Comscore Tracker

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarah

Karya film No 1 sangat dinanti!

Kualitas perfilmanan Hollywood sudah tidak perlu diragukan lagi. Film Hollywood bahkan telah menjadi sebuah industri penghasil pundi-pundi uang yang menggiurkan. Tidak mengherankan jika tiap waktunya selalu hadir berbagai jenis film yang baru dan semakin menarik, salah satunya adalah jenis franchise film.

Franchise merupakan kumpulan film yang memiliki karakter ataupun jalan cerita yang saling berkaitan. Saat ini jenis film tersebut menjadi salah satu yang paling populer bagi sineas Hollywood. Tak hanya mampu memberikan alur cerita yang lebih luas, tetapi juga memberikan keuntungan pendapatan yang fantastis.

Berikut ini adalah 7 franchise film dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah.

7. Fast and The Furious

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarahinverse.com

Digawangi Van Diesel, Tyrese Gibson dan mendiang Paul Walker, Fast and The Furious menjadi salah satu film bergenre action paling sukses di dunia. Menggabungkan cerita yang penuh aksi dan kecanggihan mobil-mobil keren, film ini selalu semakin menarik di setiap sekuelnya. Total, film ini telah memiliki 8 sekuel.

Sebuah berita duka harus terjadi saat film Furious 7 ketika Paul Walker meninggal dunia akibat kecelakaan mobil. Perannya pun kemudian digantikan oleh saudara kandungnya.

Furious 7 sendiri sukses tempati urutan ke-7 sebagai film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa dengan raihan USD 1,518 miliar. Sedangkan total franchise film ini berhasil meraih USD 5,1 miliar dalam rentang 19 tahun.

Film ini sendiri akan menghadirkan sebuah spin-off berjudul Fast & Furious Present: Hobbs & Shaw yang dibintangi Dwayne Johnson dan Jason Statham.

6. X-Men

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarahvice.com

X-Men merupakan salah satu superhero Marvel yang paling sukses, namun franchise ini memiliki semesta yang berbeda dari MCU. Apalagi sebelumnya kumpulan mutan ini merupakan milik FOX sebelum diakuisisi oleh Disney pada tahun ini.

Sejak dirilis pertama pada tahun 2000, X-Men telah melahirkan 14 film. Deadpool pertama menjadi yang tersukses dengan pendapatan USD 801 juta.

Secara keseluruhan, X-Men Universe telah meraih USD 5,8 miliar. Pendapatan tersebut masih akan bertambah dengan rilisnya X-Men: Dark Phoenix pada bulan Juni nanti.

5. The Lord of The Rings

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarahdenofgeek.com

Trilogi The Lord of The Rings yang diadaptasi dari novel karya J.R.R Tolkien menjadi salah satu film fantasi tersukses di Hollywood. Bahkan berkat kesuksesannya itu, muncul spin-off berjudul The Hobbit yang hadir juga dengan triloginya. Keseluruhan film franchise ini sukses meraup keuntungan sebesar USD 5,9 miliar.

Di antara semua film tersebut, The Lord of the Rings: The Return of the King menjadi yang tersukses dengan keuntungan USD 1,1 miliar. Diikuti The Hobbit: An Unexpected Journey yang rilis pada tahun 2012 dengan keuntungan USD 1 miliar.

4. James Bond

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarahyoutube.com

Agen 0007 asal Inggris, James Bond menjadi film franchise action yang paling sukses. Tak hanya sukses dalam hal pendapatan, film ini juga menjadi film franchise terbanyak dengan 25 film sejak dirils pada tahun 1963.

Film yang dikenal dengan agen rahasia yang sering dikelilingi oleh wanita cantik ini juga selalu menarik karena menghadirkan aktor-aktor papan atas sebagai Bond. Mulai dari Ian Flemming, Sean Connery, Pierce Brosnan hingga Craig David.

Film ini keseluruhan meraih keuntungan USD 7,1 miliar. Skyfall yang dibintangi Craig David menjadi yang tersukses diantara semua film James Bond dengan meraup keuntungan USD 1,110 miliar.

 

Baca Juga: Film Hollywood Keren yang Bakal Tayang di Bioskop Bulan Mei 2019

3. Harry Potter

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarahfandomwire.com

Film adaptasi novel miliki J.K Rowling, Harry Potter menjadi franchise film tersukses selanjutnya. Film yang menceritakan dunia penyihir ini memiliki 11 film dalam rentang waktu 18 tahun. Tak hanya Harry Potter, film ini juga semakin luas dengan hadirnya Fantastic Beast yang telah memiliki dua sekuel.

Keseluruhan total pendapatan semesta Harry Potter ini telah meraih USD 9,18 miliar. Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II menjadi yang tersukses dengan raihan USD 1,34. Angka ini tentunya akan terus bertambah dengan sekuel Fantastic Beast lainnya yang akan hadir di tahun 2020.

2. Star Wars

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarahdecipherscifi.com

Star Wars menjadi film franchise yang memiliki rentang waktu paling panjang dari keseluruhan total film yang telah dibuat, yaitu 41 tahun. Film fiksi ilmiah yang ikonik ini telah melahirkan 11 film dengan kesuksesan yang sangat luar biasa. Mereka bahkan sempat memegang rekor franchise tersukses sepanjang masa selama bertahun-tahun sebelum rekornya terpecahkan oleh film lain.

 Film yang bertema perang antar galaksi ini tak lekang oleh waktu dan sukses meraih total pendapatan sebanyak USD 9,3 miliar. Star Wars: Force Awakens yang dirilis pada tahun 2015 menjadi yang terlaris dengan keuntungan USD 2 miliar. Hebatnya lagi, film tersebut menjadi yang tersukses ketiga sepanjang masa di belakang Avatar dan Titanic.

1. Marvel Cinematic Universe

7 Film Franchise dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarahsyfy.com

Dan film franchise tersukses sekaligus yang mampu mematahkan rekor Star Wars adalah franchise Marvel Cinematic Unverse. F

ilm yang mengusung para pahlawan komik Marvel ini telah melahirkan 21 film sepanjang 11 tahun. Luar biasanya, setiap film yang dirilis seperti Iron Man, Captain America, Thor hingga Captain Marvel selalu mampu sukses besar berkat keterhubungan cerita satu sama lainnya.

Fantastis, total keuntungan yang MCU raih sepanjang 11 tahun tersebut sebesar USD 18,3. Hal ini akan semakin bertambah besar berkat kehadiran Avengers: Endgame di bulan ini yang sangat dinanti-nanti dunia karena akan menjadi penutup era MCU yang dikenalkan sejak tahun 2008.

Hingga saat ini, Avengers: Infinity War menjadi yang tersukses dengan raihan keuntungan sebesar USD 2 miliar. 

Itulah film franchise yang mampu meraih keuntungan terbanyak sepanjang sejarah. Keterkaitan kisah satu sama lainnya tampaknya menjadi hal sangat menarik bagi pecinta film dunia.

Baca Juga: 7 Film India Ini Sajikan Pemandangan Alam yang Indah, Bikin Takjub

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya