Comscore Tracker

5 Dokumenter Kuliner Indonesia, Ada Once Upon a Time in Chinatown

Nontonnya gak cuma bikin lapar, tapi bisa sambil belajar

Keberagaman kuliner di Indonesia sudah gak perlu ditanyakan lagi. Setiap daerah memiliki karakteristik rasa yang unik dan selalu menarik untuk diceritakan, misalnya lewat dokumenter.

Salah satu serial dokumenter baru saja rilis di Indonesia. Once Upon a Time in Chinatown akan mengajak para penontonnya semakin kenal dengan rasa yang ada dari Pecinan. Tidak hanya dokumenter ini, kamu juga bisa saksikan film dan serial penuh observasi rasa lainnya. Berikut beberapa tayangan yang bisa perkaya ilmu kamu tentang rasa.

1. Once Upon a Time in Chinatown

https://www.youtube.com/embed/mmHNzWMc3cc

Serial dokumenter ini berusaha mengulik keberagaman rasa yang hadir dari Pecinan. Pengaruh budaya dan perpaduaan kultur membuat setiap rasa hadir menyesuaikan tempat berpijak. Hal itu yang berusaha ditangkap oleh dokumenter ini. Once Upon a Time in Chinatown akan eksklusif tayang di Vision+, sebuah layanan OTT baru dari Indonesia.

2. Street Food: Asia

https://www.youtube.com/embed/eI_LjETc_Ak

Serial dokumenter Netflix ini membahas banyak seluk beluk jajanan pasar dari berbagai daerah, termasuk Indonesia. Netflix menyoroti keunikan makanan tradisional Yogyakarta dan proses santapan tersebut bisa tetap bertahan hingga saat ini. Selain bisa mengetahui budaya jajanan daerah di Indonesia, penonton juga bisa memahami kondisi di negara Asia lainnya.

Baca Juga: 5 Street Food Hits di Jogja, Jadi Buruan Warga, nih!

3. Jejak Si Gundul

https://www.youtube.com/embed/xwyjyU5pts0

Perjalanan Heru Gundul membawa penontonnya melihat kondisi hidup terutama cara masyarakat setempat menghadirkan hidangan santap bersama. Program yang tayang di Trans7 ini dikemas dengan narasi yang menarik oleh Heru, seakan-akan bentuk dari narasi jurnal perjalanannya.

4. Food Story

https://www.youtube.com/embed/S8xd1hhG5FM

Program yang hadir di Kompas TV ini membawa penonton berkeliling Indonesia melihat keragaman kuliner yang ada. Benu Buloe membawa kamu mencari tahu santapan unik dari setiap daerah. Program santap ini lengkap dengan edukasi menu dan rasa yang hadir ke lidah setiap penyantapnya.

5. Coffee Story

5 Dokumenter Kuliner Indonesia, Ada Once Upon a Time in Chinatowncuplikan program Coffee Story di Kompas TV (dok. Kompas TV)

Coffee Story mengangkat kisah perjalanan Adi Taroepratjeka berkeliling Indonesia untuk mengeksplorasi kopi. Program ini tayang di Kompas TV sejak 2011. Perjalanan ini membawa Adi melihat keberagaman kopi dalam negeri beserta masalah yang ada pada tiap daerah.

Itu tadi beberapa tayangan tentang observasi rasa di Indonesia. Apakah kamu menjadi semakin terpanggil untuk memulai wisata kuliner?

Baca Juga: 5 Pesan dari Diskusi Film Dokumenter Sundance

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya