Comscore Tracker

5 Film yang Terinspirasi dari Kasus Kriminal Nyata Tak Terpecahkan

Bikin merinding! #IDNTimesHype

Kisah kriminal dan misteri selalu berjalan beriringan. Demi mengungkap kejahatan, tahap penyelidikan bisa menarik dan membuat frustrasi karena cerita yang menarik minat kita sering kali dipenuhi dengan liku-liku, petunjuk palsu, dan pengalih perhatian. Terkadang tidak ada penangkapan dan kasusnya terendapkan begitu saja, meninggalkan kita dengan misteri untuk dipecahkan.

Hal yang semakin membuat menarik adalah film-film berikut ini terinspirasi dari kisah nyata, di mana kasus tersebut tak pernah terungkap. Apa saja itu? Ini ulasannya.

1. The Town That Dreaded Sundown (1976)

https://www.youtube.com/embed/4q5pboZz4rs

Berdasarkan Texarkana Moonlight Murders of 1946 yang belum terpecahkan, film ini adalah salah satu film slasher paling awal, yang muncul sebelum film horor klasik seperti Halloween dan Friday the 13th.

Film ini memiliki rating dewasa dengan narator yang merinci fakta kasus tersebut. Pada tahun 1946 kota Texarkana diteror oleh pembunuh berantai berkerudung yang dijuluki The Phantom. Pembunuh menargetkan pasangan di dalam mobil yang diparkir dan di rumah mereka. Anehnya, sang pembunuh selalu berhasil lolos. 

2. Wolf Creek (2005)

https://www.youtube.com/embed/8S13W69FQhs

Film horor Australia ini mengklaim didasarkan pada peristiwa nyata dan berisi kemiripan dengan pembunuhan sebenarnya dari beberapa backpacker yang terbunuh di pedalaman Australia antara tahun 1989 dan 1993.

Film ini mengikuti kisah trio pendaki yang terdampar di Taman Nasional Wolf Creek setelah mobil mereka mogok. Seorang pria lokal, yang memperkenalkan dirinya sebagai Mick Taylor, menemukan kelompok tersebut dan menawarkan bantuan. Pada awalnya Mick tampak seperti tidak mencurigakan, namun berubah menjadi sosok pembunuh yang mengerikan.

Baca Juga: Ada A Week Away, 7 Film Romantis Terbaper yang Tayang di Tahun 2021

3. Zodiac (2007)

https://www.youtube.com/embed/yNncHPl1UXg

Siapakah Zodiac killer? Ini mungkin yang paling terkenal dari semua kasus pembunuhan yang belum terpecahkan. Zodiac adalah pembunuh berantai yang meneror California Utara pada akhir 1960-an. Tersangka mengejek polisi dengan serangkaian surat yang dikirim ke kantor berita daerah. Surat-surat itu sering kali berisi ancaman, pengakuan bersalah, dan kriptogram.

Film ini mengikuti eksploitasi detektif polisi saat mereka menyelidiki serangkaian jalan buntu saat mencoba melacak Zodiac. Sementara itu, seorang kartunis di San Francisco Chronicle berhasil memecahkan salah satu teka-teki Zodiac. Dia awalnya diejek sampai reporter kejahatan Paul Avery (Robert Downey Junior) menyadari dia mungkin melakukan sesuatu yang penting.

4. All Good Things (2010)

https://www.youtube.com/embed/Ca6hW4J7Jeo

Film ini didasarkan pada tersangka pembunuh Robert Durst, seorang taipan real estate yang dicurigai membunuh istri, teman, dan tetangganya. Setelah melihat film ini, Durst terpaksa menghubungi sutradara, Andrew Jarecki, dan memberikan versi ceritanya.

Ryan Gosling berperan sebagai David Marks, kabarnya didasarkan pada Robert Durst, sementara Kirsten Dunst berperan sebagai Katie McCarthy, istri Mark, yang ingin keluar dari pernikahan dan keluarga Mark, tetapi kemudian menghilang setelah mengancam akan mengungkap rahasia keuangan.

Menambah masalah Marks, seorang teman dan tetangganya juga secara misterius meninggal. Film ini memberikan versi kejadiannya tetapi apakah Marks bertanggung jawab pada akhirnya diserahkan kepada pemirsa untuk memutuskan.

5. The Irishman (2019)

https://www.youtube.com/embed/RS3aHkkfuEI

Film garapan Martin Scorsese ini mencoba menjawab salah satu misteri abadi Amerika - Apa yang terjadi dengan Jimmy Hoffa? James Riddle Hoffa adalah Presiden International Brotherhood of Teamsters. Dia adalah sosok kontroversial yang terkait dengan massa yang menghilang tanpa jejak pada tahun 1975.

Film ini dibintangi Robert Deniro yang berperan sebagai Frank Sheeran, seorang anggota serikat pekerja yang menjadi tangan kanan Hoffa. Al Pacino berperan sebagai Hoffa sementara Joe Pesci keluar dari masa pensiun untuk bermain sebagai bos mafia Russell Bufalino. Film berdurasi hampir tiga setengah jam  ini mencoba memberi tahu pemirsa nasib mereka yang hilang tersebut.

Itulah lima film thriller kriminal yang kisahnya didasarkan pada kasus-kasus misterius di dunia nyata. Dengan campuran drama sinema dan dibintangi deretak aktor berkualitas, film-film di atas memberikan sudut pandang lain dan ketegangan yang seru dan menarik. Sudah nonton?

Baca Juga: 5 Film Klasik 90-an Terbaik Brendan Fraser yang Wajib Kamu Tonton!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya