Comscore Tracker

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genre

Referensi untuk tontonan di akhir pekan

Home Box Office atau lebih dikenal dengan nama HBO pertama kali diperkenalkan pada 8 November 1972 sebagai layanan kanal televisi berbayar yang menyediakan beragam konten eksklusif. Mulai dari film, series, limited series, dokumenter, hingga pertandingan olahraga dapat dinikmati oleh pelanggan setianya tanpa jeda iklan.

Lima puluh tahun malang melintang di dunia penyiaran, HBO telah memproduksi puluhan judul series yang tayang secara terbatas di kanal milik Charles Dolan tersebut. Premis menarik yang dieksekusi dengan tepat oleh tim yang hebat menjadikan series HBO laku keras di pasaran. Tidak sedikit pula yang menjadi langganan pemenang ajang penghargaan bergengsi yang dihelat setiap tahun.

Dari puluhan judul series HBO, tujuh di antaranya dinobatkan sebagai series garapan HBO terbaik sepanjang masa. Penasaran? Yuk, kita simak!

1. The Sopranos

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genrecuplikan series The Sopranos (dok. HBO/The Sopranos)

Tidak hanya menjadi series terbaik yang pernah digarap oleh HBO, The Sopranos turut dinobatkan sebagai series terbaik sepanjang masa yang pernah tayang di sejarah pertelevisian Amerika. Hal tersebut diamini dengan banyaknya penghargaan yang diraih oleh series garapan David Chase mulai dari Golden Globe Awards, Primetime Emmy Awards, hingga Peabody Awards.

Tayang perdana pada 10 Januari 1999, The Sopranos bercerita tentang bos mafia New Jersey yang dikenal dengan nama Tony Soprano (James Gandolfini) yang mencoba menghadapi bisnis dan keluarganya dengan bantuan konseling dari seorang terapis.

Series bergenre black comedy tersebut tayang selama enam musim dengan total 86 episode. Episode final The Sopranos tayang pada 10 Juni 2007.

2. The Wire

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genrecuplikan series The Wire (dok. HBO/The Wire)

Gaung series drama kriminal yang pertama kali mengudara pada 2 Juni 2002 silam ini memang kurang terdengar. Bisa dibilang The Wire hanya dikenal oleh penggemar genre criminal-thriller. Namun dari jajak pendapat yang dibuat oleh BBC di tahun 2021 lalu dengan melibatkan kritikus dari berbagai negara, The Wire menduduki peringkat pertama sebagai series barat terbaik abad ini.

Tayang selama lima musim dengan total 60 episode, The Wire mengambil latar kota Baltimore, Maryland yang menjadi saksi bisu peperangan yang terjadi antara polisi Amerika dan kartel narkoba setempat. The Wire turut mengambil sudut pandang dari politisi, jurnalis, pecandu, hingga warga setempat.

Episode finale The Wire yang diberi judul 30 tayang pada 8 September 2008 dan ditonton oleh 1.1 juta orang.

3. Succession

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genrecuplikan series Succession (dok. HBO/Succession)

Pertama kali mengudara pada 3 Juni 2018, episode pilot Succession yang diberi judul Celebration sukses meraih banyak pujian dari kritikus dan penonton.

Meskipun baru tayang selama tiga musim dengan total 29 episode, series yang mengusung genre komedi satir ini berjaya di berbagai ajang penghargaan. Salah satu diantaranya ada Emmys 2022 dengan membawa pulang penghargaan Drama Series Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik untuk akting Matthew Macfadyen sebagai Tom Wambsgan.

Succession sendiri berfokus pada keluarga Roy yang berseteru dalam memperebutkan kendali atas perusahaan media terbesar di dunia pasca sang ayah Logan Roy (Brian Cox) memutuskan untuk pensiun.

Succession season 4 sendiri rencananya akan tayang di HBO dan HBO Max pada musim semi atau pertengahan tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: 10 Serial Fiksi Ilmiah Rilisan HBO dan HBO Max, Terbaru The Last of Us

4. Six Feet Under

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genrecuplikan series Six Feet Under (dok. HBO/Six Feet Under)

Berikutnya ada series drama komedi garapan Alan Ball berjudul Six Feet Under. Tayang perdana pada 3 Juni 2001, Six Feet Under mengikuti perjalanan Nate Fisher (Peter Krause) yang terpaksa harus pulang kampung ke Los Angeles untuk mengelola rumah duka bersama keluarganya pasca kematian sang ayah.

Season finale yang ditayangkan pada 21 Agustus 2005 disebut-sebut sebagai salah satu season finale terbaik sepanjang sejarah pertelevisian Amerika. Konsisten menyuguhkan cerita yang berkualitas dan performa para cast yang ciamik, Six Feet Under berhasil memenangkan sembilan piala Emmy Awards, tiga piala Screen Actors Guild Awards, tiga piala Golden Globe Awards, dan satu piala Peabody Awards.

5. The Leftovers

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genrecuplikan series The Leftovers (dok. HBO/The Leftovers)

Diadaptasi dari novel distopia karya Tom Perrotta, HBO merilis series bergenre drama-supernatural berjudul The Leftovers. Tayang selama tiga musim dengan total 28 episode, sang kreator Damon Lindelof bersama penulis Tom Perrotta menyajikan tontonan yang provokatif dan mendalam.

The Leftovers sendiri menyoroti kehidupan keluarga Garvey yang berubah drastis usai selamat dari kejadian misterius di mana dua persen atau 140 juta penduduk Bumi  menghilang secara misterius.

Kevin Garvey (Justin Theroux) selaku polisi sebisa mungkin membantu penduduk kota Mapleton yang tersisa. Di sisi lain dirinya tidak bisa menyelamatkan istri dan anaknya dari kultus The Guilty Remnant.

6. Sex and the City

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genrecuplikan series Sex and the City (dok. HBO/Sex and the City)

Kurang lengkap rasanya jika tidak memasukan Sex and the City sebagai salah satu series buatan HBO terbaik. Sebuah adaptasi dari rubrik koran dan buku antologi karya Candace Bushnell, series drama romantis karya Daren Star ini tayang perdana pada 6 Juni 1998.

Sex and the City mengikuti persahabatan Carrie (Sarah Jessica Parker), Samantha (Kim Cattrall), Charlotte (Kristin Davis), dan Miranda (Cynthia Nixon) dalam mengarungi hidup di kota New York. Tayang selama enam musim dengan total 94 episode, Sex and the City mendapatkan dua film spin-offSex and the City dan Sex in the City 2—dan sekuel series And Just Like That yang tayang eksklusif di HBO Max.

7. Game of Thrones

7 Series HBO Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Beragam Genrecuplikan series Game of Thrones (dok. HBO/Game of Thrones)

Digarap oleh David Benioff dan D. B. Weiss, Game of Thrones merupakan sebuah adaptasi novel karya George R. R. Martin berjudul A Song of Ice and Fire. Setelah mengudara selama delapan musim dengan total 73 episode, Game of Thrones mengakhiri pertempuran melawan white walkers pada 19 Mei 2019.

Meskipun langganan menang di berbagai ajang penghargaan bergengsi, harus kita akui bahwa season finale Game of Thrones cukup mengecewakan.

Sukses meraih 59 piala Primetime Emmys, Game of Thrones mengisahkan perseteruan antara sembilan kerajaan dalam memperebutkan kekuasaan di tanah Westeros. Tanpa mereka sadari, musuh yang telah hilang selama ribuan tahun bangkit kembali untuk menuntut balas dendam.

Series terbaik garapan HBO di atas bisa jadi referensi tontonan di akhir pekan. Selain menawarkan premis yang menarik, kualitas yang ditawarkan pun tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa menonton seluruh episode series di atas di layanan streaming milik HBO yakni HBO Max dan HBO Go.

 

Baca Juga: 14 Serial HBO Pemenang Outstanding Limited Series Emmy Awards, Kece!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya