Comscore Tracker

Luar Biasa! 5 Film Ini Digarap Hanya Menggunakan Smartphone

Mulai dari Zack Snyder hingga Steven Soderbergh

Saat ini perkembangan smartphone semakin harinya semakin canggih saja. Salah satu feature yang wajib berkualitas tinggi adalah kamera dan itulah yang ditawarkan banyak perusahaan besar smartphone. Nyatanya hal ini juga menjadi salah satu perhatian beberapa sutradara dunia.

Dengan segala kreativitasnya, mereka tidak segan untuk melakukan shooting lewat kamera smartphone. Hebatnya, kualitas film yang disajikan tak kalah hebat dari umumnya. Berikut ini lima film yang digarap menggunakan smartphone.

1. Snow Steam Iron (2017)

https://www.youtube.com/embed/NELZCWcclI0

Dari direktur visioner Justice League, Man of Steel, dan 300,  Zack Snyder, film ini sepenuhnya diambil gambarnya dengan iPhone 7 plus. Berlatar di gang-gang New York City, film itu diberi judul Snow Steam Iron menggambarkan isi film, di mana salju yang turun di jalan-jalan New York, Steam menggambarkan kengerian yang terjadi di gang-gang itu dan Iron berarti keberanian untuk melawan korupsi.

2. Unsane (2018)

https://www.youtube.com/embed/u7KZrt_cHH0

Diambil dengan iPhone 7 Plus dan dirilis pada tahun 2018, Unsane menceritakan kisah karakter Sawyer Valentini (Claire Foy) yang dicap gila saat dia mencoba meyakinkan semua orang bahwa dia sedang dibuntuti oleh seorang pria yang mengikutinya ke rumah sakit jiwa tempat dia berada. Ini merupakan film smartphone pertama Steven Soderbergh dan luar biasa lewat setting  film yang dark.

Baca Juga: Langsung Merinding! Ini 10 Wisata Lokasi Syuting Film Horor di Dunia 

3. High Flying Bird (2019)

https://www.youtube.com/embed/0iL1K_l8Jyo

Diambil dengan iPhone 8, High Flying Bird dianggap sebagai salah satu film streaming terbaik dekade ini, dibintangi oleh Andre Holland, Zazie Beetz dan Melvin Gregg selama NBA lockout (larangan bermain/bekerja), di mana karakter Holland, Ray Burke memperkenalkan proposisi bisnis menarik yang menyebabkan kontroversi antara badan liga dan para pemain.

Film ini sendiri merupakan karya kedua Steven Soderbergh yang menggunakan smartphone untuk mengambil gambar..

4. Romance In NYC (2014)

https://www.youtube.com/embed/T9utEs6Ki4Q

Dishoot oleh Tristan Pope menggunakan iPhone 6, Romance In NYC menunjukkan kepada penonton pandangan intim tentang karakter utama yang dibintangi oleh Tristan Pope sendiri dan Rachael McOWen sebagai pasangan. 

Film ini adalah sudut pandang (PoV) tentang seorang pacar yang menikmati kehidupan sehari-hari di NYC, tetapi menangkap nuansa kecil yang romantis, bahkan dalam situasi yang paling biasa. Namun itu semua justru tampak luar biasa dan membuat penonton ikut merasakannya.

5. And Uneasy Lies The Mind (2014)

https://www.youtube.com/embed/a5_7l0B8Vnc

Film ini merupakan karya Ricky Fosheim yang merekamnya dengan iPhone 5. Film ini adalah drama thriller yang menceritakan kisah tentang bagaimana pikiran seorang pria terurai menjadi sosok mengerikan ketika teman-temannya mengunjunginya di rumah musim dinginnya yang terisolir.

Deretan film di atas membuktikan jika sebuah karya film bisa dibuat dengan cukup sederhana. Bahkan luar biasa saat diwarnai dengan alur cerita yang apik. Ini juga membuktikan kualitas para sutradara yang sangat kreatif karena mampu menyajikan tontonan yang tidak biasa bagi pecinta film. Apakah kamu tertarik mencoba membuat film dengan smartphone?

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting Live-action Film 'Mulan' yang Memukau, Bikin Takjub! 

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya