singkatan dialog cast-nya, 'janji pasrah jiwa raga sampai putih tulang'. Aku gak mau kita buat baru, aku mau kita buat yang ada aja," ucapnya. 

Selain tentang mantra, Mizan juga menceritakan simbol tangan yang sering muncul di film Tumbal Kanjeng Iblis ini. Usut punya usut, ternyata simbol ini diambil dari orang yang lagi yoga, lho.

"Aku ambil (simbol tangan) dari orang melakukan yoga. Kita pengen kasih tau aja kayak gitu tuh udah banyak, kenapa gak diambil aja dari sekitar?" Lanjutnya.

3. Poster film Tumbal Kanjeng Iblis, penuh misteri

Film Tumbal Kanjeng Iblis Gali Soal Sekte, Seremnya NgegasSutradara, produser, dan cast film Tumbal Kanjeng Iblis dalam press conference di kantor Visinema Pictures pada Senin (5/12/2022). (IDN Times/Erfah Nanda)

Angga Dwimas Sasongko selaku produser menjelaskan tentang poster film Tumbal Kanjeng Iblis. Banyak misteri yang tersimpan, salah satunya adalah tokoh antagonisnya.

"Biasanya poster horor fokus sama hantunya. Kita ingin film horor juga punya story-nya. Persektean kita mau tunjukkin, dan tokoh antagonis itu ada siluet bawah. Kita nunjukkin walau bikin horor tapi juga kuat dramanya," ucap Angga.

Ia juga menambahkan dari trailer, film ini mempunyai kesan ngegas dari awal. Siap-siap kayak naik roller-coaster, ya!

"Dari trailer kita memberikan kesan roller-coaster dari awal hingga akhir film. Dari film awal ini udah ngegas," lanjutnya.

4. Film Tumbal Kanjeng Iblis tentang sekte

Film Tumbal Kanjeng Iblis Gali Soal Sekte, Seremnya NgegasSutradara, produser, dan cast film Tumbal Kanjeng Iblis dalam press conference di kantor Visinema Pictures pada Senin (5/12/2022). (IDN Times/Erfah Nanda)

Tersi Eva Ranti yang duduk di bangku produser menceritakan film ini tentang sekte dan kesesatan. Ia menyebutkan film ini bisa dinikmati oleh penonton bareng keluarga.

"Ceritanya cukup dekat dengan kita, dunia animisme, dinamisme, dukun-dukunan semoga bisa dinikmati oleh penonton," ucapnya.

Ia menambahkan bahwa film Tumbal Kanjeng Iblis mengisahkan tentang manusia yang ingin kaya dan sejahtera dalam waktu instan. 

"Dari segi cerita, ini cukup lekat dengan praktik dunia gelap, sekte-sekte, kayak orang mau cari kekayaan kesejahteraan dengan cara instan. Lalu menggunakan jalan dengan bersekutu dengan iblis," tambahnya.

Diketahui film Tumbal Kanjeng Iblis tayang di bioskop mulai 22 Desember 2022. Makin gak sabar, ya, mau nonton!

Baca Juga: Sheryl Sheinafia Debut Main Film Horor, Salah Satu Wish di Tahun 2022!

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya