Comscore Tracker

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Barat

Mulai dari thriller hingga yang bertema hukum

Drama Korea Selatan seringnya merupakan adaptasi dari berbagai karya seperti webtoon, novel, film, bahkan cerita rakyat setempat. Namun, gak jarang juga drama Korea mengadaptasi drama atau serial dari negara lain.

Contohnya saja drama Boys Before Flowers yang sangat populer pada zamannya ternyata merupakan remake dari drama Jepang. Di bawah ini terdapat ulasan mengenai drama-drama Korea Selatan yang diadaptasi atau merupakan remake dari serial Barat. Ingin tahu apa saja? Mari kita simak.

1. Criminal Minds

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Barattwitter.com/farahbtrsya

Criminal Minds yang merupakan drama tvN yang tayang sejak Juli hingga September 2017 ini diadaptasi dari serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Versi asli 'Criminal Minds' sendiri terdiri dari 14 musim dengan kisaran 15 hingga 24 episode per musimnya, berbeda dengan versi Korea yang hanya memiliki 1 musim dengan 20 episode.

Terdapat 6 pemeran utama di drama ini, Lee Joon Gi memerankan tokoh Derek Morgan versi Korea dengan nama Kim Hyun Joon. Sedangkan Son Hyun Joo sebagai Kang Ki Hyung (bernama Aaron Hotchner di versi asli), Moon Chae Won sebagai Ha Sun Woo (bernama Emily Prentiss di versi asli), Yoo Sun sebagai Nana Hwang (bernama Penelope Garcia di versi asli), Lee Sun Bin sebagai Yoo Min Young (bernama Jennifer 'JJ' Jareau di versi asli) serta Go Yoon sebagai Lee Han (bernama Spencer Reid Ph.D di versi asli).

Selain di Korea Selatan, drama ini juga tayang di Vietnam melalui saluran VTC5 tvBlue dan Malaysia di saluran 8TV dan juga di negara-negara Asia Tenggara lainnya melalui saluran tvN Asia.

2. Entourage

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Baratdramapanda.com

Entourage tayang di saluran tvN sejak November hingga Desember 2016. Sama dengan 'Criminal Minds', drama ini juga berdasarkan serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Versi asli 'Entourage' terdiri dari 8 musim dengan kisaran 8 hingga 20 episode per musimnya, sedangkan versi Koreanya terdiri dari 1 musim dengan total 16 episode.

Dibintangi oleh Cho Jin Woong, Seo Kang Joon, Lee Kwang Soo, Park Jung Min dan Lee Dong Hwi, Entourage bercerita tentang drama kehidupan di dunia hiburan dan mengusung genre 'black comedy'. Sama dengan versi aslinya, drama ini juga banyak sekali menghadirkan cameo dari beberapa artis, mulai dari penyanyi, pemain film, hingga komedian.

Drama ini tayang di Hong Kong, Singapura, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, Kamboja, Myanmar, dan Australia melalui saluran tvN Asia. Sedangkan di Cina, drama ini tayang secara online di Tencent Video, dan tayang di Jepang melalui saluran Mnet.

Baca Juga: 7 Fakta 'Touch Your Heart', KDrama Reuni Lee Dong Wook dan Yoo In Na

3. Family Secrets

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Baratasianwiki.com

Drama tvN berjudul Family Secret ini tayang sejak Oktober 2014 hingga April 2015. Family Secret merupakan drama yang diadaptasi dari serial Chili berjudul '¿Dónde está Elisa?'. Versi aslinya terdiri dari 112 episode, sedangkan versi Koreanya terdiri dari 103 episode. Selain Korea Selatan, negara lain seperti Amerika Serikat, Turki, Indonesia, Filipina, dan India juga pernah membuat ulang serial '¿Dónde está Elisa?' ini.

Drama Family Secret yang dibintangi oleh Shin Eun Kyung, Kim Seung Soo, Cha Hwa Yeon, dan Ryu Tae Joon ini mengusung genre thriller dan misteri. Sama dengan versi aslinya dengan menceritakan hilangnya tokoh yang diperankan oleh Ryu Hyo Yeong yang merupakan anak dari Shin Eun Kyung sesaat sebelum acara pertunangannya dan akhirnya mengungkapkan rahasia dari keluarga besar mereka.

4. Less Than Evil

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Barattwitter.com/newsculture1

Saluran MBC membuat ulang serial Inggris berjudul 'Luther' dengan judul yang berbeda yaitu 'Less Than Evil'. Drama ini tayang sejak Desember 2018 hingga Januari 2019 dengan total 32 episode. Sedangkan serial 'Luther' sendiri terdiri dari 5 musim dengan total 50 episode.

Selain dibintangi oleh aktor kawakan Shin Ha Kyun sebagai Woo Tae Suk yang merupakan John Luther versi Korea (di versi aslinya karakter ini diperankan oleh Idris Elba), drama ini juga dibintangi oleh aktris rookie yaitu Lee Seol yang dipilih setelah penyeleksian 300 orang yang mengikuti audisi untuk perannya.

Drama ini berhasil masuk ke dalam 8 nominasi di ajang penghargaan MBC Drama Awards pada tahun 2018 dan memenangkan setengah pialanya termasuk nominasi 'Best New Actress' yang dimenangkan oleh Lee Seol.

5. Life on Mars

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Baratkoreandrama.org

Life on Mars diadaptasi dari serial Inggris dengan judul yang sama. Drama ini tayang di saluran OCN sejak Juni hingga Agustus 2018. Versi asli 'Life on Mars' terdiri dari 2 musim dengan 8 episode di setiap musimnya sehingga total episode yang ada sebanyak 16, sama dengan versi Korea dengan 1 musim dan 16 episode.

Drama ini dibintangi oleh Jung Kyung Ho, Park Sung Woong, Go Ah Sung, Oh Dae Hwan dan Noh Jong Hyun. Drama ini masuk ke 3 nominasi di 2 ajang penghargaan yaitu APAN Star Awards yang ke-6 dan The Seoul Awards yang ke-2 dan Go Ah Sung berhasil memenangkan nominasi 'Excellence Award, Actress in a Miniseries'.

6. Mistress

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Baratpost.naver.com

Satu lagi drama OCN yang mengadaptasi serial Inggris dengan judul yang sama, yaitu Mistress. Drama ini tayang sejak April hingga Juni 2018. Berbeda dengan versi aslinya yang terdiri dari 3 musim dan total 16 episode, versi Korea ini hanya terdiri dari 1 musim dan total 12 episode.

Drama ini dibintangi oleh Han Ga In, Shin Hyun Bin, Choi Hee Seo dan Goo Jae Yee dan mengisahkan cerita 4 wanita di usia 30an dengan hubungan masing-masing mereka yang rumit.

7. Suits

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Barattwitter.com/kaphs1116na

Suits adalah drama hukum yang diadaptasi dari serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Drama ini tayang sejak April hingga Juni 2018 di saluran KBS2. Versi aslinya yang tayang sejak tahun 2011 terdiri dari 8 musim dan total 124 episode dengan kisaran 12 hingga 16 episode per musimnya. Versi Koreanya sendiri terdiri dari 1 musim dan 16 episode.

Dibintangi oleh Park Hyung Sik atau yang dikenal juga sebagai Hyungsik 'ZE:A' dan Jang Dong Gun, drama Suits kemudian menjadi 'comeback' dari aktor Jang Dong Gun ke layar kaca setelah 6 tahun.

Drama yang juga tayang di Malaysia melalui saluran 8TV ini masuk ke 11 nominasi di 4 ajang penghargaan berbeda yaitu Korea Drama Awards yang ke-11, APAN Star Awards ke-6, The Seoul Awards ke-2, dan KBS Drama Awards pada tahun 2018 dan berhasil memenangkan 3 piala yang masing-masing diterima oleh Jang Dong Gun, Park Hyung Sik, dan Chae Jung An.

8. The Good Wife

8 Drama Korea Ini Ternyata Adaptasi dari Serial Barattwitter.com/cjndrama

Drama berjudul The Good Wife ini adalah drama yang diadaptasi dari serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Drama ini tayang di tvN sejak Juli hingga Agustus 2016 dengan total 16 episode, berbeda dengan versi aslinya yang terdiri dari 7 musim dan total 156 episode dengan kisaran 22-23 episode di setiap musimnya.

Drama hukum ini dibintangi oleh Jeon Do Yeon, Yoo Ji Tae, Yoon Kye Sang, dan Nana 'After School'. The Good Wife masuk ke 4 nominasi di 5 ajang penghargaan berbeda yaitu APAN Star Awards ke-5, Korea Drama Awards ke-9, Asia Artist Awards yang pertama, Baeksang Arts Awards ke-59, dan Cable TV Broadcasting Awards ke-11 dan berhasil membawa pulang 2 piala yang masing-masing diterima oleh Yoo Ji Tae dan Nana 'After School'.

Itulah 8 drama Korea yang diadaptasi dari serial Barat, yaitu dari Amerika Serikat, Inggris, hingga Chili. Kamu sudah pernah nonton yang mana?

Baca Juga: 8 Drakor Sageuk Romantis yang Ternyata Diadaptasi dari Novel

Habibah Abdaliah Photo Community Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You