Comscore Tracker

10 Film Anime Studio Ghibli yang Bikin Takjub, Bertabur Makhluk Ajaib!

Ayo selami dunia imajinasi lewat film Studio Ghibli!

Studio Ghibli, sebuah studio animasi Jepang yang berdiri sejak tahun 1985 ini tak perlu lagi diragukan gaungnya. Ada banyak film animasi atau anime populer dari studio ini, sebut saja My Neighbor Totoro hingga Spirited Away

Film-film produksi mereka menggabungkan unsur proaktif, imajinatif, dan emosional. Tak heran film produksi studio ini bisa sangat dicintai penikmatnya di seluruh dunia. Nah, dari banyaknya film anime mereka, kira-kira mana yang paling bagus buat ditonton, ya? Berikut ini, 10 film anime Studio Ghibli yang sangat banget kamu lewatkan!

1. My Neighbor Totoro 

https://www.youtube.com/embed/92a7Hj0ijLs

Popularitas My Neighbor Totoro ini sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan, karakter si bulat dan besar Totoro sudah menjadi ciri khas Studio Ghibli. Film ini sendiri menceritakan sebuah keluarga kecil yang baru pindah ke sebuah desa.

Suatu hari Mei tak sengaja memasuki hutan dekat rumah mereka dan menemukan makhluk besar, Totoro. Sejak hari itu petualangan Mei, Satsuki, dan makhluk misterius Totoro dimulai. Sebuah film imajinatif dan heartwarming yang akan membuat kalian mendadak rindu suasana pedesaan yang tentram. 

2. Spirited Away  

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Chihiro dan keluarganya tidak sengaja terjebak di negeri antah berantah. Ayah dan Ibunya juga mendadak berubah menjadi babi karena menyantap makanan tanpa permisi. Dengan bantuan Haku, Chihiro berusaha keluar dari tempat itu dan menyelamatkan orangtuanya. 

Seperti film produksi Studio Ghibli lainnya, Spirited Away juga menghadirkan karakter-karakter imajinatif yang ajaib. Penonton akan diajak menjelajahi negeri ajaib itu bersama-sama. Film ini juga menyelipkan kebudayaan Jepang yang cukup kental sehingga kamu juga bisa banyak belajar dari sini.

3. Grave of the Fireflies 

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Seita dan Setsuko adalah kakak beradik yang sedang berjuang bertahan di tengah Perang Dunia II. Keduanya mengalami masa-masa yang cukup sulit dan hidup diliputi ketakutan setiap hari. 

Meski tak ada karakter ajaib, namun film ini wajib masuk ke daftarmu. Film ini menyajikan gambaran ketegangan dan kesedihan perang yang dalam. Kisah sedih tentang kakak beradik yang tak tahu apa-apa turut menjadi korban perang. Sebelum nonton, lebih baik siapkan tisu terlebih dahulu, ya.

4. Ponyo

https://www.youtube.com/embed/CsR3KVgBzSM

Ponyo berkisah tentang seorang gadis kecil berwujud ikan yang tinggal di lautan. Layaknya kisah Ariel dari kisah klasik Disney yang menginginkan wujud manusia karena jatuh cinta. Ponyo juga ingin berubah menjadi seorang gadis kecil karena ingin berteman dengan seorang anak lelaki bernama Sosuke.

Di antara film Studio Ghibli yang lain, Ponyo adalah salah satu film yang cocok ditonton bersama anak-anak. Jalan cerita yang ringan dipadukan dengan tingkah polos Ponyo dan Sosuke sangat pas dijadikan tontonan akhir pekan.  

5. Nausicaä of the Valley of the Wind  

https://www.youtube.com/embed/6zhLBe319KE

Film yang satu ini mengusung tema hubungan antara manusia dan alam. Film ini menceritakan tentang dunia di masa depan yang dipenuhi hutan beracun akibat perang yang dilakukan bangsa manusia. 

Akibat kerusakan alam, para serangga bermutasi menjadi mutan. Suatu hari, bangsa Tolmekian datang ke desa Nausika dan berencana membabat habis hutan untuk mengakhiri kekacauan yang terjadi. Poin utama film ini adalah perjuangan Nausika melindungi alam dan meyakinkan bangsa Tolmekian bahwa hal yang mereka lakukan salah.

Baca Juga: Karya Baru Studio Ghibli, Intip 5 Fakta Film Aya to Majo

6. Princess Mononoke

https://www.youtube.com/embed/4OiMOHRDs14

Film-film Studio Ghibli memang selalu menonjolkan perjuangan para tokoh perempuannya. Nah, dari semua film garapan Studio Gibli, Princess Mononoke adalah karya yang paling menekankan semangat feminisme. 

Film ini bercerita tentang Princess Mononoke, seorang gadis yang dibesarkan oleh serigala di dalam hutan. Dengan segala kekuatan, gadis itu berusaha melindungi hutan dari orang-orang yang berusaha menghancurkannya. Sebuah film dengan tema perjuangan perempuan dan alam yang wajib ditonton, bukan?

7. Whisper of the Heart

https://www.youtube.com/embed/0pVkiod6V0U

Kalau kamu bosan dengan film Studio Gibli yang kental dengan unsur imajinatif dan ingin menonton sesuatu yang berbau romantis, Whisper of the Heart merupakan pilihan tepat. Film ini menceritakan Shizuku anak 14 tahun pencinta buku yang jatuh cinta pada seorang yang sangat menyukai biola. 

Berkat pertemuannya dengan lelaki tersebut, Shizuku bisa menemukan mimpinya menjadi seorang penulis. Namun, demi mimpi keduanya, mereka harus terpisahkan oleh jarak untuk sementara. Sebuah kisah manis dari percintaan remaja dan perjuangan mengejar impian yang wajib kamu tonton.

8. Arrietty  

https://www.youtube.com/embed/9CtIXPhPo0g

Film ini diadaptasi dari novel klasik milik Mary Norton berjudul The Borrowers. Arrietty adalah seorang manusia kecil yang hidup menumpang di bawah rumah manusia. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Arrietty dan keluarganya diam-diam mengambil bahan makanan milik manusia. 

Lewat film ini, penonton diajak melihat dari sisi kehidupan makhluk kecil. Setiap hari, mereka berusaha bertahan hidup dari hewan yang selama ini dianggap enteng oleh manusia, seperti kecoak dan tikus. Apa kamu tertarik bertualang bersama si mungil Arrietty?

9. Howl's Moving Castle

https://www.youtube.com/embed/iwROgK94zcM

Apakah yang akan kamu lakukan jika suatu hari dikutuk menjadi nenek-nenek? Sophie, seorang gadis 18 tahun mendadak berubah menjadi perempuan tua. Untuk melepaskan kutukan itu, ia memutuskan untuk hidup di kastel bergerak milik Howl.

Inilah kisah perjuangan Sophie, Howl, dan kawan-kawan melepaskan kutukan yang ada pada diri mereka. Penasaran dengan akhir perjuangan Sophie? Yuk, langsung masukan Howl's Moving Castle dalam list tontonan kamu.

10. Kiki's Delivery Service

https://www.youtube.com/embed/4bG17OYs-GA

Kiki adalah seorang gadis penyihir yang sedang tumbuh menjadi remaja. Sebagai calon penyihir, Ia harus pergi merantau demi menemukan passion yang ada pada dirinya. Ditemani Jiji si kucing hitam dan sapu terbangnya, Kiki memulai jasa pengantaran barang.

Film ini cukup ringan dinikmati bersama keluarga di akhir pekan. Sosok Kiki yang pekerja keras dan senang bertualang bisa menjadi inspirasi para penontonnya, terutama remaja. Seperti Kiki, lakukanlah banyak hal yang bisa dilakukan selagi muda. 

Demikian rekomendasi film anime Studio Ghibli yang wajib kamu tonton. Setiap film, tentu saja memiliki daya tarik masing-masing. Apakah kamu sudah menentukan film anime Studio Ghibli yang akan ditonton?

Baca Juga: Cari Tontonan Animasi, 5 Film Studio Ghibli Ini Bisa Jadi Solusi 

Ghina Elok Faiqoh Photo Writer Ghina Elok Faiqoh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya