7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi Anime

Film-film Jepang yang membawa pesan mendalam bagi penonton

Jepang adalah salah satu negara yang industri perfilmannya cukup maju. Masa keemasan perfilman Jepang terjadi di masa lampau, ketika film-film samurai mempengaruhi industri Hollywood. Selain itu, Jepang juga jago dalam membuat film anime yang bahkan pernah menembus Academy Awards.

Dari sekian banyak film Jepang yang sudah ada saat ini, Internet Movie Database (IMDb) punya daftar terbaiknya berdasarkan rating dari pengguna. Film-film Jepang tersebut didominasi oleh judul-judul klasik dan juga film anime. Nah, ketujuh judul berikut ini dapat dianggap sebagai film Jepang terbaik sepanjang masa pilihan para pengguna IMDb. Apa saja? Yuk, kita kupas satu per satu!

1. Seven Samurai (1954) IMDb rating 8.6

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi Animecuplikan film Seven Samurai (dok. Toho/Seven Samurai)

Seven Samurai merupakan film yang memiliki dampak sangat besar dalam sejarah industri sinema. Mahakarya Akira Kurosawa ini menjadi pionir dalam membentuk berbagai elemen cerita yang konsepnya terus dipakai sineas hingga saat ini. Seven Samurai mengisahkan tujuh samurai tak saling kenal yang harus bekerja sama setelah disewa oleh petani desa untuk mengusir para bandit jahat. Seven Samurai pernah di-remake oleh Hollywood dengan judul The Magnificent Seven (1960). 

2. Spirited Away (2001) IMDb rating 8.6

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi Animecuplikan film Spirited Away (2001) (dok. Studio Ghibli/Spirited Away)

Spirited Away adalah satu-satunya film animasi Asia yang pernah mendapatkan penghargaan Film Animasi Terbaik di ajang Academy Awards. Spirited Away juga menjadi ikon dan salah satu karya tersukses dari Studio Ghibli.

Film yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini berkisah tentang seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro yang terjebak di dunia arwah setelah dia dan kedua orangtuanya menemukan tempat misterius saat perjalanan pindah rumah. Chihiro harus mencari cara untuk keluar dan memusnahkan kutukan yang menimpa orangtuanya.

3. Harakiri (1962) IMDb rating 8.6

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi AnimeHarakiri (1962) (dok. Sochiku/Harakiri)

Harakiri adalah sebuah film drama samurai karya Masaki Kobayashi. Film ini mendapatkan pujian luas para kritikus film dari berbagai generasi karena kualitas ceritanya yang luar biasa.

Harakiri mengisahkan seorang samurai tanpa tuan yang meminta lahan untuk melakukan harakiri pada salah satu klan di zaman Edo, dengan harapan dia akan ditolak dan diberi uang. Namun, permintaan itu malah diterima dan dia wajib melakukan harakiri. Film ini mampu menampar dan mengkritisi budaya feodal Jepang di masa lalu yang tidak manusiawi dan dianggap terlalu kaku. 

Baca Juga: 10 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Menang Oscar! 

4. Grave of Fireflies (1988) IMDb rating 8.5

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi AnimeGrave of Fireflies (1988) (dok. Studio Ghibli/Grave of Fireflies)

Grave of Fireflies mungkin adalah satu-satu film Studio Ghibli yang bernuansa muram dan sedih dari awal sampai akhir. Disutradarai oleh Isao Takahata, film ini mengisahkan dua kakak beradik yang mencoba bertahan hidup di tengah kerasnya perang dunia kedua di Jepang. Film ini ingin mencoba menyadarkan penontonnya jika perang memang tidak akan membawa manfaat apa-apa, bahkan hanya akan mendatangkan kehancuran. 

5. Your Name (2016) IMDb rating 8.4

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi AnimeYour Name (2016) (dok. CoMix Wave Films/Your Name)

Film arahan sutradara Makoto Shinkai ini sempat menghebohkan para pecinta anime ketika dirilis pada 2016. Bukan hanya kualitas visualnya yang memanjakan mata, Your Name juga punya cerita original yang mampu meluluhkan emosi para penontonnya.

Film ini mengisahkan sepasang remaja bernama Mitsuha dan Taki yang tiba-tiba bertukar tubuh ketika bangun dari tidur. Alasan bertukarnya tubuh mereka adalah karena ada maksud dan tujuan yang harus dilakukan untuk sesuatu yang lebih berharga. 

6. High and Low (1963) IMDb rating 8.4

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi AnimeHigh and Low (1963) (dok. Toho/High and Low)

Akira Kurosawa tak cuma jago dalam membuat film samurai, tapi juga film drama yang menguras emosi. Cerita film ini berfokus pada seorang eksekutif yang menghadapi konflik moral setelah anaknya diculik. Ketika ternyata anak yang diculik bukan anaknya, dia dihadapkan pada pilihan sulit antara uang dan keadilan. Film ini mengeksplorasi ketidaksetaraan sosial dan pertentangan moral dengan gaya narasi yang kompleks dari seorang Akira Kurosawa. 

7. Princess Mononoke (1997) IMDb rating 8.3

7 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb, Didominasi Animecuplikan Princess Mononoke (1997) (dok. Studio Ghibli/ Princess Mononoke)

Merupakan film Studio Ghibli ketiga dalam daftar ini. Princess Mononoke mengisahkan petualangan pemuda bernama Ashitaka, yang terinfeksi kutukan setelah melawan makhluk raksasa. Ashitaka kemudian mencari penyebab konflik antara manusia dan alam setelah bertemu dengan Princess Mononoke yang memiliki ikatan kuat dengan hutan dan makhluk roh. Melalui film ini, Hayao Miyazaki sebagai sutradara berusaha menyampaikan pesan berupa kritik perilaku manusia yang mencemarkan lingkungan, dan juga konflik manusia dengan alam.

Jika kita cermati ketujuh film di atas, hampir semuanya mengandung pesan dan kritik yang dapat menggugah perasaan penontonnya. Tak heran mereka dinobatkan sebagai film Jepang terbaik sepanjang masa oleh para pengguna IMDb. Apakah kamu pernah menonton salah satunya?

Baca Juga: 15 Film Jepang Terbaik 2023 Terlengkap, Ada Romance hingga Thriller

Hilman Azis Photo Verified Writer Hilman Azis

Seorang penulis yang menyukai berbagai hal termasuk budaya populer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya