Comscore Tracker

5 Film Terbaik Sutradara Lars von Trier, Unik dan Kontroversial

Identik dengan film depresif dan sinematik apik

Lars von Trier, sutradara film sekaligus penulis naskah yang sarat akan kontroversi. Skandal terbesarnya adalah pada tahun 2001 dirinya mengklaim sebagai simpatisan Adolf Hitler. Akibatnya, ia terkena black list dari Cannes Film Festival dan dianggap sebagai persona non grata. Namun pada tahun 2018 melalui film The House That Jack Built, von Trier resmi kembali berpartisipasi dalam Cannes Film Festival. 

Terlepas dari kontroversinya, Lars von Trier terkenal dengan visi uniknya. Ia berani untuk membuat film dengan durasi panjang dan adegan vulgar, serta kekerasan secara blak-blakan hingga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Gak heran kalau filmnya begitu digilai oleh kritikus serta sobat sinefil.

Bagi kamu yang ingin mengenal ciri khas darinya, berikut film terbaik sutradara Lars von Trier yang wajib kamu tonton. Visualnya sinematik dan jalan ceritanya bikin kamu bakal mikir berkali-kali, menarik!

1. Melancholia (2011)

5 Film Terbaik Sutradara Lars von Trier, Unik dan Kontroversialcuplikan film Melancholia (mubi.com/films/melancholia)

Film yang dirilis pada tahun 2011 silam ini adalah bagian kedua dari Deppresion Trilogy, yang mana merupakan bentuk visualiasi dari depresi yang dialami oleh von Trier. 

Melancholia mengikuti pergulatan batin yang dialami oleh Justine (Kirsten Dunst). Ia tidak menemukan kebahagiaan di malam pernikahannya yang digelar secara besar-besaran, pun hubungan dengan kakak perempuannya yang renggang.

Ketika depresifnya memuncak, tetiba muncul sebuah planet biru yang terus mendekat dan siap menghantam Bumi dalam hitungan jam. 

2. Breaking the Waves (1996)

5 Film Terbaik Sutradara Lars von Trier, Unik dan Kontroversialcuplikan film Breaking the Waves (mubi.com/breaking-the-waves)

Kepiawaian von Trier dalam menggarap sebuah film berhasil menarik perhatian dunia melalui Breaking the Waves. Akting memukau Emily Watson sebagai gadis polos dalam film ini pun turut diganjar nominasi Best Actress di ajang Academy Award.

Breaking the Waves sendiri menceritakan tentang Jan (Stellan Skarsgard) yang mengalami kelumpuhan dan istrinya Bess McNeill (Emily Watson), yang merasa bersalah karena telah berdoa untuk meminta suaminya segera pulang ke rumah.

3. Dogville (2003)

5 Film Terbaik Sutradara Lars von Trier, Unik dan Kontroversialcuplikan film Dogville (mubi.com/films/dogville)

Nicole Kidman dalam salah satu wawancara menyebutkan bahwa proses pembuatan film Dogville jauh sekali dari kata menyenangkan dan tidak ingin lagi terlibat dalam proyek film von Trier. Sebab, von Trier memaksa Kidman untuk memakai rantai besi berukuran besar di lengan dan lehernya serta melakukan banyak sekali adegan kekerasan.

Dogville sendiri menceritakan tentang usaha Grace (Nicole Kidman) dalam melarikan diri kota terpencil bernama Dogville yang telah menjadikannya budak dan memperlakukannya dengan semena-mena. 

Baca Juga: 7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film 

4. Dancer in the Dark (2000)

5 Film Terbaik Sutradara Lars von Trier, Unik dan KontroversialDancer in the Dark (mubi.com/films/dancer-in-the-dark)

Penghargaan Best Actress yang didapat Björk di ajang Cannes Film Festival jelas tidak sebanding dengan apa yang harus dilaluinya selama bekerja sama dengan von Trier. Saking buruknya perlakuan von Trier, Björk sempat menuding sang sutradara telah melakukan pelecehan terhadapnya.

Dancer in the Dark mengikuti perjalanan Selma (Björk), imigran yang pindah ke Amerika untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Saat penglihatannya perlahan menghilang, satu-satunya pelarian yang dimiliki Selma adalah menari dan menyanyi. 

5. Antichrist (2009)

5 Film Terbaik Sutradara Lars von Trier, Unik dan Kontroversialcuplikan film Antichrist (mubi.com/films/antichrist)

Dirilis pada tahun 2009, Antichrist diperkenalkan sebagai pembuka dari Depression Trilogy, yang mana merupakan bentuk visualisasi dari depresi yang diderita sang sutradara selama ini. Beberapa adegan intim dan kekerasan digambarkan dengan cukup gamblang sehingga film ini dicekal oleh beberapa negara. 

Antichrist mengikuti perjalanan sepasang suami istri yang diperankan oleh Willem Dafoe dan Charlotte Gainsbourg. Dalam keadaan berduka setelah kematian sang anak, pasangan ini berupaya memperbaiki hubungan dan menyembuhkan luka mereka. Namun, keadaan semakin memburuk saat alam turut berduka. 

Selain film di atas, ada pula film terbaik sutradara Lars von Trier yang tak kalah menarik. Seperti The House that Jack Built danThe Boss of it All, semuanya worth it untuk ditonton.

Baca Juga: 8 Sutradara Film Minimalis yang Karyanya Bikin Hati Adem

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya