Comscore Tracker

IMS 2020: Perjalanan Hijrah Sakdiyah Ma'ruf Sebagai Komika Jihad

Sakdiyah Ma'ruf akan menjadi pembicara di IMS 2020

Terkenal sebagai komika lewat acara Stand Up Comedy Indonesia 2011, membuat nama Sakdiyah Maruf meroket. Materinya tak hanya lelucon biasa namun juga penuh pemikiran yang luar biasa. 

Sakdiyah menjadikan komedi sebagai cara untuk menantang ekstremisme Islam dan kekerasan terhadap perempuan. Sakdiyah pun semakin dikenal dengan materi komedinya yang berbobot. Yuk simak perjalanan hijrah Sakdiyah.

1. Jadi komika hijab yang menginspirasi

IMS 2020: Perjalanan Hijrah Sakdiyah Ma'ruf Sebagai Komika JihadInstagram.com/pandji.pragiwaksono

Bukan tentang menghibur, tapi Sakdiyah juga menginginkan materi komedinya bermanfaat bagi orang banyak. Meskipun, penampilan di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia 2011 singkat, hal ini dikarenakan Sakdiyah memilih mengundurkan diri agar lebih fokus ke pendidikannya. 

2. Lewat komika, Sakdiyah memaparkan kegelisahannya

IMS 2020: Perjalanan Hijrah Sakdiyah Ma'ruf Sebagai Komika JihadInstagram.com/katakitakompastv

"Jadi Arab itu sering dianggap lebih jago agama. Saya sempat diminta jadi imam shalat sama ibu-ibu, ya boro-boro imam, iqra tiga gak lulus!" 

Lucu namun mengandung makna tersirat, lewat komika Sakdiyah menyuarakan sikap radikal yang sering ia dapatkan sebagai warga Indonesia keturunan Arab. Hmm, ini menandakan masih adanya rasis di Indonesia kan?

Baca Juga: IMS 2020: Perjalanan Hijrah Pasangan Artis Arie Untung & Fenita Arie

3. Mulai dari kritik hingga bahas masalah sensitif lewat komedi

IMS 2020: Perjalanan Hijrah Sakdiyah Ma'ruf Sebagai Komika JihadInstagram.com/sakdiyah.maruf

Gak hanya kegelisahan yang dirasakan dirinya, Sakdiyah juga kadang mengeluarkan kritiknya terhadap konservatisme. Bahkan, materi yang sensitif seperti isu perempuan mulai dari bentuk tubuh hingga hijab, dapat dibalut dengan rapi lewat komedi. 

Isu-isu sensitif tersebut justru bisa diterima oleh pendengar tanpa adanya pertentangan lewat komedi. Sebuah alternatif yang sangat efektif untuk memberikan pemikiran baru kepada masyarakat. 

Uniknya, dengan isu sensitif yang dibalut komedi mampu membuat pendengar tertawa dibuatnya tapi juga sekaligus untuk berpikir. Kemampuan dan bakat yang dimiliki Sakdiyah memang patut diacungi jempol! 

Sakdiyah Ma'ruf akan menjadi pembicara dalam sesi “Legacy: Muslim Women Who Impacted the Nation” di acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Media. Sakdiyah akan tampil di panggung “Hijrah” by IDN Times, pada hari Jumat, 17 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

Indonesia Millennial Summit 2020 adalah pertemuan independen para pemimpin millennial mengusung tema “Shaping Indonesia’s Future”. IMS 2020 digelar di Gedung Tribrata, Dharmawangsa Jakarta Selatan selama dua hari, 17 dan 18 Januari 2020. Acara ini menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten yang memiliki visi membangun Indonesia di masa depan. Dalam IMS 2020 diluncurkan pula Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Research Institute.

Baca Juga: IMS 2020: Karier Angga Dwimas Sasongko Tak Hanya Sebagai Sutradara

Topic:

  • Erfah Nanda
  • Erina Wardoyo
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya