Comscore Tracker

7 Film Terbaik yang Diangkat dari Novel Best-Seller, Sudah Nonton?

Mulai dari kisah epik hingga mengharukan

Banyak ide besar dalam film berasal dari novel dan menginspirasi para sineas untuk membuat proyek sinematografi yang hebat. Sejak awal film, salah satu sumber utama inspirasi untuk cerita adalah sastra.

Hubungan dekat antara kedua seni tersebut dapat mengarah pada penciptaan proyek-proyek berkualitas tinggi, yang memungkinkan pecinta buku dan film memiliki lebih banyak pilihan untuk menikmati cerita favorit mereka. Berikut ini adalah tujuh film terbaik yang diangkat berdasarkan kisah dalam novel populer.

1. Like Water For Chocolate (1992) - 7.1

https://www.youtube.com/embed/vb2QJvmETL4

Baik novel maupun filmnya telah membuat sejarah. Novel yang ditulis oleh Laura Esquivel adalah salah satu novel terlaris dalam dua dekade terakhir. Sedangkan filmnya memegang rekor sebagai salah satu film asing terlaris di Amerika Serikat dan telah menjadi film klasik sinema Amerika Latin di seluruh dunia.

Like Water For Chocolate menceritakan seorang wanita bernama Tita yang dilarang menikahi pria yang dicintainya, Pedro dikarenakan tradisi keluarga, di mana anak bungsu diharuskan menjaga ibunya seumur hidup. Ironisnya, Pedro justru menikahi saudari sang kekasih demi terus dekat dengannya.

2. What's Eating Gilbert Grap (1993) - 7.3

https://www.youtube.com/embed/wpSGFets1oM

Berdasarkan novel dengan judul yang sama, film ini merupakan salah satu awal sinar akting Leonardo DiCaprio dan Johnny Depp. DiCaprio, yang memerankan seorang anak laki-laki cacat, menerima beberapa nominasi penghargaan utama untuk peran tersebut.

Lokasi film adalah kota Endora, tempat yang tenang, tetapi tidak begitu damai untuk Gilbert Grape (Jhonny Depp), yang bertanggung jawab atas keluarganya, yang terdiri dari dua saudara perempuan, seorang saudara laki-laki cacat dan ibu gemuk yang tidak sehat.

Potret keluarga yang menginspirasi sekaligus mengharukan dalam buku ini berhasil tercermin lewat film yang dinilai tak kalah sukses dari bukunya sendiri. 

3. Le Petit Prince (2015) - 7.7 

https://www.youtube.com/embed/fEPqgSNLfK8

Film ini didasarkan pada novel karya Antoine de Saint-Exupéry. Narasi dan kualitas visual sangat penting untuk adaptasi ini, karena jumlah penggemar di seluruh dunia yang telah membaca kisah tersebut dan menganggapnya sebagai ikon dan pilar dari literatur dunia.

Memiliki cerita paralel, film ini mengisahkan seorang gadis kecil yang tinggal di dunia yang sangat dewasa bersama ibunya, dan ia dipersiapkan untuk menghadapi kehidupan tersebut. Di sisi lain, tetangganya, sang Penerbang, memperkenalkan gadis itu ke dunia luar biasa di mana segala sesuatu mungkin terjadi, yang disebut dunia Pangeran Kecil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Sci-Fi yang Wajib Kamu Tonton di Netflix, Apa Saja?

4. Blade Runner (1982) - 8.1

https://www.youtube.com/embed/eogpIG53Cis

Film ini diangkat berdasarkan novel karya Philip K. Dick. Dibintangi Harrison Ford, film ini menjadi salah satu yang paling berpengaruh dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam genre Sci-Fi untuk plot kompleks dan pemandangan yang rumit.

Film ini bersetting abad ke-21, di mana sebuah perusahaan mengembangkan android untuk digunakan sebagai budak di koloni luar Bumi. Kemudian pada tahun 2019, seorang mantan Polisi disewa untuk memburu sekelompok buronan replika yang kabur ke bumi.

Film ini sangat futuristik padahal dirilis pada tahun 1982. Kesuksesan film ini pun membuat novel Philip K. Dick lainnya diangkat ke layar lebar dan televisi seperti The Man in the High Castle.

5. Room (2015) - 8.1

https://www.youtube.com/embed/E_Ci-pAL4eE

Diangkat berdasarkan novel karya Emma Donoghue, film ini mengungkap realitas sulit dari ibu dan anak yang terkurung dalam sebuah ruang kecil dan kehidupan selanjutnya yang harus mereka hadapi ketika mendapatkan kebebasan.

Kisah tersebut mencerminkan ketakutan dari sebuah penculikan, kecerdikan untuk bertahan hidup dalam kurungan, kegelisahan menghadapi dunia nyata, kesediaan untuk mempertaruhkan hidup dan cinta yang besar dari seorang ibu untuk anaknya.

Film ini melambungkan nama Brie Larson sebagai aktris top Hollywood dan diganjar sebagai Aktris Utama Terbaik Piala Oscar.

6. The Lord Of The Rings: The Two Towers (2002) - 8.7  

https://www.youtube.com/embed/LbfMDwc4azU

Novel The Lord Of The Rings karya J. R. R. Tolkien merupakan salah satu yang paling laris di seluruh dunia. Film kedua dari trilogi ini dianggap sebagai yang terbaik oleh penonton. Sutradara Peter Jackson menulis naskahnya, tetapi melakukan beberapa modifikasi untuk menghindari protes pembaca dan untuk memasukkan ide-ide dari para aktor.

Pada sekuel keduanya ini, melanjutkan kisah perjalanan Frodo dan Sam ke Mordor yang lebih kompleks dan berbahaya, di mana akan menghadirkan Saruman sebagai mush utama. Dengan cinematography dan kisah yang epik, film ini berhasil meraih dua Piala Oscar sebagai Best Sound Editing dan Best Visual Effect.

7. The Shawshank Redemption (1994) - 9.3

https://www.youtube.com/embed/6hB3S9bIaco

Film ini adalah kisah tentang harapan seorang pria tak bersalah yang dijatuhi hukuman penjara, berdasarkan novel pendek karya Stephen King. Menggambarkan bagaimana ia menghadapi sebuah pandangan hidup baru di dalam lingkungan yang lebih sulit.

Penuh inspirasi dan kisah yang sangat menyentuh, film ini mendapatkan kritikan dan respon penonton yang sanga baik. Bahkan mereka masuk dalam tujuh nominasi Piala Oscar.

Itulah tujuh film terbaik yang diangkat berdasarkan novel best-seller. Dengan latar cerita yang sangat menarik didukung visual yang menawan, cerita-cerita tersebut tampak lebih hidup lewat film. Sudah nonton?

Baca Juga: 9 Film Remaja Tahun 90an yang Gak Bikin Bosen Buat Ditonton Ulang

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya