Comscore Tracker

5 Film Biopik Terbaik dalam Sedekade Terakhir, Sudah Nonton?

Penuh inspirasi dan dianugerahi penghargaan Oscar

Film biopik selalu memiliki tempat di hati penontonnya tersendiri. Cerita yang diangkat dari kisah nyata, berbalut sentuhan dramatis, selalu mampu memberikan inspirasi bagi penikmatnya. Sosok-sosok di dalamnya ibarat superhero di dunia nyata. 

Telah banyak tokoh-tokoh dunia yang kisahnya diangkat ke layar lebar dan sukses besar. Nah, berikut ini adalah 5 film biopik yang rilis dalam satu dekade terakhir. Yuk  disimak!

1. The Revenant (2015) - 8,0 

https://www.youtube.com/embed/LoebZZ8K5N0

Lewat film ini Leonardo Di Caprio akhirnya meraih penghargaan sebagai Aktor Utama Terbaik Piala Oscar untuk pertama kalinya. Drama survival ini berdasarkan novel Michael Punke dengan judul yang sama tentang upaya bertahan hidup seorang penjaga perbatasan setelah dirinya diserang oleh beruang dan dibiarkan mati oleh teman-temannya sendiri.

Kisah ini merupakan pengalaman nyata dari lelaki bernama Hugh Glass tentang petualangannya di sekitar Sungai Missouri pada tahun 1823. Selain film dan novel, kisah Hugh Glass lebih dulu diabadikan dalam sebuah puisi pada tahun 1915 dengan judul The Song of Hugh Glass.

Selain Aktor Terbaik, film ini juga dianugerahi Piala Oscar untuk Sutradara Terbaik dan Sinematografi Terbaik.

2. Spotlight (2015) - 8,1 

https://www.youtube.com/embed/EwdCIpbTN5g

Film ini merupakan salah satu biopik terbaik yang pernah ada. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Film Terbaik dan Skenario Terbaik Piala Oscar yang mereka sabet pad 2016. Film ini dibintangi deretan aktor besar seperti Mark Ruffalo, Michael Keaton, dan Rachel McAdams.

Berkisah sebuah tim bernama Spotlight, dari majalah The Boston Globe, yang melakukan investigasi terhadap kasus pelecehan seksual anak yang sistemik oleh para Pastor Katolik di kota Boston. Saat terungkap, kasus ini begitu menggemparkan Amerika Serikat dan dunia.

Tidak hanya filmnya yang sukses, The Boston Globe pun dianugerahi Pulitzer untuk kategori Public Service pada tahun 2003.

3. Hacksaw Ridge (2016) - 8,1

https://www.youtube.com/embed/s2-1hz1juBI

Hacksaw Ridge dianggap sebagai salah satu film perang terbaik yang diangkat dari kisah nyata. Disutradarai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh Andrew Garfield, film ini didasarkan pada film dokumenter tahun 2004 The Conscientious Objector. Mengisahkan Tentara Medis Amerika bernama Desmond T. Doss, yang bertugas selama Pertempuran Okinawa.

Dalam pertempuran itu, ia menolak untuk membunuh orang, dan menjadi orang pertama dalam sejarah Amerika yang menerima Medal of Honor tanpa menggunakan kekerasan. Film ini membawa pulang dua Piala Oscar, dan masuk nominasi Film Terbaik dan Aktor  Utama Terbaik.

Baca Juga: Inspiratif, 5 Film Biopic Ini Mengangkat Kisah Nyata Orang-Orang Sukses

4. Ford V Ferrari (2019) - 8,2

https://www.youtube.com/embed/I3h9Z89U9ZA

Film ini bercerita tentang ahli otomotif yang sangat visioner, Carroll Shelby (Matt Damon) dan pembalap Ken Miles (Christian Bale). Mereka bekerja sama untuk membuat mobil balap baru untuk Ford, yang bisa menjadi saingan yang layak bagi Ferrari pada balapan 24 Hours of Le Mans.

Kisah ini diangkat berdasarkan balapan yang terjadi pada tahun 1966. Saat itu Ferrari merupakan pabrikan terhebat yang selalu menguasai balapan. Film ini begitu inspiratif karena menggambarkan bagaimana ambisi dan mimpi yang tampak mustahil bisa diwujudkan dengan usaha sangat keras.

Film ini sukses meraih dua Piala Oscar sebagai Film Editing dan Sound Mixing Terbaik, serta masuk dalam nominasi Film Terbaik.

5. Green Book (2018) - 8,2

https://www.youtube.com/embed/QkZxoko_HC0

Dibintangi oleh oleh Viggo Mortensen dan Mahershala Ali, film ini berpusat pada kisah pianis Afrika-Amerika Don Shirley dan sopir serta pengawalnya, berdarah Italia-Amerika, Frank Vallelonga ketika mereka mengadakan tur di Deep South pada tahun 1962. Saat itu isu rasisme masih sangat kental dalam kelas kehidupan masyarakat Amerika Serikat.

Pada waktu itu, orang-orang keturunan Afrika-Amerika disarankan untuk menggunakan sebuah buku bernama Green Book, yang menunjukkan tempat-tempat aman bagi mereka untuk dikunjungi.

Film ini sukses besar dengan membawa pulang tiga penghargaan bergengsi Piala Oscar, yaitu Film Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik untuk Mahershala Ali dan Skenario Terbaik.

Itulah lima film biopik terbaik dalam satu dekade terakhir. Tidak hanya ceritanya yang sangat inspiratif, deretan film tersebut pun sukses meraih Piala Oscar. Apakah kamu sudah menontonya?

Baca Juga: Penasaran dengan Film 'Tenet'? Lihat Dulu 5 Film Terbaik Nolan Ini

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya