Comscore Tracker

5 Dokumenter Perlindungan Hewan yang Menambah Wawasan

Bikin kita lebih sayang pada binatang

Lingkungan merupakan isu yang sudah banyak digemborkan dewasa ini, terutama berkaitan dengan perlindungan hewan. Hal tersebut diakibatkan banyaknya kasus perburuan liar dan kerusakan lingkungan yang dapat menyebabkan punahnya spesies hewan tertentu. Apalagi seperti yang kita tahu bahwa meskipun telah ditetapkan sebagai satwa dilindungi, nyatanya tidak membuat perburuan pada hewan-hewan langka semakin menurun. 

Maka dari itu ada pula beberapa film dokumenter yang memberikan wawasan mengenai perlindungan dari hewan-hewan langka. Buat kalian yang penasaran, coba lihat daftar dan ulasannya berikut ini. 

1. Virunga (2014)

https://www.youtube.com/embed/wxXf2Vxj_EU

Virunga merupakan film dokumenter yang memberikan kisah tentang penjaga Taman Nasional Virunga, Republik Demokratik Kongo. Fokus dari kisah ini mengenai bagaimana para penjaga mempertahankan dan melindungi Taman Nasional Virunga ketika kerusuhan M23 pada tahun 2012. Bahwa taman nasional tersebut menjadi tempat perlindungan dari satwa Gorilla Gunung yang hampir punah. 

Film dokumenter ini sudah ditayangkan sejak tanggal 17 April 2014 dalam ajang Tribeca Film Festival dan ditayangkan di Netflix di seluruh dunia. Selain itu film ini juga masuk dalam nominasi Best Documentary Film dalam ajang Academy Awards. 

2. Mission Blue (2014)

https://www.youtube.com/embed/B1wp2MQCsfQ

Mission Blue merupakan tayangan dokumentar yang rilis tahun 2014. Kisah dari dokumenter ini mengani Dr. Earle yang berupaya dalam menjaga lautan dari bahaya polusi, penangkapan ikan berlebih dan perubahan iklim. Film berdurasi 95 menit ini sudah dirilis pada tanggal 15 Agustus 2014 dan mengambil setting di AS, Ekuador dan Bermuda. Selain itu film ini memenangkan Emmy Awards di tahun yang sama. 

3. Racing Extinction (2015)

https://www.youtube.com/embed/MwxyrLUdcss

Racing Extinction menjadi salah satu film dokumenter yang berkisah mengenai kepunahan berbagai macam binatang akibat ulah manusia. Yang mana berfokus pada masa ketika manusia telah menguasai Bumi dan memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan di Bumi. 

Film ini pertama kali tayang dalam acara Sundance Film Festival tahun 2015, dan masuk dalam nominasi Academy Awards atau Oscar di tahun 2015 dalam Best Original Song. 

Baca Juga: 5 Serial Dokumenter Netflix tentang Pembunuhan Sadis, Bikin Merinding!

4. The Ivory Game (2016)

https://www.youtube.com/embed/3GPEKKaSmZY

Berikutnya ada film The Ivory Game yang membahas mengenai fenomena maraknya perburuan dan perdagangan gading gajah di Afrika. Sementara dalam film ini mengulas dari sudut pandang pemerintah setempat dan pemerhati lingkungan yang berusaha memberantas pemburu gading serta pedagang gading asal Tiongkok. 

Dokumenter ini sudah ditayangkan sejak 2 September 2016 dalam ajang TIFF di tahun yang sama, serta sudah ditayangkan di Netflix sejak tanggal 4 November 2016. 

5. Chasing Coral (2017)

https://www.youtube.com/embed/b6fHA9R2cKI

Pada tahun berikutnya terdapat film Chasing Coral yang membeberkan fakta mengenai hilangnya koral dan terumbu karang, yang dilakukan oleh sekelompok penyelam, ilmuwan dan fotografer. Film yang disutradarai oleh Jeff Orlowski ini pertama kali tayang dalam ajang Sundance Film Festival tanggal 19 Januari 2017. Lalu ditayangkan di Netflix seluruh dunia pada bulan Juli 2017. 

Nah itu tadi beberapa film-film dokumenter yang mengulas mengenai perlindungan berbagai hewan dan lingkungan. Kira-kira mana nih film yang bikin kalian berkesan buat melindungi hewan?

Baca Juga: 5 Film Dokumenter Dampak Perubahan Iklim yang Bikin Kita Terkejut

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya