Comscore Tracker

Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konser

Demi kesehatan dan keselamatan bersama

Penyebaran virus corona yang ditengarai berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok telah menjadi masalah global di seluruh dunia. Banyak aktivitas yang harus dihentikan karena penyebaran virus corona baru ini.

Hal ini juga berakibat pada pembatalan sejumlah aktivitas grup idola dari Korea Selatan. Berbagai agensi yang menaungi para penyanyi idola ini beramai-ramai memberikan pengumuman tentang sejumlah aktivitas para idol mereka yang dibatalkan, seperti showcase, fan meeting hingga konser.

Siapa saja penyanyi idola yang resmi membatalkan pertunjukkan mereka? Check this out.

1. LOONA

Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konsergimmu.com

Pada 2 Februari lalu, selaku agensi dari LOONA, Blockberry Creative mengumumkan lewat fancafe resminya, bahwa showcase yang akan dilaksanakan tanggal 5 Februari pukul 8 PM KST resmi dibatalkan karena infeksi virus corona baru. Bukan tanpa alasan, agensi membatalkan showcase tersebut karena khawatir akan keselamatan dan kesehatan para member LOONA serta para fans yang datang ke venue acara.

Rencananya, showcase tersebut akan menandakan comeback LOONA dengan mini album terbaru mereka bertajuk "Hash (#)" dengan title song "So What". Namun, para Orbit (sebutan untuk penggemas LOONA) tidak perlu khawatir, karena showcase tersebut akan tetap ditayangkan lewat siaran langsung di VLive.

2. WINNER

Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konserinstagram.com/oneproductionsg

Sejak 2019 lalu, WINNER, boy group yang berada di bawah naungan YG Entertaiment ini melaksanakan konser tur mereka di sejumlah negara termasuk Indonesia. Pemberhentian terakhir untuk tur tersebut adalah negara tetangga, Singapura.

Para Inner Circle nampaknya harus menelan kekecewaan karena YG Entertaiment lewat laman Facebook resmi WINNER mengatakan, jika pihaknya membatalkan konser bertajuk 'WINNER [CROSS] TOUR IN SINGAPORE' yang dijadwalkan akan berlangsung pada 8 Februari 2020 karena penyebaran virus corona (2019-nCoV).

YG Entertaiment juga meminta maaf kepada para penonton yang sudah melakukan reservasi dan mereka akan melakukan full refund untuk setiap tiket yang sudah dipesan.

Baca Juga: 12 Idol KPop Cerdas Ini Bakal Bikin Kamu Semangat Belajar

3. AKMU

Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konserseoulbeats.com

AKMU dijadwalkan akan melakukan tur nasional "Sailing" dengan 28 pertunjukan di 16 kota. Namun, tur terbesar AKMU sejak debut ini harus dibatalkan karena efek dari infeksi virus corona baru. Konser yang rencananya akan diadakan pada tanggal 8 dan 9 Februari 2020 itu berlokasi di ibu kota provinsi Gyeongsangnam-do, yaitu Changwon .

Pada Desember lalu, AKMU telah menyelesaikan konser tur mereka di beberapa kota, seperti Seoul, Gimhae, Daegu, Gwangju, Goyang, Jinju, Busan, dll.

4. PENTAGON

Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konsersoompi.com

Boy group yang dibentuk pada 2016 silam oleh Cube Entertaiment, PENTAGON akan merilis full album pertama mereka yang bertajuk "Universe: The Black Hole" pada 12 Februari mendatang. Seiring dengan peluncuran album tersebut, PENTAGON juga akan melangsungkan showcase di hari yang sama.

Namun, tanggal 31 Januari lalu, setelah pertemuan darurat di pagi hari, Cube Entertaiment mengumumkan jika mereka membatalkan showcase tersebut karena wabah virus corona baru yang telah muncul sebagai masalah global. Keputusan tersebut juga diikuti dengan tetap dilakukannya showcase tanpa penonton yang akan disiarkan langsung lewat aplikasi VLive di tanggal yang sama pada pukul 8 malam waktu KST. 

5. MOMOLAND

Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konserwww.allkpop.com

Girl group MLD Entertaiment, MOMOLAND juga harus merasakan imbas dari penyebaran virus corona. Agensi MOMOLAND mengumumkan pada tanggal 31 Januari lalu, jika "MOMOLAND Japan Fan Meeting 2020: Happy Time with Merry" dibatalkan.

Fan Meeting yang rencananya akan diadakan pada tanggal 19 dan 21 Maret 2020 di Shinbika Studio Coast, Tokyo dan IMP Hall, Osaka ini resmi dibatalkan mengingat penyebaran virus corona baru yang sudah masuk ke Korea Selatan dan Jepang.

MLD juga akan melakukan penjadwalan ulang tentang fan meeting yang dibatalkan tersebut di masa yang akan datang. Mereka meminta para fans untuk bersabar menunggu pengumuman penjadwalan ulang tersebut.

Pembatalan berbagai pertunjukkan para idol KPop tadi dilakukan para agensi demi kesehatan dan keselamatan bersama. Menurut JTBC News, korban virus corona di Korea Selatan sendiri sudah mencapai 16 orang. Tentu, hal tersebut membuat para agensi tadi akan mengutamakan kesehatan para anggota grup idola mereka agar bisa terus menghibur para fans di masa depan. Stay safe everyone!

Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konser(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Korban Terpapar Virus Corona Kini Mencapai 20.000 Orang di 24 Negara

Ines Sela Melia Suseno Photo Verified Writer Ines Sela Melia Suseno

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya