Comscore Tracker

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Mata

Udah habis berapa box tisu, guys nonton #HiByeMama ini?

Drama ini disiarkan melalui stasiun televisi tvN dan layanan streaming Netflix. Berkisah tentang Cha Yuri (Kim Tae Hee) yang hidup kembali setelah lima tahun menjadi arwah. Ia dihidupkan kembali bukan untuk bereinkarnasi tapi untuk mengucapkan salam perpisahan kepada orang-orang yang ditinggalkannya.

Rating tinggi pun didapatkan drama besutan Yoo Jewon ini karena berhasil menarik perhatian penonton. Tak hanya itu, drama yang ditulis oleh Kwon Hye Joo ini juga memiliki alur cerita yang menarik karena diceritakan secara detail dan relate dengan kehidupan nyata.

Drama Hi, Bye Mama! ini sudah tamat sejak hari Minggu (19/4) lalu. Namun, beberapa adegan dan momen yang terdapat dalam drama tersebut begitu membekas bagi para penontonnya.

Berikut 13 momen penuh air mata dalam drama Hi, Bye Mama!. Hati-hati, gagal move-on!

1. Yuri hidup kembali dan bertemu Seo Woo untuk pertama kalinya

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matayoutube.com/tvN DRAMA

Saat Cha Yuri sudah diberi kesempatan oleh Dewa untuk hidup kembali, hal pertama yang ia lakukan adalah mengunjungi putri semata wayangnya, Seo Woo di sekolahnya. Saat itu momen mengharukan pun dimulai, yaitu ketika untuk pertama kalinya Yuri bisa memeluk Seo Woo.

Hal tersebut menjadi salah satu hal yang paling ingin Yuri lakukan kepada Seo Woo selama dirinya menjadi arwah. Pada pertemuan pertamanya ini Yuri mengucapkan "Hai, Seo Woo".

2. Cha Yuri bertemu dengan sang ibu untuk pertama kalinya setelah hidup kembali

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matainstagram.com/tvndrama.official

Setelah ia dihidupkan kembali, Yuri tidak berniat untuk bertemu kembali dengan orang-orang di sekelilingnya, seperti suami, sahabat, dan keluarganya karena ia beranggapan jika hal itu hanya akan membuat orang-orang tadi bersedih. Namun, ternyata apa yang diharapkan Yuri tidak sejalan dengan kenyataan yang dihadapinya.

Sejak bertemu dengan Seo Woo, ia pun akhirnya tanpa sengaja bertemu dengan suaminya, sahabatnya, dan Ibunya. Momen pertemuan antara Yuri dengan Ibunya, Jeon Eun Seuk menjadi salah satu momen yang menyedihkan karena sepeninggalan putrinya, Eun Suk sering terlihat murung, suka menyendiri, cepat marah, dan lebih sering pergi ke kuil untuk memanjatkan doa bagi putrinya yang sudah meninggal, Cha Yuri. 

3. Yuri selalu berada di samping Gang Hwa, bahkan ketika ia masih menjadi arwah

https://www.youtube.com/embed/7X13cs3GQ3w

Yuri meninggal ketika ada seseorang yang tiba-tiba berlari ke tengah jalan raya untuk melakukan bunuh diri hingga menyebabkan sebuah mobil yang datang dari arah berlawanan ikut menabrak Yuri yang saat itu tengah mengandung sembilan bulan. Sejak nyawanya tidak tertolong itulah, Yuri mulai menjadi arwah yang pergi untuk melihat keadaan orang-orang di sekitarnya termasuk sang suami, Cho Gang Hwa.

Yuri hidup tanpa 'suara' dan menyaksikan semua hal yang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Ia bahkan menyaksikan, bagaimana Gang Hwa yang begitu menderita karena harus menanggung beban menjadi orang tua tunggal dan menghadapi kenyataan, bahwa wanita yang dicintainya sudah tidak ada lagi di dunia ini.

Selama menjadi arwah, ia selalu berada di samping Gang Hwa dan ikut menangis serta bahagia bersama Gang Hwa, tanpa lelaki itu ketahui.

Baca Juga: 10 Potret Trio Sahabat 'Hi Bye, Mama' yang Kisahnya Menguras Emosi

4. Yuri tetap pada keputusannya untuk pergi dan tidak serakah

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matainstagram.com/tvndrama.official

Yuri mendapat kesempatan untuk hidup kembali selama 49 hari dan selama waktu yang diberikan itu, Yuri harus mencari tempat asalnya, yaitu menjadi Ibunya Seo Woo dan kembali menjadi istrinya Gang Hwa. Dengan itu, ia bisa kembali lagi menjadi manusia seutuhnya. Namun, Yuri tidak menginginkan hal itu.

Bagi Yuri, hidup kembali adalah hadiah yang diberikan Dewa kepadanya dan itu sudah cukup untuknya. Jadi, ia tidak mau serakah dengan mengambil 'tempatnya' karena Gang Hwa sudah menikah lagi dengan Oh Min Jeong yang saat itu juga sudah menjadi Ibu sambung untuk Seo Woo.

5. Cha Yuri: Itu lebih menyakitkan jutaan kali ketika melihatmu menangis sendirian

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matainstagram.com/tvndrama.official

Ada satu adegan di mana Gang Hwa bertanya kepada Yuri tentang bagaimana perasaan wanita itu melihat Oh Min Jeong telah menggantikan tempatnya sebagai istri dan juga Ibu untuk Seo Woo.

Jawaban yang cukup menohok pun diberikan oleh Yuri. Ia mengatakan, saat mengetahui sudah tidak ada tempat untuknya sebagai istri dan Ibu bagi Seo Woo, hatinya terasa sangat sakit. Namun, Yuri menegaskan, bahwa ada jutaan rasa sakit lain yang ia rasakan ketika melihat Gang Hwa menangis seorang diri.

6. Tangisan frustrasi Gang Hwa karena dibayangi rasa bersalah atas kematian Yuri

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matainstagram.com/tvndrama.official

Ketika Yuri terbaring tak bernyawa di dalam ruang operasi setelah kejadian nahas itu, Gang Hwa mendapatkan trauma di mana ia mengalami kepanikan yang luar biasa dan merasa sulit untuk bernapas karena dihantui rasa bersalah akibat kematian Yuri. Saat itulah Gang Hwa tidak bisa melakukan operasi kepada pasiennya karena teringat kematian Yuri di dalam ruang operasi itu.

Dalam episode 14, Gang Hwa kembali merasakan traumanya dan kesulitan untuk bernapas. Yuri yang saat itu berada di tempat yang sama langsung menghampiri Gang Hwa yang sedang menangis frustrasi di tangga darurat rumah sakit.

Yuri pun mencoba menenangkan dan memeluk Gang Hwa, lalu mengatakan jika ia sudah hidup kembali dan ada di depan lelakinya itu.

7. Cho Gang Hwa akhirnya mengetahui, jika Yuri akan 'menghilang' lagi setelah 49 hari

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matatwitter.com/itsmewdy2

Gang Hwa secara tidak sengaja mendengar percakapan antara sahabat Yuri, Go Hyeon Jung dengan suaminya yang juga merupakan sahabatnya, Gye Geun Sang. Ia akhirnya mengetahui, jika Yuri akan pergi lagi setelah 49 hari.

Gang Hwa tidak bisa menerima hal tersebut dan Yuri pun menjelaskan, jika seharusnya Gang Hwa hidup bahagia dan tidak mengingat Yuri. Jika hal tersebut terjadi, maka Yuri tidak akan pernah hidup kembali selama 49 hari.

8. Gang Hwa memberi kesempatan Yuri untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama Seo Woo

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matadmitory.com

Setelah mengetahui, jika waktu untuk Yuri tetap hidup tidaklah banyak dan Yuri harus menemukan tempatnya untuk menjadi istrinya kembali dan Ibu dari Seo Woo, Gang Hwa mulai melakukan berbagai cara agar hal itu dapat terjadi. Salah satunya adalah memberikan Yuri waktu untuk bersenang-senang dengan putri mereka. 

Seperti yang diinginkan Seo Woo, akhirnya ia, Yuri, dan Seo Woo pergi ke taman hiburan, di mana ketiganya akhirnya melakukan family time. Gang Hwa memberikan Yuri waktu untuk bisa mendapatkan momen indah dengan putri mereka, Seo Woo.

9. Gang Hwa mengatakan kepada Seo Woo, jika Yuri adalah Ibu yang telah melahirkannya

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matatwitter.com/joheunyeojaa

Selama ini, Seo Woo mengetahui jika Ibunya adalah Oh Min Jeong. Padahal Ibu kandungnya adalah Yuri yang saat itu menjadi pengasuhnya. Seo Woo mengenal Yuri dengan panggilan "Bibi cantik". Selama itu juga, Seo Woo tidak pernah memanggil Yuri dengan sebutan "Ibu".

Ada satu adegan, dimana sambil menggenggam tangan putri kecilnya, Gang Hwa akhirnya memberitahu Seo Woo, jika "Bibi cantik" itu adalah Ibu yang telah melahirkannya. Meskipun saat itu Gang Hwa mengatakan kepada Seo Woo, saat putrinya itu sedang tertidur pulas.

10. Jeon Eun Suk: Aku akan melepaskan putriku dengan senyuman

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matatwitter.com/enelramacaraig

Yuri tidak memberitahu Ibunya tentang kepergiannya setelah 49 hari. Namun, sang Ibu setiap harinya bermimpi, jika Yuri akan pergi meninggalkannya lagi. Hal itu ditanggapi dengan mimik kesedihan Yuri dan secara tidak langsung menjawab pertanyaan dari mimpi yang dialami Ibunya.

Sang Ibu, Jeon Eun Suk hanya bisa merelakan dan mendukung keputusan putrinya yang akan pergi lagi karena ia pernah berdoa, jika ia hanya meminta kepada Dewa agar bisa melihat putrinya sekali lagi saja. Ibunya pun berjanji kepada Yuri, jika ia akan melepaskan putrinya dengan senyuman.

11. Yuri ingin menghabiskan sisa waktunya untuk melakukan hal-hal yang berharga

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matainstagram.com/tvndrama.official

Saat menyadari, jika waktunya tidak banyak lagi, Yuri memutuskan untuk membuat keinginan mengenai hal-hal yang ingin ia lakukan. Hal-hal tersebut adalah menepati janji kepada teman-temanya, membalas semua utang budi, menikmati keseharian seperti Ibu-Ibu pada umumnya, berpamitan dengan semua anggota keluarga, dan berpamitan dengan semua teman-temannya.

12. Cho Gang Hwa: Aku hanya ingin menua bersamamu dan melihat Seo Woo tumbuh dewasa

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matahttps://twitter.com/delunaluv

Yuri sempat melayangkan pertanyaan kepada Gang Hwa, mengenai hal-hal yang lelaki itu sesalkan setelah Yuri meninggal. Gang Hwa mengatakan, jika ia tidak bisa menua bersama Yuri. Lelaki itu juga ingin meilhat Seo Woo tumbuh dewasa. Gang Hwa juga mengatakan, jika ketika ia danYuri dapat menua bersama, ia akan menggenggam tangan Yuri dan mengucapkan terima kasih karena sudah bertahan.

Hal yang pernah Gang Hwa impikan itu, kini menjadi penyesalan terbesar yang pernah ia rasakan di dunia ini.

13. Seo Woo: Bye, Mama

13 Momen di Drama Korea 'Hi Bye Mama!' yang Berhasil Menguras Air Matatwitter.com/mcbetina17

Penonton sepertinya tidak diberi jeda untuk tidak menangis, bahkan hingga episode terakhir. Sebelum benar-benar pergi, Yuri menyempatkan diri untuk menyampaikan salam perpisahan dengan putri semata wayangnya.

Yuri juga mengatakan, jika di kehidupan berikutnya, Seo Woo harus menemui Ibunya. Scene yang paling membuat penonton banjir air mata adalah ketika untuk pertama dan terakhir kalinya, Seo Woo menyebut Yuri dengan sebutan "Ibu". Di saat itu juga Seo Woo mengucapkan salam perpisahan kepada Ibunya dengan ucapan, "Selamat tinggal, Ibu".

Meskipun adegan di mana Seo Woo memanggil Yuri dengan sebutan "Ibu" adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh penonton, namun penonton tidak mengira bahwa hal tersebut akan menjadi adegan penuh air mata.

Drama Hi, Bye Mama! mengajarkan banyak pesan moral yang bisa dipetik oleh para penontonnya. Salah satunya adalah untuk tidak terus menangisi atau meratapi kepergian orang yang sudah meninggal, karena hal itu juga akan menyusahkan bagi orang yang sudah tiada.

Orang yang sudah meninggal tidak dapat lagi kembali ke dunia dan orang yang masih hidup harus tetap menjalani hidupnya dengan bahagia. Yuk, kamu juga harus bahagia sekarang!

Baca Juga: 12 Potret Seru Pemain KDrama 'Hi Bye, Mama' di Belakang Kamera

Ines Sela Melia Suseno Photo Verified Writer Ines Sela Melia Suseno

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya