Comscore Tracker

9 Film Thriller Adaptasi dari Novel, Ada yang Mau Tayang!

Siap-siap senam jantung!

Berbagai film dengan beragam aliran tidak pernah berhenti diproduksi. Salah satunya film dengan genre thriller atau cerita seru. Meski bukan genre yang bisa dikonsumsi semua orang, namun tetap l dinanti-karena ceritanya yang menegangkan dan penuh teka-teki. Sehingga, membuat film dengan genre thriller tidak mudah dilupakan.

Seperti beberapa film genre thriller ini yang diangkat dari novel dan sukses di pasaran. Cerita yang dibawakan dari novel seolah punya keunikan tersendiri. Berikut adalah film thriller yang berhasil diadaptasi dari novel, ada yang lagi coming soon juga, lho.

1. The Silence of the Lambs (1991)

https://www.youtube.com/embed/W6Mm8Sbe__o

Film lawas garapan Jonathan Demme ini merupakan adaptasi dari novel Thomas Harris dengan judul yang sama. The Silence of the Lambs diperankan dengan ciamik oleh Jodie Foster, Anthony Hopkins, dan Scott Glenn. Berkisah tentang Clarice Starling seorang FBI muda yang ditugaskan untuk bertemu Dr. Hannibal Lecter yang dipenjara karena merupakan seorang psikiater sekaligus pembunuh dan kanibal. Clarice meminta nasihat dalam rangka misi penangkapan pembunuh berantai.

Kesuksesan film psychological thriller tidak diragukan lagi. Sebut saja lima penghargaan pada Academy Award, satu penghargaan pada Golden Globe, dan dua penghargaan pada British Academy Film Awards berhasil disabet oleh aktor, aktris, sutradara, dan menjadi film terbaik.

2. Don't Say a Word (2001)

https://www.youtube.com/embed/aHASWXlET04

Film psychological thriller yang dibintangi oleh aktor kawakan Michael Doughlas, mendiang Brittany Murphy, dan Sean Bean ini merupakan adaptasi dari judul novel yang sama karya Andrew Klavan. Don't Say a Word disutradai oleh Gary Fleder, sementara itu naskahnya ditulis oleh Anthony Peckham dan Patrick Smith Kelly.

Film yang digarap selama musim dingin di New York dan Toronto ini berkisah tentang Nathan Conrad, seorang psikolog ternama yang diminta untuk merawat Elisabeth Burrows, seorang wanita pengidap gangguan jiwa. Seiring berjalannya waktu, ketika putri Nathan diculik sebagai alat jaminan, rahasia mengenai pencurian permata oleh sebuah geng pun terungkap.

3. No Countri For Old Men (2007)

https://www.youtube.com/embed/38A__WT3-o0

Ini merupakan film crime thriller adaptasi novel karya Cormac McCarthy dengan judul yang sama. Coen bersaudara, Joel Coen dan Ethan Coen, mengarap sekaligus menulis skenarionya hingga film ini berhasil mendapat review positif dari para kritikus dan terpilih tayang perdana di Festival Film Cannes. Sementara itu, pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini berhasil menduduki posisi 15 di box office, lalu posisi 11 saat penayangan secara luas.

No Country for Old Men yang diperankan oleh Tommy Lee Jones, Javier Bardem, dan Josh Brolin berkisah tentang Llewelyn Moss yang menemukan koper berisi uang senilai dua juta dolar. Anton Chigurh, seorang pemunuh bayaran, pun disuruh untuk membunuh Llewelyn dan merebut kembali uang tersebut. Dengan kemunculan sherif Ed Tom Bell membuat pertarungan makin sengit dengan Anton demi mendapatkan koper senilai dua juta dolar.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Korea Romantis Paling Bikin Baper, Awas Nangis!

4. Gone Girl (2014)

https://www.youtube.com/embed/2-_-1nJf8Vg

Gone Girl merupakan film psychological thriller yang disutradarai oleh David Fincher. Skenario film ini berdasarkan novel dengan judul yang sama dan ditulis langsung oleh sang pengarang novel yakni Gillian Flynn. Sederet aktor dan aktris papan atas seperti Ben Affleck pemain Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) dan Rosamund Pike pemain A Private War (2018) membintangi film ini.

Gone Girl berkisah tentang hilangnya istri Nick, Amy, secara tiba-tiba. Sementara itu, Nick malah dituduh sebagai dalang di balik kasus tersebut. Beberapa petunjuk pun menggiring Nick sebagai tersangka utama. Apakah Nick benar-benar menghabisi nyawa sang istri?

Jalan cerita yang menegangkan dan penuh teka-teki membuat Gone Girl tayang secara perdana pada malam pembukaan Festival Film New York ke-52 dan ditanggapi dengan baik oleh para kritikus.

5. Memoir of a Murderer (2017)

https://www.youtube.com/embed/zqWdrispQuE

Film action thriller ini diangkat dari novel best seller karangan Kim Young Ha yang berjudul Salinjaui Gieokbeob. Film garapan sutradara Won Shin Yun ini berhasil mengantarkan pemainnya ke ajang penghargaan. Kim Seol Hyun AOA masuk nominasi aktris pendatang baru terbaik pada 1st The Seoul Awards. Sementara itu, Sol Kyung Gu memenangkan kategori aktor terbaik pada 17th Director's Cut Awards dan 9th Korea Film Reporters Association Film Awards.

Film yang juga dibintangi oleh Kim Nam Gil dan Oh Dal Su ini berkisah tentang Byeong Soo, seorang pembunuh berantai yang berhenti membunuh setelah insiden kecelakaan 17 tahun lalu dan menderita alzheimer. Byeong Soo pun menjadi dokter hewan dan tinggal bersama putrinya, Eun Hee. Suatu hari, ia menabrak mobil Min Tae Joo dan menemukan tetesan darah. Akhirnya menyadari laki-laki itu adalah pembunuh berantai, Byeong Soo pun bertekad melindungi Eun Hee meski harus bertarung nyawa dengan Tae Joo.

Film ini pun sukses besar, menjadi film thriller Korea Selatan pertama yang tembus 2 juta tiket di box office Korea Selatan sepanjang 2017.

6. RV: Resurrected Victims (2017)

https://www.youtube.com/embed/sDNq7VVvyck

RV: Resurrected Victims yang dibintangi oleh aktor beken Kim Rae Won dan aktris kawakan Kim Hae Sook ini merupakan adaptasi dari novel karangan Park Ha Ik dengan judul It is Over. Film action thriller ini disutradarai oleh Kwak Kyung Taek yang juga menggarap film populer Friend (2001) dan The Battle of Jangsari (2019).

Berkisah tentang Jin Hong, seorang jaksa penuntut yang bertekad mencari pembunuh ibunya. Namun, suatu hari ibu Jin Hong hidup kembali dan muncul di hadapannya, tapi anehnya hendak menyerang Jin Hong. Di saat bersamaan, fenomena bangkitnya para korban pembunuhan yang kasusnya tidak terungkap untuk menghukum pembunuh mereka, dilaporkan di mana-mana. Agen rahasia pun menyelidiki kasus tersebut, dan menyimpulkan Jin Hong lah tersangka utama pembunuhan ibunya.

7. Seven Years of Night (2018)

https://www.youtube.com/embed/hpkZE_bAgco

Ini merupakan film action thriller garapan sutradara Choo Chang Min yang diadaptasi dari novel best seller karangan Jung Yoo Jung dengan judul yang sama. Aktor papan atas Jang Dong Gun yang juga bermain dalam film Friend (2001) dan drama korea VIP (2017) membuat cerita film ini hidup dengan ciamik bersama Ryu Seung Ryong, Song Sae Byeok, dan aktor tampan Go Kyung Pyo.

Seven Years of Night bercerita tentang Choi Hyun Soo yang pulang dalam keadaan mabuk dan menabrak seorang gadis hingga meninggal. Ia yang panik akhirnya membuang gadis tersebut ke sebuah telaga. 7 tahun berlalu, Choi Hyun Soo didera rasa bersalah atas kejadian itu. Ia bertemu dengan Oh Young Je, ayah si gadis, dan menuntut balas dendam dengan nyawa sebagai taruhannya.

8. The Good Liar (2019)

https://www.youtube.com/embed/ljKzFGpPHhw

Merupakan film crime thriller garapan sutradara Bill Condon, The Good Liar juga diangkat dari novel karangan Nicholas Searle dengan judul yang sama. Film yang ditulis oleh Jeffrey Hatcher ini dibintangi oleh aktris kawakan Helen Mirren, Ian McKellen yang memerankan Magneto dalam film X-Men (2000), juga aktor muda Russel Tovey.

Film yang rilis pada 27 November tahun lalu di bioskop Indonesia ini berkisah tentang Roy, seorang penipu ulung yang berkenalan dengan Betty di situs kencan daring. Mengetahui Betty adalah janda kaya raya, Roy berencana mendekatinya untuk mencuri kekayaan itu. Tapi, keluarga Betty menentang hubungan mereka karena mengira Roy punya niat jahat. Marabahaya pun mengancam nyawa Roy saat ia melancarkan aksinya.

9. The Woman in the Window (2020)

https://www.youtube.com/embed/J0hTmzISOlQ

Ini merupakan film psychological thriller yang diadaptasi dari novel best seller New York Times dengan judul yang sama karangan Daniel Mallory, pemilik nama pena AJ Finn. Tak ketinggalan, film yang digarap oleh Joe Wright juga turut dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas seperti Amy Adams, Gary Oldman, Anthony Mackie, Wyatt Russell, bahkan Julianne Moore.

The Woman in the Window berkisah tentang Dr. Anna Fox seorang alkoholik dan pengidap agorafobia, memiliki rutinitas memata-matai tetangganya lewat jendela. Suatu hari, Anna tidak menyangka akan melihat pembunuhan Jane Russel di rumah tetangga barunya itu. Berencana menyelamatkan wanita itu, tetapi agorafobia membuat Anna pingsan. Dan ketika bangun, ia melihat Jane Russel lain. Apakah Anna berhalusinasi? Apa yang sebenarnya terjadi?

The Woman in the Window diproduksi oleh studio 20th Century Fox yang sama-sama pernah memproduksi film thriller populer Gone Girl (2014). Film ini dijadwalkan tayang di Amerika Serikat pada 15 Mei mendatang.

Itulah film beraliran thriller sukses yang diadaptasi dari novel. Sudah siap menyambut film baru? Mana yang paling membuatmu tegang?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Korea yang Cocok Ditonton Saat Hujan

Langgeng Irma Photo Verified Writer Langgeng Irma

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya