Comscore Tracker

Seru Banget! Ini 6 Cerita Crossover Paling Epic dalam Arrowverse

No 6 paling dinanti, nih!

Marvel Cinematic Universe mungkin menjadi rajanya film superhero di layar lebar. Namun untuk urusan kisah superhero TV series, DC-lah yang menjadi penguasanya. Mereka sukses menghubungkan berbagai kisah superhero mereka dalam crossover Arrowverse dengan sangat epik.

Sosok-sosok seperti The Flash, The Arrow, Supergirl hingga Batwoman saling bersatu melawan musuh-musuh ikonik DC. Tak hanya satu, crossover di antara mereka terjadi beberapa kali. Dan berikut ini adalah yang paling seru.

1. Flash vs Arrow

https://www.youtube.com/embed/_H0o5nf_pkA

Crossover perdana TV series DC terjadi antara Arrow dan The Flash di episode 8 season 1 The Flash. Dalam kisah ini, Oliver Queen datang ke Central City untuk meminta bantuan Barry mengejar seorang meta-human bernama Roy Bivolo, villian yang mampu menghilangkan kendali emosi orang lain.

Namun dalam prosesnya justru Barry yang terserang oleh Bivolo dan kehilangan kendali atas dirinya, sehingga harus bertarung melawan The Arrow. Part ke-2 dari crossover ini berlanjut di TV series The Arrow season 3 episode 8.

2. Heroes Join Forces

https://www.youtube.com/embed/Ovk3YRONk5s

Dalam crossover ini, The Flash dan Arrow bakal kehadiran pahlawan ikonik DC lainnya, Hawkman dan Hawkgirl. Tak hanya itu, mereka juga akan bergabung dengan seorang villian, Malcolm Merlyin a.k.a Dark Archer.

Mereka dipaksa untuk bekerja sama setelah kehadiran seorang villian kuat dari zaman mesir kuno bernama Vandal Savage yang ingin membunuh Kendra Saunders (Hawkgirl). Vandal sendiri merupakan penyihir yang abadi, sehingga The FLash kembali mengumpulkan para superhero untuk melawannya.

Crossover ini berada di season 2 episode 8 dan berlanjut di The Arrow season 4 episode 8.

3. Invasion! - Arrowverse

https://www.youtube.com/embed/omVm4x5Q-CE

Tema crossover Invasion merupakan salah satu yang paling epik dari Arrowverse. Dalam serial ini kita bakal disajikan banyak sekali superhero DC yang bekerja sama untuk melawan pasukan alien dari planet lain.

Selain The Arrow dan The Flash, di sini juga akan bergabung superhero dari series lain, yaitu Supergirl dan The Legends of Tomorrow. KIsahnya sendiri bermula dari hadirnya sebuah kapal luar angkasa asing yang mendarat di Central City, yang ternyata adalah Dorminators. 

Alien yang telah hadir di planet bumi sejak tahun 1950. Dalam episode ini kita bakal disajikan pertarungan epik layaknya The Avengers pertarungan New York. Episode ini sendiri terdiri dari 3 bagian. Dimulai dari The Flash season 3 episode 8, Arrow season 5 episode 8 dan Legends of Tomorrow season 2 episode 7.

Baca Juga: 5 Serial Psychological Horror yang Mencekam Banget, Berani Nonton?

4. Crisis on Earth X - Arrowverse

https://www.youtube.com/embed/1VK1ushRMsM

Di episode ini, para superhero DC dari series Arrow, The Flash, Supergirl dan Legends of Tomorrow kembali kumpul bersama demi hadiri pesta pernikahan Barry Allen (The Flash). Namun sebuah bencana hadir saat para penjahat dari planet yang disebut Earth X datang menyerang.

Dalam series DC ini kita telah dikenalkan adanya multiverse. Dan yang paling keren dalam episode ini adalah villian yang muncul adalah versi gelap dari para superhero itu sendiri. Episode ini memiliki 4 bagian.

Bagian pertama ada di Supergirl season 3 episode 8, lalu Arrow season 6 episode 8, The Flash season 4 episode 8 dan berakhir di Legends of Tomorrow season 3 episode 8.

5. Elseworld - Arrowverse

https://www.youtube.com/embed/KQhEjIaRA_s

Di tahun 2018, Elseworld menjadi tema crossover Arrowverse yang semakin menyajikan pertarungan epik. Kisah ini bermula dari seorang dokter Arkham Asylum John Deegan yang menulis ulang realitas, yang mengakibatkan Oliver dan Barry bertukar kehidupan.

Dalam kenyataan baru ini, kedua pahlawan adalah satu-satunya yang tahu bahwa mereka berada dalam kehidupan yang salah dan memiliki kekuatan satu sama lain. Tak hanya itu, realitas baru ini juga memunculkan keanehan lainnya dan munculnya villian super, Amazo dan juga Dark Superman.

Kisah epik ini juga hadirkan sosok baru, ia adalah Superman dan Kate Kane alias Batwoman. Kisah ini terbaigi dalam tiga bagian, The Flash season 5 episode 8, Arrow season 7 episode 9 dan Supergirl season 4 episode 9.

6. Crisis on Infinite Earths - Arrowverse

https://www.youtube.com/embed/fcmPIHWjQzs

Dan di tahun ini, Crisis on Infinite Earths akan menjadi sajian yang paling ditunggu dari Arrowverse. Kisah ini akan mulai dirilis pada Desember 2019 nanti dan akan menjadi puncak dari kisah crossover Arrowverse yang telah dibangun DC dalam lima tahun terakhir.

Kisah ini akan hadirkan banyak sekali superhero DC, termasuk beberapa sosok Superman. Klark Kent versi Brendan Routh. Belum ada informasi lebih jauh sosok superhero baru siapa saja yang bakal hadir.

Namun fans berharap jika sosok-sosok superhero dalam serial Black Lighting dan Titans seperti Robbin dan Wonder Girl pun bisa turut hadir.

Itulah kisah-kisah crossover paling epik dalam semesta TV series DC bertajuk Arrowverse. Cerita mana favoritmu?

Baca Juga: 5 Serial TV Superhero Adaptasi Komik DC yang Rilis Tahun 2019

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya