Comscore Tracker

5 Film Inspiratif tentang Perjuangan Kelas Sosial yang Bikin Menohok

Bikin peduli isu rasialisme dan kemiskinan #IDNTimesHype

Isu rasialisme dan perbedaan kelas sosial di muka bumi ini tampaknya selalu menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Dalam beberapa tahun terakhir isu ini bahkan semakin meruncing dan sempat membuat masyarakat dunia melakukan gerakan besar bersama melawan isu ini.

Dunia perfilman sendiri memberikan perhatiannya tersendiri dengan mengangkat isu ini ke layar lebar. Tujuannya tentu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dunia tentang bagaimana orang-orang harus berjuang melawan tindakan diskriminatif tersebut. Berikut ini adalah 5 film tentang isu kelas sosial yang gak boleh kamu lewatkan.

1. Les Miserables (2012)  

https://www.youtube.com/embed/NvzgxKHYFIc

Mungkin tidak ada film musikal yang lebih terkenal daripada Les Miserables, yang dibintangi oleh deretan aktor besar seperti Hugh Jackman, Russell Crowe, dan Anne Hathaway. Berlangsung di Prancis abad ke-19, film ini kisahkan seorang tahanan yang mencoba menciptakan kehidupan untuk dirinya sendiri di tengah kemiskinan dan diburu oleh penyelidik.

Dalam kisah tragis kemiskinan yang dikriminalisasi, kisah yang menghantui dan ikonik ini harus dilihat oleh semua orang yang ingin menonton film hebat tentang perjuangan kelas sosial.

2. The Purge (2013)

https://www.youtube.com/embed/K0LLaybEuzA

The Purge bukanlah film yang mendapat pujian kritikus, tetapi alur ceritanya yang mendebarkan dan benar-benar unik sangat menarik untuk ditonton. Film ini kisahkan masa periode 12 jam dalam setahun di mana semua kejahatan dilegalkan. Upacara tahunan ini sendiri merupakan sebuah undang-undang yang diciptakan oleh pemerintah dengan alasan demi menyeimbangkan masyarakat.

Terlepas dari sisi horor film ini, sebenarnya ini adalah kisah yang brilian tentang bagaimana pembersihan malam memengaruhi berbagai kelas sosial, di mana orang kaya selalu diuntungkan lewat hartanya. 

Baca Juga: 5 Film Bertema Anak Jenius yang Paling Inspiratif, Wajib Nonton!

3. The Florida Project (2017)

https://www.youtube.com/embed/WwQ-NH1rRT4

Tinggal di luar Disney World, film ini berkisah mengenai sebuah hotel (dengan Willem Dafoe sebagai manajer) di mana banyak orang tua dan individu tinggal tanpa tempat lain untuk dituju. Berpusat di sekitar seorang anak kecil dan ibunya yang masih muda dan kecanduan narkoba, film ini adalah kisah tragis dari siklus kemiskinan dan kecanduan.

Setiap keluarga memiliki cerita yang berbeda, dan meskipun mereka hidup sangat dekat dengan dunia magis Disney, terdapat perbedaan kelas kuat yang ditampilkan di The Florida Project, semuanya diceritakan melalui mata anak-anak yang polos.

4. Sorry to Bother You (2018)

https://www.youtube.com/embed/XthLQZWIshQ

Dibintangi LaKeith Stanfield, film ini kisahkan dirinya sebagai telemarketer, yang bekerja setiap hari, namun harus menghadapi perundungan rasialisme dan perbedaan kelas si miskin dan kaya.

Lewat kerja kerasnya dia kemudian menjadi "power caller" dan bagian dari dunia yang semuanya tentang kesuksesan dan kekayaan. Perjalanannya ke dunia baru yang berisi kelas sosial membuka mata, menyindir, sekaligus sangat menghibur bagi penonton. 

5. Roma (2018)  

https://www.youtube.com/embed/sKVYRtE-kXI

Film pemenang Oscar ini disutradarai oleh Alfonso Cuaron dan mengikuti kisah seorang pembantu, Cleo, di Meksiko, yang merupakan pengurus rumah tangga sebuah keluarga kulit putih yang kaya. Roma mengikuti ceritanya, dari hubungannya dengan anak-anak dan ambisinya hingga kehilangan yang dia alami.

Kesenjangan antara hidupnya dan rumah tangga tempat dia tinggal benar-benar memesona dan membuka mata. Disajikan dengan gaya hitam-putih, film ini justru semakin menambah pesona drama dan ironi di dalamnya.

 

Sikap diskriminasi apapun di dunia ini adalah tidak dibenarkan. Mereka yang kaya dan miskin, hitam dan putih layak mendapatkan perlakuan setara. Kita semua adalah manusia yang memiliki martabat setara.

Namun realitasnya isu ini memang masih terjadi di mana saja, bahkan di negara-negara maju sekalipun, dan hal ini tergambarkan lewat deretan film di atas.

Baca Juga: 5 Film Jadul Inspiratif tentang Mengatasi Rasa Kehilangan, Penuh Haru!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya