Comscore Tracker

Sayang Banget! 5 Film DC Universe Ini Batal Diproduksi

Robert Downey Jr hampir jadi Lex Luthor, lho!

Semua orang pasti sangat familiar dengam karakter superhero Batman dan Superman yang merupakan ikon DC Comic. Saking populernya, karakter-karkter tersebut sudah sangat sering diangkat ke layar lebar. Demi meningkatkan popularitas, kini DC bahkan telah mengembangkan karakter-karakter lainnya ke dalam franchise DC Extended Universe seperti Wonder Woman dan Aquaman yang alami sukses besar.

Namun tahukah kamu jika DC pun sebenarnya sempat berencana untuk mengembangkan karakter lainnya ke layar lebar. Sayangnya, rencana tersebut harus dibatalkan karena berbagai alasan. Penasaran apa saja filmnya? Yuk disimak!

1. Batman : Year One

Sayang Banget! 5 Film DC Universe Ini Batal Diproduksilooper.com

Sebelum merilis film Batman Begins yang disutradarai oleh Christian Nolan, Warner Bros sebenarnya telah berencana untuk menggarap Batman: Year One yang bakal disutradari oleh Daren Aranofsky. Film ini akan berfokus kepada kisah kehidupan Bruce Wayne setelah orangtuanya meninggal dunia. Mulai dari hidup menggelandang hingga dirinya mendapatkan kemampuan ilmu bela diri dan menjadi Batman.

Sayang, film ini kemudian dibatalkan pada tahun 2002 karena Warner Bros merasa cerita yang diajukan Daren Aranofsky terlalu dewasa dan banyak adegan kekerasan. Meski begitu, projek ini kembali dihidupkan dan menjadi cikal bakal cerita Batman Begins yang digarap Christopher Nolan dan Christian Bale sebagai pemeran Bruce Wayne.

2. Batman Beyond

Sayang Banget! 5 Film DC Universe Ini Batal Diproduksiscreenrant.com

Tidak bisa dipungkiri jika Batman adalah karakter paling sukses yang dimiliki oleh DC. Maka tak heran sosok Bruce Wayne tersebut sering diangkat ke layar lebar. Sebelum sukses dengan Batman versi Christopher Nolan, Batman Beyond sempat masuk rencana Warner Bros.

Mereka bahkan telah memilih Boaz Yakin sebagai sutradara dan Alan Burnett serta Paul Dini sebagai penulis naskahnya. Sayangnya ketika naskah tersebut selesai ditulis, Boaz merasa pesimis dengan kesuksesan film ini. Ia pun kemudian mundur dari proyek film ini. Warner Bros kemudian menunda film Batman Beyond hingga waktu yang tidak diketahui.

Batman Beyond sendiri berkisah tentang Bruce Wayne yang telah tua dan melatih seseorang untuk menjadi The New Batman. Meski gagal dibuat, fans masih berharap film ini bakal dirilis suatu hari nanti.

Baca Juga: 5 Aktor Ini Pernah Perankan Superhero DC & Marvel Sekaligus

3. Superman: Flyby

Sayang Banget! 5 Film DC Universe Ini Batal Diproduksiscreenrant.com

Superman: Flyby menjadi proyek ambisius DC yang paling disayangkan harus gagal diproduksi. Film ini direncanakan berkisah tentang asal usul Superman dengan segala hal yang baru dengan disutradari oleh Joseph McGinty dan naskahnya ditulis J.J Abrams. Sang sutradara bahkan telah menyiapkan casting pemain dengan nama-nama besar.

Jude Law, Henry Cavill dan Paul Walker merupakan kandidat pemeran Clark Kent, sedangkan untuk Luois Lane ada dua calon yaitu Scarlett Johansson dan Selma Blair. Hal yang paling mengejutkan adalah saat itu Robert Downey Jr bahkan telah resmi didapuk sebagai pemeran Lex Luthor.

Namun film ini harus dibatalkan karena budget film yang terlalu besar dan adanya ketidaksepahaman antara sang sutradara dengan Warner Bros.

4. Justice League: Mortal

Sayang Banget! 5 Film DC Universe Ini Batal Diproduksiscreenrant.com

Justice League sejatinya merupakan proyek film yang direncanakan rilis setelah Batman The Dark Night pada tahun 2009. Bertajuk Justice League: Mortal, Warner Bros telah menunjuk George Miller, sutradara Mad Max: Fury Road, sebagai pemegang kendali untuk film ini.

WB bahkan telah memilih para pemeran kumpulan superhero miliki DC ini di mana D. J. Cotrona sebagai Superman, Armie Hammer sebagai Batman, Megan Gale sebagai Wonder Woman, Adam Bridy sebagai The Flash, Hugh Keays-Byrne sebagai Martian Manhunter, Santiago Babrera sebagai Aquaman dan Common sebagai Green Lantern.

Sayangnya, lagi-lagi masalah budget menjadi penyebab film ini harus batal diproduksi. Tak hanya itu, Warner Bros pun meminta naskahnya diperbagus lagi. Namun hal itu justru membuat sang penulis naskah mundur dari proyek film ini.

Meski begitu Justice League sendiri rilis dengan karakter berbeda pada tahun 2017. Sayangnya, film tersebut dinilai tidak terlalu sukses.

5. Lobo

Sayang Banget! 5 Film DC Universe Ini Batal Diproduksiscreenrant.com

Pada tahun 2009, Warner Bros sebenarnya mulai memproduksi film DC berjudul Lobo, seorang alien yang pergi ke bumi untuk memburu seorang buronan monster. Guy Ritchie ditunjuk untuk menyutradarai film tersebut. Namun ia batal dan lebih memilih Sherlock Holmes: A Game of Shadows.

Bred Peyton kemudian dipilih untuk menjadi penerusnya dengan Dwayne Johnson sebagai pemeran utamanya. Namun keduanya kemudian mundur dari proyek ini pada tahun 2013. Peyton sempat mengungkapkan gagal dibuatnya film ini adalah kurangnya daya tarik sosok Lobo bagi pecinta superhero. Apalagi DC lebih fokus dengan karakter superhero yang lebih besar. 

Itulah lima film DC yang batal diproduksi ke layar lebar. Sayang banget ya? Mungkinkah di masa depan film ini kembali akan dihidupkan?

Baca Juga: 10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamu

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You