Comscore Tracker

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!

Lucu sekaligus bikin haru

Jalan cerita yang menarik serta aktor dan aktris yang mumpuni merupakan kekuatan utama sebuah sinema. Kemampuan akting yang ciamik ini rupanya tak dipengaruhi usia, lho. Beberapa artis peran cilik dari Negeri Ginseng ini buktinya.

Mereka bisa mendapat peran utama di usianya yang belia, bahkan filmnya juga berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi. Penasaran? Yuk, tonton 7 film Korea yang memiliki anak kecil sebagai pemeran utamanya ini.

1. The Way Home (2002)

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!allkpop.com

Bercerita tentang Sang Woo yang harus tinggal di desa terpencil tanpa listrik bersama neneknya karena sang ibu sedang mencari pekerjaan. Bocah berusia 7 tahun tersebut pun merasa marah hingga tantrum, karena merasa ditelantarkan ibunya, meninggalkan lingkungan kota yang nyaman dan menyenangkan, serta beradaptasi dengan neneknya yang dinilai kuno. Emosi penonton diaduk-aduk ketika menyaksikan gejolak hubungan Sang Woo dan sang nenek yang terasa relatable dan alami.

Berperan sebagai Sang Woo merupakan debut akting Yoo Seung Ho di layar lebar, menjadi pembuka karirnya yang cemerlang hingga sekarang. Film yang diproduseri Lee Jeong Hyang ini juga berhasil memenangkan 11 awards bergengsi, salah satunya penghargaan Oscar untuk kategori Film dan Skenario Terbaik. 17 tahun setelah penayangan perdana, film ini terus mendapat berbagai sambutan positif dari Eropa dan Asia, serta sempat ditayangkan kembali di bioskop Indonesia pada Agustus 2019 lalu, lho.

https://www.youtube.com/embed/sqyIkU1e16Y

2. Meet Mr. Daddy (2007)

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!asianwiki.com

Berkisah tentang pertemuan Joon, si gadis cilik dengan ayah kandungnya, Jong Dae yang merupakan kriminal kelas teri. Selama ayahnya di penjara, Joon tinggal di panti asuhan dan akan pergi ke Amerika untuk diadopsi. Karena akan pergi jauh tersebut, Joon meminta waktu untuk bertemu dengan ayahnya yang sebenarnya juga cukup canggung merawat anak kecil. Sepanjang film, hati kita akan dibuat berdesir lantaran menyaksikan hubungan ayah-anak yang semakin dekat di waktu singkat yang mereka miliki.

Adalah Seo Shin Ae yang memerankan Joon yang menggemaskan tersebut dan Park Shin Yang sebagai sang ayah. Berkat chemistry mereka tersebut, film ini termasuk dalam box office dengan pendapatan sebesar USD 1,8 juta dari seluruh dunia. Film besutan Park Kwang Su ini juga memenangkan Alice in the City Prize kategori Young Adult pada Rome Film Fest 2007.

https://www.youtube.com/embed/0Fm70Tb_Bm0

3. Wedding Dress (2010)

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!asianwiki.com

Go Woon merupakan seorang single mother yang menderita kanker stadium akhir dan berusaha menutupi hal tersebut dari Sora, putri semata wayangnya. Ia dihadapkan dilema antara ingin memanjakan sekaligus mengajarkan mandiri pada si anak yang baru berusia 9 tahun tersebut. Sementara itu, Sora yang terkesan keras kepala dan cuek rupanya mengkhawatirkan sang ibu dan diam-diam berusaha mewujudkan keinginan terakhirnya.

Meski kisah tentang ibu dan putrinya yang sama-sama sedang mempersiapkan perpisahan ini tidak berhasil mendapatkan penghargaan, film ini berhasil memenangkan hati penontonnya. Kim Hyang Gi sebagai pemeran Sora, banyak mendapat sorotan berkat kepiawaiannya menunjukkan beragam emosi dengan cepat. Hal tersebut tentu berkat jam terbangnya sudah tinggi karena ini merupakan film layar lebar kelima yang dibintanginya.

https://www.youtube.com/embed/bq16pW3q1rI

Baca Juga: 5 Film Korea Awal Tahun 2000an yang Pemeran Utamanya Soo Ae

4. Barbie (2011)

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!asianwiki.com

Soon Young dan Soon Ja merupakan kakak beradik yang tinggal di sebuah desa pesisir bersama ayahnya yang keterbelakangan mental serta seorang paman yang licik. Kehidupan mereka berubah ketika si paman kedatangan seorang pria paruh baya dan putrinya dari Amerika ingin mencari anak adopsi. Awalnya Soon Young yang ramah dan pekerja keras yang dipilih untuk diadopsi, namun adiknya, Soon Ja yang menginginkan kehidupan lebih baik berusaha keras untuk bisa pergi ke Amerika menggantikan kakaknya.

Adalah Kim Sae Ron dan Kim Ah Ron yang memerankan Soon Young dan Soon Ja dengan begitu apik tersebut. Mereka memang merupakan saudara kandung di kehidupan nyata, lho. Mereka bersama para aktor lainnya berakting secara sukarela dalam film garapan Lee Sang Woo ini karena minimnya budget. Totalitas seluruh kru film ini pun terbayarkan ketika berhasil mendapat penghargaan di Gijon International Film Festival 2012.

https://www.youtube.com/embed/XdYo4ihJ3QY

5. Miracle in Cell No. 7 (2013)

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!asianwiki.com

Kebersamaan Lee Yong Gu dengan putrinya, Ye Sung terenggut akibat mendapat tuduhan yang salah. Yong Gu yang sakit mental tersebut divonis bersalah dalam kasus pemerkosaan dan pembunuhan. Sementara itu, si kecil Ye Sung pun memutuskan untuk menyelinap ke dalam penjara demi menghibur sang ayah dan bertekad untuk bisa membebaskannya kelak.

Film yang diperankan oleh Kal So Won, Ryu Seung Ryong dan Park Shin Hye ini menjadi film ketiga Korea dengan penjualan terlaris sepanjang masa, yakni dengan pendapatan sebesar USD 81,8 juta. Film ini juga berhasil memboyong 10 penghargaan film bergensi. Karena ingin mengulang kesuksesan serta tersentuh jalan ceritanya yang menghayutkan, beberapa negara seperti Indonesia, Filipina, Turki hingga India saat ini sedang membuat remake film ini, lho. 

https://www.youtube.com/embed/rAsBlmSIksk

6. Train to Busan (2016)

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!asianwiki.com

Bercerita tentang Soo An dan ayahnya, Seok Woo yang melakukan perjalanan menggunakan KTX, kereta cepat di Korea. Anak perempuan tersebut ingin merayakan ulang tahunnya dengan bertemu sang ibu yang tinggal di Busan. Perjalanan mereka menjadi menegangkan tatkala wabah zombie menyerang negeri tersebut, termasuk penumpang di dalam kereta. Hubungan Soo An dengan sang ayah yang semula renggang ini pun mulai membaik karena berusaha saling melindungi.

Diperankan oleh Kim Su An dan Gong Yoo, film bergenre thriller ini sudah memecahkan rekor di hari perdana pemutarannya dengan memperoleh USD 5,8 juta dalam sehari. Film arahan Yeon Sang Ho ini juga memenangkan 32 penghargaan serta memiliki rating 93% di Rotten Tomatoes, lho. Deretan rekor dan apresiasi terhadap film ini membuat sang produser mencoba membuat sekuelnya Train to Busan 2 yang akan tayang di 2020.

https://www.youtube.com/embed/uDSv79OktgY

7. Stand by Me (2018)

7 Film Korea dengan Anak Kecil sebagai Pemeran Utama, Aktingnya Juara!koreajoongangdaily.com

Kisah seorang kakek 70 tahun yang merawat dua cucunya yang masih kecil, Deok Gu dan Deok Hee. Ayah kedua anak tersebut telah meninggal, sementara sang ibu yang seorang TKW asal Indonesia diusir sang mertua karena mencuri uang asuransi suaminya. Deok Gu pun merasa kecewa terhadap keputusan kakeknya, tanpa mengetahui kalau sang kakek juga sedang sakit kanker paru-paru stadium 4.  Kakek yang mulai pasrah dengan sakitnya itu akhirnya mencoba mencari kembali menantunya untuk berdamai.

Jung Ji Hoon dan Park Ji Yoon merupakan aktor dan aktris cilik yang memerankan Deok Gu dan Deok Hee. Sementara itu, peran kakek dimainkan oleh aktor kawakan Lee Soon Jae. Film yang memiliki pesan moral terkait keluarga dan isu sosial ini merupakan debut Bang Soo In sebagai sutradara dan penulis naskah. Meski terbilang baru di dunia sinema, karya Bang Soo In patut diperhitungkan karena berada di peringkat ke 4 box office Korea pada April 2018 dan mendapat penghasilan sebesar USD 2,1 juta.

https://www.youtube.com/embed/1ZH89RwVjME

Nah, itu dia ketujuh film Korea yang diperankan aktor dan aktris cilik. Apa kamu sudah menonton semuanya? Mana nih yang jadi film favorit kamu?

Eunike Ally Sushmita Photo Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya