Comscore Tracker

Rendy Pandugo dan Asteriska Kunjungi Mocca di Bandung, Ada Apa Ya?

Episode Bandung, ketemu sama Mocca nih

Masih ingat dong sama lagu Satu Satu – Bersatu Untuk Merdeka yang dibawakan oleh Iwan Fals, Hindia, Rendy Pandugo, dan Petra Sihombing? Sesuai dengan judulnya, lagu ini merupakan awal dari rangkaian kampanye kemerdekaan dari IM3 Ooredoo, yang kemudian dilanjutkan dengan Collabonation Konser Kemerdekaan “Bersatu untuk Merdeka” lho! Pasti sempat nonton kemarin ‘kan?

Nah, kampanye ini berlanjut dengan Collabonation Road to Unity - Bersatu untuk Bangkit, sebuah tayangan series dokumenter yang berisi kolaborasi musisi lintas generasi di empat kota di Indonesia! Kira-kira gimana ya keseruan perjalanan mereka? IDN Times kasih bocorannya ya, khusus untuk kamu yang lagi baca artikel ini.

1. Misi utama Collabonation Road To Unity - Bersatu untuk Bangkit

https://www.youtube.com/embed/Mc1lxlEbWZg

Bukan tanpa tujuan, IM3 Ooredoo menyuguhkan tayangan dokumenter ini demi memperkuat pesan persatuan dan kolaborasi untuk bangkit bersama. Lebih lanjut, Fahroni Arifin selaku SVP - Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo membeberkan tema sekaligus misi utama Collabonation Road To Unity - Bersatu untuk Bangkit itu sendiri. Ia mengungkapkan kampanye ini juga bertujuan untuk menceritakan kembali tentang perjalanan para musisi Collabonation untuk belajar dan mendapatkan inspirasi dari seniman dan musisi senior.

Tak hanya itu, secara tidak langsung mereka juga belajar tentang bagaimana mereka dapat terus berkarya bahkan peduli dengan cara saling bahu-membahu membantu masyarakat di sekitar mereka, supaya bisa bangkit di tengah situasi yang penuh keterbatasan seperti sekarang ini. Kalau IDN Times sih setuju 100 persen untuk kampanye ini, kamu juga ‘kan?

Baca Juga: Collabonation Series 3.0 Tantang 7 Musisi Bikin Film Pendek

2. Episode Bandung: Mengubah Tantangan Menjadi Karya Bersama Mocca

Rendy Pandugo dan Asteriska Kunjungi Mocca di Bandung, Ada Apa Ya?Episode Bandung Collabonation Road To Unity (YouTube/IM3 Ooredoo)

Perjalanan Road to Unity dilanjutkan Rendy Pandugo dan Asteriska di Bandung. Pada episode ini kita bisa ambil pelajaran dari Mocca saat menghadapi situasi pandemik. Sebelum mengobrol bersama Mocca, Rendy dan Asteriska berkolaborasi bersama Mocca di lagu “Teman Sejati” ciptaan Mocca. Dibawakan secara akustik, suasananya jadi semakin syahdu. 

Setelah bernyanyi bersama, Rendy, Asteriska, dan Mocca berada di sebuah beranda dan berbincang santai. Rendy membuka percakapan dengan menanyakan awal mula band Mocca berdiri. “Jaman dulu banyak sekali band pop mainstream, lalu tiba-tiba keluarlah Mocca yang ‘wow ini one of a kind’. Apa sih inspirasinya musiknya jadi seperti itu?” tanya Rendy.

Indra Massad menjawab bahwa sebenarnya Mocca mengalir begitu saja dan tidak pernah untuk berusaha menjadi beda dibanding lainnya. “Misalnya seperti Riko membawa materi, kita kerjain  dengan masing-masing background influence masing-masing dijadikan satu. Yah, ada empat kepala lalu kita semua setuju. Gitu doang sih sebenarnya, se-simple itu,” tegasnya. 

Bahkan mereka mengaku kalau saat pertama kali manggung belum ada menemukan nama band-nya. Tiba-tiba saja saat di backstage Indra nyeletuk, ”Mocca aja deh”. Akhirnya dipakai selalu di panggung-panggung berikutnya.                

3. Produksi album jarak jauh sudah pernah dialami Mocca

Rendy Pandugo dan Asteriska Kunjungi Mocca di Bandung, Ada Apa Ya?Episode Bandung Collabonation Road To Unity (YouTube/IM3 Ooredoo)

Percakapan pun berlanjut pada bahasan situasi dan kondisi Mocca saat pandemik terjadi. Dengan segala keterbatasan mobilitas yang ada, justru tidak membatasi Mocca untuk berkarya. Dengan jarak yang saling jauh Mocca masih tetap bisa memproduksi musiknya. 

Sebab, ternyata hal ini sudah pernah dialami oleh Mocca. Saat Arina sang vokalis memutuskan menikah dan pindah sementara di Amerika. Mocca tetap berkarya meski harus produksi album dengan jarak jauh. “Sebelum ada pandemi, Mocca sudah pernah melakukannya,” jelas Arina.

Meski memang hasil dari produksi jarak jauh seperti take vokal, drum, gitar, dan lain-lain kadang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun hasil akhirnya sangat bagus bagi mereka dan bisa dinikmati oleh banyak orang. Keren banget sih Mocca!  

4. Mocca buat festival virtual “Stay Home, Stay Happy”

Rendy Pandugo dan Asteriska Kunjungi Mocca di Bandung, Ada Apa Ya?Episode Bandung Collabonation Road To Unity (YouTube/IM3 Ooredoo)

Selain itu, Mocca juga tetap produktif mengadakan berbagai acara virtual untuk fanbase mereka yang bertajuk “Stay Home, Stay Happy”. Acara itu dilakukan untuk menghibur para penggemar Mocca di seluruh Indonesia bahkan dunia. Serta turut membantu para UMKM para penggemar yang terdampak. 

Tak hanya itu aja nih, Mocca mengajak para crew untuk memproduksi berbagai merchandise. Hal ini dilakukan agar para crew juga tetap produktif dan bisa survive dalam kondisi sulit seperti sekarang. Wah, salut banget ya sama Mocca dan crew!

5. Respon positif dari para musisi dan seniman

Rendy Pandugo dan Asteriska Kunjungi Mocca di Bandung, Ada Apa Ya?Para musisi Collabonation (Dok. IM3 Ooredoo)

Tak hanya kita yang mendapatkan positive vibe dari tayangan dokumenter ini, para musisi dan senimannya pun merasakan hal yang sama. Iga Massardi misalnya. Sebagai perwakilan dari musisi Collabonation, ia menyampaikan rasa antusiasnya ketika mendatangi para musisi senior sekaligus mempelajari pengalaman dan juga pola pikir mereka mengenai cara agar tetap bisa survive di era pandemik ini dan memberikan insight baru bagi yang lain.

Tak mau ketinggalan, Heru Shaggydog yang mewakili musisi senior juga mengungkapkan antusiasnya saat melakukan kolaborasi apik ini. Ia meyakini bahwa menjalani sebuah kehidupan itu harus saling berguna satu sama lain dan saling membantu sesama adalah prioritas utama. Bahkan, di sisi lain mereka memilih untuk menggunakan waktu mereka untuk terus berkarya dan bereksperimen demi mendapatkan lebih banyak hal bermanfaat lainnya bagi lingkungan sekitar.

Nah, buat kamu yang ingin nonton series dokumenter Collabonation Road to Unity - Bersatu untuk Bangkit, langsung aja kunjungi YouTube IM3 Ooredoo sekarang juga! Ssst, selain Mocca ada juga cerita tentang perjalanan para musisi Collabonation di kota Solo dan Bali nih. Penasaran ‘kan? Langsung intip episodenya yuk!

https://www.youtube.com/embed/dhMwM0i0Wno

Happy watching, guys! (WEB)

Baca Juga: Tembang Angin di Lautan, Tutup Kisah Collabonation CAMP The Series

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya