Comscore Tracker

5 Film Dokumenter Tentang Kultus Mengerikan yang Bikin Merinding

Ada yang lakukan bunuh diri massal

Dalam konteks kontemporer, sekte biasanya merupakan kelompok sosial yang bersatu karena memiliki tujuan, kepercayaan yang sama, namun melenceng dari nilai-nilai moral atau agama pada umumnya. Kelompok-kelompok ini sering kali dipimpin oleh satu pemimpin yang menggunakan teknik pencucian otak untuk memaksa para pengikutnya berpikir, bertindak, dan berperilaku sesuai dengan standar mereka.

Dalam beberapa kasus, pemujaan ini berubah menjadi kekerasan, dan bahkan mematikan. Hal kontroversial ini bisa kamu tonton lewat lima film dokumenter ini, yang berisi fakta-fakta mengejutkan hingga tampak tidak masuk akal. Apa saja? Yuk disimak!

1. The Vow (2020)  

https://www.youtube.com/embed/31rSR0w0z30

Dipimpin oleh pembuat film dokumenter pemenang penghargaan Jehane Noujaim dan Karim Amer, The Vow adalah seri HBO tentang NXIVM, sebuah perusahaan pemasaran multi-level dan grup pengembangan diri yang, pada kenyataannya, sebuah kultus. NXIVM menjadi berita utama pada tahun 2018 ketika pemimpinnya Keith Raniere dan beberapa orang kepercayaan terdekatnya didakwa dengan kejahatan seperti perdagangan seks, pemerasan, dan kerja paksa.

Docuseries ini berfokus pada sekelompok orang yang meninggalkan NXIVM ketika mereka menyadari ada sesuatu yang salah, dan mengikuti kisah para mantan anggota ini saat mereka berusaha mengungkap apa yang terjadi di balik layar. Dengan sangat rinci, The Vow mengungkap upaya selama puluhan tahun Raniere untuk memaksa dan memanipulasi semua orang di sekitarnya, terutama wanita.

2. Helter Skelter: An American Myth (2020)

https://www.youtube.com/embed/Xot1jts4zmI

Ini merupakan penceritaan ulang paling komprehensif dari perjalanan keluarga Manson, kultus hippie dan pembunuh massal. Diceritakan dalam enam episode, Helter Skelter menampilkan wawancara baru dengan mantan anggota keluarga dan jurnalis yang meliput pembunuhan brutal yang diperintahkan oleh Charles Manson pada tahun 1969, yang menyebabkan kematian aktris Sharon Tate dan empat temannya di Hollywood.

Manson merupakan seorang supremasi kulit putih, berharap dapat memicu perang ras melalui pembunuhan ini. Yakin bahwa dunia akan segera berakhir dengan kekerasan, Manson menggunakan statusnya sebagai "tuan" kelompok itu untuk memaksa mereka melakukan kejahatan keji.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter HBO Max Paling Menohok, Wajib Nonton!

3. Wild Wild Country (2017)  

https://www.youtube.com/embed/hBLS_OM6Puk

Dokumenter Netflix ini menyelami kultus hippie lainnya, yang dikenal Rajneesh movement, yang menggabungkan unsur-unsur Budha, Hindu, dan Tao. Dipimpin oleh seorang tokoh kontroversial bernama Bhagwan Shree Rajneesh, para pengikutnya berkumpul di sebuah kota kecil di pedesaan Oregon untuk memulai komunitasnya pada 1980-an: Rajneeshpuram.

Wild Wild Country merinci perang yang terjadi antara Rajneeshee (para pengikut Rajneesh) dan penduduk setempat, perang yang meningkat menjadi konfrontasi bersenjata, tuduhan keracunan, dan intervensi FBI. Dengan wawancara ekstensif dan rekaman arsipnya, dokumenter ini akan membuatmu geleng-geleng kepala.

4. Waco: The Rules Of Engagement (1997)  

https://www.youtube.com/embed/gCX9rUAqpyo

Dunia menyaksikan dengan ngeri ketika kompleks sebuah kultus keagamaan bernama Branch Davidian di Waco, Texas, terbakar habis setelah perselisihan 51 hari antara agen federal dan kelompok itu pada 1993 atas serangan seksual dan tuduhan senjata ilegal. Dianggap sebagai kultus agama, Branch Davidians dikendalikan oleh David Koresh ketika konfrontasi terjadi.

Sementara Koresh diyakini bertanggung jawab atas berbagai tindakan pelecehan terhadap wanita dan anak-anak, pemerintah AS menerima kritik atas penanganannya atas peristiwa di Waco,  yang mengakibatkan lebih dari 70 kematian anggota Branch Davidian. Waco: The Rules of Engagement menggali apa yang terjadi selama 51 hari yang menegangkan itu.

5. Jonestown: The Women Behind The Massacre (2018)  

https://www.youtube.com/embed/Fa7UckNeh7o

Ketika pengikut Jim Jones berpartisipasi dalam bunuh diri massal di sebuah komunitas baru di Guyana, Peoples Temple mengukuhkan dirinya sebagai salah satu sekte paling mematikan dalam sejarah. Pada tanggal 18 November 1978, 918 orang tewas, sebagian besar karena menelan koktail beracun.

Jonestown: The Women Behind The Massacre menggunakan pendekatan berbeda untuk menceritakan kisah sekte ini. Mereka membagikan kisah langsung dari wanita yang mengikuti Jones ke Guyana, banyak di antaranya pernah terlibat asmara dengannya.

Dokumenter selalu membuat penontonnya tertohok lewat fakta-fakta mengejutkan hingga mengerikan yang terungkap. Namun deretan kasus komunitas kultus di atas tak pernah terbayangkan di benak kita. Sebuah sisi lain dari manusia yang penuh misteri.

Baca Juga: 5 Dokumenter Perlindungan Hewan yang Menambah Wawasan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya