Comscore Tracker

Sukses Filosofi Teras, Ini 5 Tips Menulis dari Henry Manampiring

Siapa yang mau bertemu langsung dengan Om @newsplatter

Siapa yang tak kenal dengan penulis "Filosofi Teras"? Yups, Henry Manampiring merupakan orang di balik suksesnya buku tersebut. Bakal menjadi bintang tamu di Indonesia Writers Festival atau IWF, kira-kira seperti apa ya prosesnya dalam menulis? Yuk simak berikut ini!

1. Berawal dari hobi menulis blog

Sukses Filosofi Teras, Ini 5 Tips Menulis dari Henry ManampiringIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Henry atau biasa dikenal dengan sebutan Om Manampiring ini mengungkapkan bahwa awal ia terjun ke dunia menulis karena hobi. Awalnya ia menulis melalui blog sekitar tahun 2005.

"Sekitar 15 tahun lalu saya mulai dari blog. Ya apa ajalah yang saya tulis mulai dari keresahan hati, berita, sampai fenomena sosial. Pokoknya kalau saya punya opini ya saya tulis aja," ujar Henry.

Saat menulis pun ia tidak terlalu memikirkan banyaknya pembaca maupun viralnya tulisan dirinya. Pada tahun 2009, karena maraknya media sosial akhirnya tulisannya pun mulai dikenal.

2. Terkenal akan penulis non-fiksi

Sukses Filosofi Teras, Ini 5 Tips Menulis dari Henry ManampiringIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Kebanyakan penulis Indonesia saat ini memang terkenal akan tulisan-tulisan fiksi yang bisa membuat pembaca terbuai dengan khayalan sang penulis. Namun, hal tersebut berbeda dengan Henry. Ia justru banyak menulis cerita non-fiksi.

Karya-karyanya pun selalu mendapat respons positif dari masyarakat salah satunya "The Alpha Girl's Guide" dan "Filosofi Teras". Keduanya merupakan opini serta pengalaman Henry dalam menghadapi masalah di lingkungan sekitar.

Ditanya soal menulis fiksi, Henry mengungkapkan bahwa ia memang ingin sekali mencoba dan hal tersebut merupakan salah satu impiannya. Namun, ia masih belum bisa memastikan kapan project tersebut bakal diwujudkan.

Baca Juga: 5 Fakta Perjalanan Musik Badai eks Kerispatih, Dewanya Lagu Cinta!

3. Respons positif dari penggemar

Sukses Filosofi Teras, Ini 5 Tips Menulis dari Henry ManampiringIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Henry mengaku bahwa banyak mendapat respons positif dari penggemar karena tulisan-tulisannya. Beberapa di antaranya bahkan mengatakan bahwa tulisan Henry saat menginspirasi hidupnya. Keren banget!

"Pernah ketemu sama salah satu yang baca The Alpha Girl's Guide. Dia bilang terima kasih karena berkat buku gue dia jadi tahu pentingnya wanita untuk sekolah tinggi dan bekerja," ujar Henry.

4. Membagi waktu antara kerja dan menulis

Sukses Filosofi Teras, Ini 5 Tips Menulis dari Henry ManampiringIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Henry mengatakan bahwa ia bukanlah seorang fulltime penulis. Ia melakukan hobinya tersebut di sela-sela istirahat bekerja. Eits, tapi Henry benar-benar melakukan semuanya dengan teliti dan serius lho! Gak heran kalau buku-bukunya bisa menginspirasi banyak orang.

"Saya kan juga bekerja di salah satu konsultan komunikasi marketing, jadi bukan fulltime penulis. Biasanya nulis di sela-sela istirahat, tapi waktu nulis 'Filosofi Teras' sempat minta jadi part time aja dan fokus nyelesein buku itu," ujar Henry.

5. Cara menghadapi pro dan kontra

Sukses Filosofi Teras, Ini 5 Tips Menulis dari Henry ManampiringIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Setiap karya pasti memiliki pro dan kontra di dalamnya. Begitu pula yang dialami oleh Henry. Menurutnya hal tersebut merupakan wajar dan salah satu cara menghadapinya adalah kita harus tahu mana yang bisa dikendalikan atau tidak.

"Jawabannya simpel. Ada hal yang di bawah kendali kita dan ada hal yang tidak bisa dikendalikan. Yang tidak di bawah kendali kita adalah pasti orang lain. Orang-orang tersebut yang menggunakan jempolnya untuk berkomentar dan masuk menjadi di luar kendali kita," ujar Henry.

Ia melanjutkan bahwa dalam 'Filosofi Teras' kita hanya bisa mengendalikan apa yang ada di bawah kendali seperti tulisan dan opini yang kita buat. Sehingga kita harus fokus dalam memperbaiki itu, sedangkan hal yang tidak di bawah kendali kita semakin kita pikirkan apalagi berkonten negatif, makan akan membawa stres. Hal inilah yang biasanya ditanggapi cuek oleh Henry karena menurutnya itu di luar kendalinya.

Gimana guys seru kan ngobrol-ngobrol bersama Henry Manampiring? Mau ngobrol lebih lanjut dan ketemu langsung? Jangan lupa untuk datang ke Indonesia Writers Festival tanggal 6 - 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ya guys!
 

Baca Juga: Produser Wanita Andal, 5 Film Garapan Sheila Timothy yang Tuai Pujian

Topic:

  • Jihaan Risviani
  • Erina Wardoyo
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya