Comscore Tracker

Tetap Semangat, 5 Artis yang Kuliah S2 di Tengah Pandemik Corona

Ada Maudy Ayunda hingga Mikha Tambayong #HypeIDN

Tak semua orang bisa atau ingin menempuh pendidikan hingga jenjang S2. Beberapa artis ini termasuk beruntung. Punya biaya dan semangat belajar yang tinggi, mereka diketahui sedang mengambil kuliah S2.

Kuliah di tengah pandemik virus corona menjadi tantangan tersendiri bagi para artis yang berusaha mendapatkan gelar master. Siapa saja mereka?

1. Maudy Ayunda

Tetap Semangat, 5 Artis yang Kuliah S2 di Tengah Pandemik Coronainstagram.com/maudyayunda

Sudah jadi aktris, bintang iklan, dan penyanyi ternama, Maudy Ayunda tetap bersemangat untuk menempuh pendidikan tinggi. Maudy saat ini tengah kuliah S2 di Stanford University, Amerika Serikat. Ia mengambil dua jurusan sekaligus, yaitu Bisnis dan Pendidikan, lho.

Kondisi pandemik membuatnya harus beradaptasi dengan kuliah secara virtual. Sebelumnya, pada 2016, Maudy telah menyelesaikan kuliah S1 di Oxford University jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics).

2. Chand Kelvin

Tetap Semangat, 5 Artis yang Kuliah S2 di Tengah Pandemik Coronainstagram.com/chand_kelvin

Aktor Chand Kelvin menempuh pendidikan S2 jurusan Ilmu Bisnis di Universiti Putra Malaysia. Jika bukan karena pandemik corona, ia seharusnya mengikuti bimbingan tesis dan diwisuda tahun ini.

Chand Kelvin kini berada di Indonesia. Selain mengembangkan kanal YouTube, ia juga muncul di sinetron Amanah Wali 4. Semoga Chand bisa segera menyelesaikan kuliahnya yang tertunda, ya!

Baca Juga: Semangat Lanjutkan Pendidikan, 10 Artis Lulus Kuliah Setelah Menikah

3. Mikha Tambayong

Tetap Semangat, 5 Artis yang Kuliah S2 di Tengah Pandemik Coronainstagram.com/miktambayong

Beberapa waktu yang lalu, Mikha Tambayong mengumumkan bahwa dirinya diterima untuk studi master di Harvard University, Amerika Serikat. Ia mengambil jurusan Manajemen yang jauh berbeda dengan gelarnya sebagai Sarjana Hukum dari Universitas Pelita Harapan.

Menjalani perkuliahan secara daring, Mikha mencoba membagi waktunya untuk terus berkarya. Selain merilis lagu dan menjadi model, Mikha juga mendirikan konsultan hukum dan bisnis Sisters & Co. Advocacy.

4. Ayu Dewi

Tetap Semangat, 5 Artis yang Kuliah S2 di Tengah Pandemik Coronainstagram.com/mrsayudewi

Sudah menikah dan punya anak tiga, Ayu Dewi memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S2. Melalui akun Instagram, Ayu mengungkap rasa syukurnya karena bisa membiayai sendiri pendidikannya dari SMA kelas 3. Program yang ia pilih adalah Strategic Management di Binus Business School.

Banyak yang mempertanyakan keputusan Ayu untuk kuliah S2. Ia pun menjelaskan alasannya. "Manusia kan emang gak ada puasnya ya? Tapi alangkah baiknya, kalo ketidakpuasan itu diarahin ke hal yang bermanfaat, gak cuma buat diri sendiri tapi juga buat orang banyak. Dan juga, semoga bisa jadi point plus buat orang tua di hadapan-Nya, karena punya anak yang berilmu," tulis presenter berusia 36 tahun itu.

5. RM, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jin BTS

Tetap Semangat, 5 Artis yang Kuliah S2 di Tengah Pandemik Coronainstagram.com/bts.bighitofficial

Pada Juli 2020, tersiar kabar bahwa kelima anggota boy band BTS, yaitu RM, Suga, J-Hope, Jimin, dan V terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu universitas virtual di Korea Selatan, yaitu Hanyang Cyber University. Mereka mengejar gelar MBA di bidang Periklanan dan Media.

Sebelumnya, pada 2017, Jin BTS sudah lebih dulu mendaftar di universitas pascasarjana tersebut. Sementara maknae BTS, Jungkook, masih menempuh pendidikan S1 di Global Cyber University. Big Hit Entertainment selaku agensi BTS menjelaskan bahwa pelantun "Dynamite" itu masuk ke universitas karena tertarik untuk belajar, bukan untuk menghindari wajib militer.

Salut dengan mereka yang mementingkan pendidikan meski sudah sukses dan terkenal. Buat kamu yang masih sekolah atau kuliah di tengah pandemik ini, tetap semangat, ya!

Baca Juga: 12 Potret Hangat RM BTS Saat Bersama Maknae Line BTS, Hyung Panutan!

Hilda T Photo Verified Writer Hilda T

No matter how hard life is, you are your own architecture

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya