Comscore Tracker

6 Film Horor yang Terinspirasi dari Urban Legend, Bikin Merinding!

Hati-hati, penuh jumpscare!

Inspirasi sebuah film bisa didapatkan dari sumber apa saja. Bagi genre horor, salah satu inspirasi yang menyeramkan adalah cerita urban legend. Kisah yang telah turun-temurun dari generasi ke generasi menjadi jaminan teror saat diangkat ke layar lebar.

Cerita yang unik dan klasik, serta sosok yang mengerikan membuat versi filmnya bikin merinding untuk ditonton. Gak percaya? Ini 6 film horor berdasarkan cerita urban legend yang gak boleh kamu lewatkan.

1. Don’t Be Afraid Of The Dark 

https://www.youtube.com/embed/FSkjEmTS54Y

Berdasarkan naskah Guillermo del Toro, film ini mengambil mitos tentang peri gigi. Namun alih-alih lucu, bersayap dan memiliki tongkat sihir, De Toro justru menggambarkannya dengan sangat menyeramkan, bergigi tajam dan gemar memangsa korban manusia. 

Filmya sendiri bercerita seorang gadis muda yang dikirim untuk tinggal bersama ayahnya. Namun di rumah barunya tersebut ia percaya telah melepaskan makhluk-makhluk aneh dan mengerikan dari lubang abu tertutup di ruang bawah tanah.

2. Urban Legend 

https://www.youtube.com/embed/R4d1_D90BwU

Ini adalah film bertema slasher yang mengambil pendekatan lebih modern tentang urban legend di Eropa tahun 1940-an. Berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang mencurigai serangkaian kematian aneh dan terhubung dengan legenda urban tertentu.

Beberapa karakter urban legend yang dihadirkan dalam film ini adalah Bloody Marry, Hatchet-Man dan orang asing yang tiba-tiba muncul di dalam mobil. Penuh jumpscare, film ini bikin jantung penonton berdegup kencang.

3. The Mothman Prophecies 

https://www.youtube.com/embed/bXcpwJbXT7o

Diangkat dari novel dengan judul yang sama, The Mothman terinspirasi dari fenomena cryptozoological (keberadaan makhluk misterius) yang menjangkiti warga Point Pleasant, Virginia Barat. Sejak 1966, Mothman telah dianggap sebagai pertanda nasib buruk jauh sebelum film ini diangkat.

Seperti Bigfoot dan Jersey Devil, penampakan Mothman dianggap sebagai sebuah mitos di Amerika. Filmnya sendiri kisahkan seorang reporter yang melakukan investigasi terhadap sosok misterius tersebut.

Baca Juga: 5 Film Horor Terbaik yang Bakal Bikin Susah Tidur, Berani Nonton?

4. Krampus 

https://www.youtube.com/embed/h6cVyoMH4QE

Krampus adalah makhluk mitologis berbentuk iblis yang kerap muncul saat natal. Film ini sendiri berkisah tentang seorang anak yang secara tidak sengaja memanggil makhluk tersebut saat perayaan natal bersama keluarga. Acara yang harusnya berakhir bahagia pun justru menjadi  sebuah tragedi yang menyeramkan.

5. Scary Stories To Tell In The Dark 

https://www.youtube.com/embed/Vlya92LZqZw

Film ini diangkat berdasarkan sebuah buku dengan judul yang sama karangan Alvin Schwartz. Berlatar waktu Halloween 1968, kisahkan sekelompok remaja yang mengungkap sebuah buku catatan misterius. Menyeramkannya, cerita buku tersebut menjadi kenyataan dan menghidupkan karakter-karakter horor yang menjadi urban legend di masyarakat.

Saking mengerikannya, versi dari buku ini pernah dilarang penerbitannya pada tahun 1990. Filmnya yang dirlis pada tahun 2019 ini pun gak kalah seram, lho!

6. Sleepy Hollow

https://www.youtube.com/embed/6RsKwn_Je1k

Sleepy Hollow merupakan salah satu urban legend paling populer di Amerika Serikat tentang sosok manusia tanpa kepala mengendarai kuda yang kerap meneror warga. Filmnya kisahkan Ichabod Crane (Jhonny Depp), yang ditugaskan untuk melakukan investigasi pembunuhan yang memakan tiga orang korban.

Para korban tersebut memiliki kesamaan, kepala mereka terpenggal oleh sosok misterius. Dengan penggambaran hantu, penyihir, dan citra gothic, film ini semakin menyeramkan dengan gaya horor klasik.

Itulah enam film horor yang diangkat berdasarkan cerita urban legend. Gak hanya menyajikan teror dan kengerian, alur cerita yang disajikan pun sangat menarik. Berani nonton?

Baca Juga: 5 Film Horor Terseram Era 2000an yang Bikin Merinding, Sudah Nonton?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya