Comscore Tracker

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings Playbook

Dijamin bisa bikin senyum sampai banjir air mata

Silver Linings Playbook adalah film yang disutradai oleh David O. Russel pada tahun 2012. Film yang dibuat berdasarkan novel berjudul sama karya ini dibintangi oleh Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence.

Film ini menceritakan tentang Pat (Bradley Cooper), seorang mantan guru SMA yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa. Pat berusaha untuk memulai kembali hidupnya dan berniat memperbaiki hubungannya dengan mantan istrinya. Di saat ia menjalani kehidupannya tersebut, Pat bertemu dengan Tiffany (Jennifer Lawrence), perempuan yang mengalami depresi akibat suaminya yang meninggal dunia. Pat tidak menyangka pertemuannya dengan Tiffany akan mengubah hidupnya secara drastis.

Berkat alur ceritanya yang rumit, lucu, dan menyayat hati, serta performa akting para aktor dan aktrisnya, Silver Linings Playbook berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi seperti Oscar, Golden Globes, dan BAFTA, dan masih banyak lagi. Film romance comedy berikut ini punya 7 pesan yang mungkin bisa memberimu inspirasi lho.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jangan mudah menilai orang

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings PlaybookIMDB.com

Ketika pertama kali bertemu dengan Tiffany, Pat mengira ia adalah perempuan aneh dan gila. Tiffany pun melakukan hal yang sama, ia menilai Pat adalah pria yang aneh karena memakai jersey sepak bola ketika diundang makan malam.

Kita sebagai manusia seringkali mudah menilai seseorang saat pertama kali bertemu, bahkan sebelum bertemu yang biasanya berdasarkan pandangan dan perkataan orang lain. Padahal, penilaian saat pertama kali bertemu itu seringkali salah dan gak tepat.

2. Perkataan bisa menyakiti perasaan

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings PlaybookIMDB.com

Setelah diikuti terus-menerus setiap pagi, Pat akhirnya mengajak Tiffany untuk makan malam bersama di sebuah restoran. Mereka pun mengobrol dan saling mengulik lebih dalam satu sama lain. Tapi, Pat malah mengatakan hal yang menyakiti Tiffany.

Perkataan yang kita ucapkan mungkin terdengar sepele dan tak berarti dalam. Tapi, perkataan tanpa pemikiran terlebih dahulu bisa menyakiti perasaan orang lain lho. Mungkin sebenarnya, memang tak ada niatan untuk melontarkan kata-kata yang menyakiti, namun setiap orang punya hati yang artinya juga punya perasaan. Yuk, mulai sekarang berpikir dulu sebelum berbicara.

3. Gak semua orang terdekat kita punya pengaruh yang baik

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings PlaybookIMDB.com

Di saat Pat sedang memulai hidupnya lagi, ia seringkali berbeda pendapat dengan sang Ayah dan sahabatnya, Ronnie. Ayah Patt dan Ronnie mengatakan pada Pat untuk tidak dekat-dekat pada Tiffany karena ia bukan perempuan yang pantas. Selain itu, Ronnie juga beberapa kali mengatakan bahwa manusia gak bisa bahagia terus-menerus.

Orang-orang terdekat itu punya pengaruh yang besar dalam hidup kita. Namun, tak semua orang terdekat itu punya pengaruh yang baik. Nah kita mesti bisa membatasi diri dan tetap berpegang teguh pada pendirian yang dimiliki.

Baca Juga: Dianggap Absurd, 5 Pesan Moral Dijjah Yelloww Ini Bisa Jadi Panutan

4. Balik ke masa lalu berarti membuka luka lama

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings PlaybookIMDB.com

Sejak awal keluar dari rumah sakit jiwa, Pat selalu berusaha mencari cara untuk bisa berkomunikasi atau mencari tahu tentang mantan istrinya, Nikki. Mulai dari pergi ke sekolah dimana ia dan Nikki mengajar dulu hingga menitipkan surat kepada Tiffany.

Masa lalu itu sudah berlalu. Memang sih, tak ada aturan yang melarang untuk kembali ke seseorang dari masa lalu. Tapi, kalau diingat lagi, pasti ada alasan yang kuat kenapa dulu hubungan tersebut bisa berakhir. Nah, coba renungkan lagi, apakah kembali ke masa lalu adalah jalan terbaik? atau hanya membuka luka lama?

5. Kasih sayang orang tua gak ada habisnya

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings PlaybookIMDB.com

Walau terkadang tak bisa mengendalikan emosinya dan menyebabkan masalah, orang tua Pat selalu menyayangi anak-anaknya, termasuk Pat sendiri. Kasih sayang orang tua Pat tak berkurang sedikit pun dan tetap sama. Ibu Pat tetap sabar dan ikhlas menghadapi tingkah laku keluarganya yang terkadang membuat kepalanya pusing. Ayah Pat tetap menyayangi anak-anaknya, meskipun dari luar ia terlihat tak peduli.

Nah, begitu pun dengan orang tua kita lho. Meskipun kamu berbuat salah atau menyakiti perasaan mereka, orang tua akan selalu menyayangi anak-anaknya apapun yang terjadi. Percayalah, kasih sayang orang tua itu lebih besar dari apapun di dunia ini dan selalu abadi sepanjang waktu.

6. Cinta sering datang tanpa kamu sadari

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings PlaybookIMDB.com

Selama bersama Tiffany, Pat tak pernah menyangka ia akan jatuh cinta pada perempuan yang awalnya ia anggap gila itu. Pasalnya, sejak pertama kali keluar dari rumah sakit jiwa, Pat selalu bertekad untuk kembali pada mantan istrinya, Nikki. Namun apa daya, perlahan-lahan Pat yang awalnya hanya ingin berteman dengan Tiffany malah akhirnya menaruh hati padanya.

Cinta itu memang tak bisa ditebak dan diprediksi. Mungkin saja saat ini kamu tak merasakan apa-apa pada orang-orang terdekatmu. Tapi, siapa yang tahu apa yang akan terjadi? Bisa saja kamu jatuh cinta pada teman sekelasmu, rekan kerjamu, atau malah tetanggamu. Bikin deg-degan memang, tapi itulah indahnya cinta.

7. Semua orang punya kegilaan

Cinta dan Kegilaan, Ini 7 Pesan dari Film Silver Linings PlaybookIMDB.com

Di film ini, gak hanya Pat dan Tiffany yang dimunculkan sebagai peran utama yang 'gila', tapi hampir semua tokoh di Silver Linings Playbook. Mulai dari Ayah Pat yang selalu ingin remote TV berada pada arah yang benar, Ronnie yang diam-diam suka menghancurkan barang, teman Ayah Pat yang suka sekali membuat taruhan, hingga teman Pat yang kabur dari pusat rehabilitasi.

Intinya, semua orang punya kegilaan, hanya saja tergantung bagaimana orang tersebut mengendalikannya. Entah itu dengan usaha sendiri, bantuan orang lain, atau membiarkannya saja. Satu pesan penting pula yaitu setiap masing-masing orang punya cerita. Jadi, kita juga tak bisa menilai atau menghakimi orang tersebut karena kita tak tahu apa yang telah ia lalui dalam hidupnya.

Nah, gimana? Apakah kamu sudah terinpirasi dari film Silver Linings Playbook? Semoga dengan menonton filmnya, kamu bisa lebih tahu pentingnya memahami orang lain dan tak terpaku pada kesan pertama saja. Setiap orang punya cerita dan setiap cerita punya petualangannya masing-masing.

Baca Juga: Lama tapi Bermakna, Ini 5 Pesan Moral dari KDrama Scarlet Heart Ryo

Imanuella Gerlani Photo Community Writer Imanuella Gerlani

God with us.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You