Comscore Tracker

Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTS

#BTSComeback2020 Perjalanan 7 tahun karier mereka bertujuh~

Akhir pekan 21 Februari 2020 ini, ARMY seluruh dunia dibuat heboh dengan rilisnya video comeback BTS 'ON' Kinetic Manifesto Film : Come Prima. Setelah dinanti sejak akhir tahun 2019 lalu dan berkutat dengan segala teori mengenai lagu-lagu BTS, akhirnya rasa penasaran ARMY terjawab. Comeback yang ditunggu-tunggu pun tak pelak jadi momen yang secara besar-besaran dirayakan oleh ARMY, fans BTS.

Kembali dengan album bertajuk Map of the Soul: 7 yang merupakan seri dari album sebelumnya, Map of the Soul: Persona, BTS gak serta merta merilis album terbaru ini cuma buat unjuk gigi. Lebih daripada itu, MOTS: 7 menyimpan banyak cerita dan hal spesial yang gak heran kalau akhirnya album ini akan banyak mencetak rekor dunia.

Ini 7 hal spesial dari Map of the Soul: 7, album terbaru BTS yang sangat dinantikan oleh para ARMY.

1. Video perdana 'ON' Kinetic Manifesto Film : Come Prima raih rekor dalam 2 jam perilisan!

Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTSgiphy.com/btsofficial

Dirilis pada 21 Februari 2020 tepat pukul 16.00 WIB atau jam 6 sore waktu Korea Selatan, video 'ON' Kinetic Manifesto Film : Come Prima yang lagunya jadi main track dalam album ini berhasil cetak rekor akbar sepanjang sejarah. Hanya dalam kurun waktu 2 jam, video ini sudah meraih 5 juta views!

Ini baru video perdana. Nanti tanggal 28 Februari masih ada official Music Video yang dirilis. Apakah akan mencetak rekor yang lebih besar?

2. Rekor pre-order penjualan album terbesar dan tercepat tahun ini

Dilansir Forbes, beberapa jam sebelum resmi dirilis, Map of the Soul: 7 telah mencapai penjualan tercepat di tahun 2020. Berdasarkan data mutakhir, MOTS: 7 terjual sebanyak 4 juta kopi dalam global pre-orders, mengalahkan rekor album Taylor Swift, Lover yang kurang lebih saat itu terjual 1 juta kopi.

MOTS: 7 juga berhasil melebihi penjualan album BTS sebelumnya, Map of the Soul: Persona di Korea Selatan. Berdasarkan data Hanteo, album terbaru ini berhasil terjual sebanyak 2 juta kopi dalam kurun waktu 2 jam. Hal ini jadi penjualan album tercepat sepanjang sejarah Hanteo.

3. Tracklist terbanyak, album ini memuat lagu dengan beragam nuansa

Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTSibighit.com

Ada 20 lagu dalam album MOTS: 7 dan ini merupakan tracklist paling banyak dari semua albumnya BTS sepanjang karier mereka. Gak semuanya lagu baru, 5 di antara semua lagu di album ini adalah lagu lama khususnya dari album Map of the Soul: Persona. Sementara itu, 15 lagu lainnya adalah lagu baru yang punya beragam genre.

Tiga di antaranya sudah dirilis sebelum jadwal resmi, yakni lagu Interlude : Shadow yang dinyanyikan Suga, Black Swan dengan video musik khusus yang bekerja sama dengan MN Dance Company, serta Outro : Ego oleh J-Hope. Ketiganya punya nuansa musik yang berbeda-beda. Nah, begitu pula dengan keseluruhan lagu di album ini. Namun, jangan khawatir karena BTS menyajikan lagu-lagu yang menyenangkan, jadi gak akan bosan kamu dengerin semuanya!

Baca Juga: Tunjukkan Warna Musik Berbeda, Ini Lirik Lagu Terbaru BTS ON

4. Menggandeng puluhan musisi ternama dunia, MOTS: 7 layak jadi album berkelas!

Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTSTwitter.com/bts_bighit

Oke, album BTS sebelum-sebelumnya memang menggandeng musisi kelas dunia juga. Tapi, yang kali ini sangat berbeda dan spesial. Saat album ini rilis, BTS sudah menjadi boy group yang disegani sehingga banyak musisi dunia yang ingin berkolaborasi dengan mereka. Maka, kolaborasi kali ini tentunya amat spesial karena artis dunia membuat karya bersama artis dunia, pasti hasilnya pun gak mengecewakan.

Setidaknya ada lebih dari 20 musisi dunia yang turut berkontribusi dalam album Map of the Soul: 7. Di antaranya adalah Sia yang turut menyanyi di main track ON, Troye Sivan yang menggarap lagu Louder than Bomb, hingga DJ Swivel yang sebelumnya juga udah bekerja sama di lagu Euphoria-nya Jungkook.

5. Semua member kebagian menyanyikan lagu, baik solo maupun unit

Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTSTwitter.com/BigHitEnt

Yup! Seperti yang diharapkan para ARMY, di album ini semua member kebagian menyanyikan lagu khusus, baik yang solo maupun grup atau unit. Kita udah dengarkan lagu rap dari ketiga rap line BTS: RM, Suga, dan J-Hope. Nah, selanjutnya lagu lainnya gak melulu dinyanyikan mereka bertujuh. Seperti lagu Friends yang dinyanyikan oleh V dan Jimin saja, My Time oleh Jungkook, Filter oleh Jimin, dan vocal line pun menyanyikan lagu yang amat menyentuh di 0:00 (Zero O'clock).

Kamu sudah dengarkan semua lagunya? Yang mana, nih lagu favoritmu?

6. Gak sekadar comeback album, BTS juga menggelar proyek akbar dalam timeline rilis MOTS: 7

Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTSibighit.com

Comeback kali ini sangat amat berbeda dengan timeline proyek yang sangat panjang. Sejak Januari, BigHit Entertainment selaku agensi BTS sudah merilis perjalanan comeback Map of the Soul: 7 yang terbagi menjadi 4 fase. Gak melulu soal BTS, dalam rangka comeback ini mereka juga bikin proyek seni yang menggandeng beberapa seniman dunia dan merilis karya-karya mereka di 5 kota dan negara berbeda yang ebrtajuk CONNECT, BTS.

Proyek akbar yang melibatkan 22 seniman dari London (Inggris), Berlin (Jerman), Buenos Aires (Argentina), Seoul (Korea Selatan), dan New York (Amerika Serikat) ini dibuat dengan tujuan redefine hubungan antara seni dengan musik, seniman dengan audiens, hingga teori dengan praktik. Setiap seniman yang terlibat di sini memiliki filosofi masing-masing yang kemudian dipadukan dengan musik oleh BTS.

Semua karya seni tersebut ditampilkan di kota-kota terkait. Proyek seni ini seluruhnya dibiayai oleh BigHit Entertainment. Wah, dengan begitu, perjalanan rilis album baru BTS ini benar-benar spesial!

7. Lewat MOTS: 7, para member ingin membagikan cerita jatuh-bangun mereka sebagai idol

Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTSibighit.com

Berdasarkan rilis yang ditulis oleh BigHit Entertainment di laman resminya, Map of the Soul merupakan seri yang menunjukkan kejujuran dan perasaan dari para member BTS dalam menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. Kalau di seri pertama, Map of the Soul: Persona mereka menyanyikan lagu-lagu yang penuh nuansa ceria dan cinta, kalau di Map of the Soul: 7 ini lebih menunjukkan pada sisi Shadow mereka--sebagaimana disebutkan dalam teori Map of The Soul Carl Jung.

Dalam sebuah wawancara, leader BTS, RM, menyampaikan bahwa album ini sangat spesial karena di sini para member melihat diri mereka setelah 7 tahun debut dan berkarier di dunia musik. Mereka bertujuh sudah bersama-sama jatuh dan bangun selama tujuh tahun. Itulah yang menjadi salah satu latar belakang mengapa album ini diberi judul '7'.

Makna ini juga ditunjukkan BTS di akhir video 'ON' Kinetic Manifesto Film : Come Prima di mana mereka bertujuh saling berpelukan membelakangi kamera. Barangkali dari situ Jimin CS ingin menyampaikan bahwa BTS akan selamanya utuh tujuh.

Itulah 7 hal spesial dari album terbaru BTS Map of the Soul: 7. Apakah kamu udah mendengarkan lagu-lagunya?

Baca Juga: 10 Musisi yang Berkolaborasi dengan BTS di Album MOTS:7, Ada Sia!

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya