Comscore Tracker

5 Film Horor Bertema Western yang Bikin Merinding, Berani Nonton?

Alternatif buat kalian yang bosan dengan horor kontemporer

Horor merupakan genre paling digemari pencinta film di seluruh dunia sepanjang masa. Genre ini bahkan memiliki banyak sub-genre yang sangat variatif dan menyajikan kengerian yang unik. Dari sekian banyak, horor western dianggap sub-genre yang paling jarang.

Namun, tahun 1970-an tema ini mulai berkembang lewat film berkualitas tinggi seperti Westworld (1973) dan High Plains Drifter (1973), yang akan terus eksis selama empat dekade berikutnya. Subgenre ini telah menarik bakat sutradara seperti Clint Eastwood, Kathryn Bigelow, John Carpenter, dan banyak lagi. Nah, berikut ini adalah lima film horor western terseram yang gak boleh kamu lewatkan.

1. Pale Rider (1985)  

https://www.youtube.com/embed/SGzz3hh1jHc

Film ini dibintangi sekaligus disutradarai oleh Clint Eastwood, film ini mengisahkan sebuah kamp penambangan emas di kaki bukit California yang dikepung oleh perusahaan industri yang berniat mencuri klaim mereka. Seorang pengkhotbah (Clint Eastwood) datang ke kamp itu dan menggunakan semua kekuatan persuasinya untuk meyakinkan mereka  agar menghentikan serangannya terhadap para penambang.

Namun saat upaya itu tampaknnya tidak berhasil, sang pengkhotbah menggunakan serangkaian taktik yang menunjukkan roh supernatural jahatnya.

2. Dead Birds (2004)  

https://www.youtube.com/embed/FN8jOOdOAcY

Salah satu film horor western terbaik dalam dua dekade terakhir adalah Dead Birds, disutradarai oleh Alex Turner dari naskah yang ditulis oleh Simon Barrett. Film ini mengikuti kisah sebuah unit Prajurit Konfederasi kriminal dalam Perang Sipil yang mendapatkan jauh lebih banyak daripada yang mereka harapkan atas percobaan perampokan bank.

Namun begitu para kru membuat lubang di perkebunan yang dikutuk setelah upaya perampokan bank, mereka dibuntuti oleh makhluk supernatural mengerikan yang tidak diketahui asalnya.

Baca Juga: 10 Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata, Bikin Merinding! 

3. The Burrowers (2008)  

https://www.youtube.com/embed/PbZQf761XXY

The Burrowers diadaptasi dari film pendek yang berjudul Blood Red Earth. Menceritakan John Clay, seorang pelacak veteran yang memimpin misi untuk menemukan keluarga yang hilang. Bersetting Dakota tahun 1879, Clay dan anak buahnya ditugaskan untuk menemukan sebuah keluarga yang diduga telah diculik oleh suku Sioux.

Namun, spesies makhluk pemakan daging di bawah tanah yang dikenal sebagai Burrows dalam pengetahuan penduduk asli Amerika muncul untuk memburu seluruh kelompok tersebut.

4. Bone Tomahawk (2015)  

https://www.youtube.com/embed/0ZbwtHi-KSE

Bone Tomahawk karya S. Craig Zahler dianggap sebagai salah satu film horor western yang paling kejam dan mengerikan. Film ini dibintangi Kurt Russell sebagai Sheriff kota kecil yang membantu melawan ras kanibal bawah tanah Neanderthalic.

Ketika kanibalisme menguasai kota Bright Hope pada tahun 1890-an, Sheriff Hunt (Russell) mengumpulkan gengnya untuk membantu menyelamatkan seorang dokter lokal yang diculik. Hunt, Brooder (Matthew Fox), dan Chicory (Richard Jenkins) pergi ke wilayah asal musuh di mana mereka sangat terkejut karena lawan yang dihadapi adalah sekelompok orang biadab yang memakan daging manusia.

5. The Wind (2018)  

https://www.youtube.com/embed/eYb_0Bdsfno

The Wind merupakan debut sutradara Emma Tami tentang keberadaan wanita yang sulit dan berat di perbatasan Amerika pada akhir 1800-an. Ditulis oleh Teresa Sutherland, film ini mengikuti kisah Lizzy Macklin (Caitlin Gerard), seorang wanita yang yang terasing dan kesepian, kemudian mulai kehilangan akal sehatnya karena rasa paranoid akibat cabin fever.

Dengan berbagai teror yang menyiksanya di setiap kesempatan, Lizzy perlahan-lahan kehilangan pegangan psikologisnya pada kenyataan.

Untuk kalian pencinta horor yang bosan dengan sajian yang hanya mengandalkan jumped scare, lima film di atas bisa jadi rekomendasi alternatif. Tidak hanya menampilkan kengerian, horor western pun dibalut dengan plot cerita yang seru.

Baca Juga: Paling Ditunggu, 5 Sekuel Film Horror-Thriller Tayang 2021

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya