Comscore Tracker

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan Super

#IDNTimesHype Bahkan Superman dibuat tak berkutik!

Para superhero dengan segala kekuatan yang di luar nalar, akan terasa hambar sebagai tontonan, jika tidak diimbangi dengan musuh yang sepadan. Maka tak heran, muncul deretan karakter super villain yang juga dibekali kekuatan super agar dapat tercipta konflik yang masuk akal.

Namun, mengadu superhero dengan pemilik kekuatan khusus ternyata bukan satu-satunya cara. Banyak para penjahat tanpa kekuatan super yang dapat membuat superhero kelabakan. Sepuluh villain yang ada di daftar ini adalah buktinya. Siapa saja? Yuk, langsung ke list-nya!

1. Kingpin

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter Kingpin (comicbook/CHASE MAGNETT)

Wilson Fisk alias Kingpin adalah salah satu tokoh penjahat dari komik Marvel. Dia adalah bos kriminal di kota New York yang kerap kali bersinggungan dengan para superhero seperti Spiderman, Daredevil dan Punisher

Dia memang sering terlihat bertarung menggunakan kemampuan bela dirinya, namun yang paling berbahaya darinya adalah kemampuan berpikir. Dia licik sekaligus brilian, penjahat bertubuh besar ini piawai memainkan politik, demi mencapai tujuan.

Dia berhasil menduduki puncak rantai makanan di dunia kriminal New York dengan semua aksi kejahatan yang dia lakukan di dunia gelap. Namun secara bersamaan, dia juga mampu menjaga reputasi baik di mata publik sebagai seorang pengusaha. Bahkan, dia dapat terpilih sebagai wali kota New York!

Kingpin merupakan tipe penjahat super yang mungkin ditemukan di kehidupan nyata. Keinginannya pun tidak muluk-muluk, seperti menaklukkan dunia, walaupun bisa saja dia melakukannya. Mungkin bisa dibilang reputasi adalah 'kekuatan super' yang dia miliki.

2. The Penguin

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter The Penguin (consequence/Dominick Suzanne-Mayer)

Oswald Cobblepot atau lebih dikenal sebagai The Penguin adalah salah satu musuh berbahaya Batman. Sama dengan Kingpin, The Penguin mengandalkan muslihatnya untuk mengontrol kejahatan di balik layar. Jika perlu bertarung, dia lebih sering menggunakan pistol atau payung yang dia modifikasi sebagai tembakkan. 

The Penguin adalah representasi paling ngeri dari akibat bullying. Dia memiliki kaki lebih pendek dari orang normal, membuatnya berjalan seperti penguin, ditambah obesitas serta bentuk hidung mancung dan tajam menyerupai paruh burung.

Bentuk tubuhnya tersebut membuat Oswald Cobblepot kecil sering diejek. Bahkan disisihkan karena dinilai aib bagi keluarganya yang kaya raya. Perundungan pun mengubahnya mejadi seorang penjahat. Dia dipenuhi kebencian dan menyalurkannya menjadi tindakan kejahatan yang dia lakukan.  

Tokoh ini sempat keluar di serial Gotham, dia muncul dari season 1 hingga 5. Seperti dilansir dari CBR, The Penguin versi Gotham tidak memiliki ciri-ciri fisik seperti dalam komiknya. Dia juga terlalu sembrono, tak seperti versi komik yang penuh perhitungan. 

3. Erik Killmonger

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter Erik Killmonger (entertainmentearth/Jeffry W. Johnston)

Jika kamu menonton film MCU, Black Panther, kamu pasti familier dengan karakter ini. Berbeda dengan versi film, di komiknya Erik Killmonger diceritakan terlahir sebagai N’Jadaka di Wakanda sebelum akhirnya diasingkan.

Dia pun tumbuh di Amerika dengan terus menyimpan kebencian pada pemerintahan Wakanda dan menyalahkan mereka atas kematian orangtuanya. Ketika kembali ke Wakanda, dia pun berusaha menyingkirkan T'Challa, Black Panther pada saat itu, dan berniat mengambil tahta sebagai raja Wakanda. 

Killmonger adalah lulusan MIT yang artinya villain satu ini sangat pintar. Dia juga terlatih dalam berbagai aliran bela diri. Penjahat yang tak memiliki kekuatan super ini sangat cakap dalam pertarungan tangan kosong, bahkan T'Challa tak dapat mengunggulinya dalam hal tersebut tanpa bantuan kostum canggihnya. 

4.  The Scarecrow 

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter The Scarecrow (cbr/J. RICHLAND ANDERSON)

Dr. Jonathan Crane ingin mengalahkan trauma masa kecilnya dengan mengontrol rasa takut. Dalam upayanya tersebut, dia mengembangkan gas yang dapat membuat seseorang melihat ketakutan mereka. 

Dia pun menggunakan temuannya ini untuk menyiksa para penduduk Gotham. Penjahat berjuluk Scarecrow ini telah melumpuhkan banyak superhero atau bahkan sesama penjahat menggunakan gasnya tersebut. Walau tanpa kekuatan super, pria ini dapat dengan mudah menghadirkan teror kepada siapa pun yang dia inginkan.

Scarecrow sering dimunculkan sebagai penjahat di video game atau live action Batman. Dia juga muncul di salah satu trilogi Batman karya Christopher Nolan. Penjahat ini cukup berbahaya, tak peduli kamu takut atau tidak padanya, Scarecrow selalu bisa menghadirkan rasa tersebut. 

5. Doctor Octopus

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter Doctor Octopus (cbr/SCOOT ALLAN)

Muncul di trailer terbaru Spiderman: No Way Home, Doctor Octopus merupakan salah satu penjahat yang berbahaya, walaupun tanpa bantuan kekuatan super. Dia adalah ilmuan yang mengalami kecelakaan saat penelitian. Tangan robot yang sedang dia kembangkan bersatu secara permanen pada tubuhnya. 

Tangan mekanik tersebut tahan terhadap radiasi dan dapat dia kontrol sesuka hati. Dia melakukan berbagai tindak kejahatan sebagai eksperimen yang dia lakukan terhadap tentakel canggih hasil temuannya tersebut. Perbuatannya membuat penjahat dengan nama asli Doctor Otto Octavius ini harus berhadapan dengan Spiderman

Walau tangan-tangan robot yang menyerupai tentakel tersebut tampak seperti kekuatan super. Namun tanpa alat canggih itu, Doctor Octopus hanya seorang ilmuan jahat biasa.

Tokoh ini pernah muncul di Spiderman versi Tobey Maguire dan seperti yang kita lihat di trailer Spiderman: No Way Home, Doctor Octopus muncul kembali dan diperankan oleh aktor yang sama, Alfred Molina. Apakah tema Spider-verse akan diangkat di versi Tom Holland tersebut?

Baca Juga: 5 Film Paling Keren Tentang Asal-usul Villain Populer, Kudu Nonton!

6. Deathshot

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter Deadshot (comicnity/story-of-deadshot)

Salah satu pembunuh bayaran paling mematikan di DC Universe, Floyd Lawton alias Deadshot juga tak memiliki kekuatan super apa pun. Namun dia mempunyai akurasi menembak yang luar biasa dan terlatih untuk menggunakan jenis senjata apa pun. 

Terkenal karena tembakannya yang tidak pernah meleset, membuat Lawton sering disewa untuk menyelasaikan misi kejahatan. Dia pun sering berhadapan dengan para superhero DC Universe ketika menyelesaikan pekerjaanya. Lawton juga merupakan angkatan pertama dari Task Froce X  atau yang lebih kita kenal sebagai Suicide Squad.

Namun sosok Deadshot sedikit kompleks, pembunuhan yang dia lakukan bukan merupakan dorongan dari dalam dirinya. Dia hanyalah tentara bayaran yang menyewakan jasa. Hal buruk yang dia lakukan adalah bagian dari pekerjaan, dia tak segan untuk membunuh, tak peduli korbannya tersebut jahat atau baik.

Alasannya begitu berdedikasi pada pekerjaan adalah obsesinya untuk menghasilkan uang, karena dia memiliki seorang anak bernama Zoe. Hasil yang dia dapatkan dari pekerjaannya sebagai tentara bayaran, selalu dia sisihkan untuk membiayai kehidupan putrinya tersebut.

7. Mysterio 

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter Mysterio (cbr/MASON SHUMAKER)

Quentin Beck adalah seseorang yang sangat benci direndahkan. Ayahnya melakukan hal tersebut saat dia mulai mengulik videography dengan kamera tua yang ia dapatkan dari pamannya. Karena itu, Beck pun berusaha membuktikan diri dan berhasil masuk industri Hollywood sebagai stunt man profesional dan desainer special effect.

Namun kembali lagi, masalahnya dengan kebanggaan diri, membuat Beck berhenti dari pekerjaan tersebut. Dia merasa tidak dapat pengakuan yang pantas untuk hasil kerjanya. Pada kondisi frustrasi tersebut, dia pun memulai tindak kriminal pertamanya dan memakai nama Mysterio sebagai nama samaran.

Dia sempat menyulitkan Spiderman dengan membuat imitasi visual sang pahlawan berkekuatan laba-laba tersebut. Dia memfitnah Spiderman dengan tipuan yang dia buat. Kepercayaan masyarakat pada pahlawan mereka pun berkurang, sebelum akhirnya sang manusia laba-laba dapat membuktikan dirinya tidak bersalah.

Keahlian Mysterio untuk membuat tipuan dan fitnah sangat berbahaya. Seperti yang kita rasakan di zaman hoax ini, efek dari kepalsuan tersebut cukup masif dan tak dapat diremehkan. Meskipun Mysterio tak punya kekuatan super, dia sangat memenuhi kategori penjahat berbahaya.

8. Lex Luthor 

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter Lex Luthor (looper/ROB CLOUGH)

Musuh bebuyutan Superman pun tak memiliki kekuatan apa pun. Lex Luthor dengan otak briliannya dapat menjadi pengusaha yang luar biasa sukses dan juga seorang penemu. Namun si jenius ini juga mencoba untuk menaklukkan Superman. 

Pada awalnya, alasan Lex Luthor membenci Man of Steel mungkin agak konyol. Dilansir dari Britannica, motif Lex Luthor tersebut pertama diungkap tahun 1960an, dia membenci Superman karena insiden yang terjadi di masa kecilnya. Superman muda saat itu menyebabkan kepalanya botak secara permanen. 

Namun, pada tahun 1980an akhir, latar belakang Lex Luthor di desain ulang oleh penulis John Byrne and editor Marv Wolfman. Dia diceritakan tidak menyukai Superman karena sang pahlawan adalah satu-satunya sosok di muka bumi yang dapat menyaingi kedigdayaannya di mata publik.   

Walau tak memiliki kekuatan super, Lex Luthor sering membuat Superman kewalahan. Dia mengandalkan teknologi canggih ciptaannya dan juga kryptonite yang merupakan kelemahan Superman

9. William Stryker

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter William Stryker (fandomwire/Akash Senapati)

Nama William Stryker mungkin tidak terlalu familiar karena belum muncul di film MCU. Karena villain satu ini ada di universe X-Men dan pernah muncul di film X-Men tahun 2000 dan sequel-nya X-Men 2 sebagai  orang di balik program Weapon X yang telah menciptakan Wolverine.

Namun di versi komiknya, orang ini lebih merepotkan. Dia sangat membenci mutan, bahkan tega membunuh istri dan bayi mutannya yang baru saja dilahirkan. Bukan menyesal, kejadian keji tersebut malah dianggap satu titik balik yang membuatnya harus membasmi semua mutan di muka bumi.

Dia menjadi sangat radikal dan mengajak lebih banyak orang untuk bergabung dengan rencana besarnya tersebut. Penjahat tanpa kekuatan super ini menjadi dalang di banyak peristiwa keji terhadap ras mutan, bahkan non-mutan yang tidak sepaham dengannya. 

Hal yang paling berbahaya dari William Stryker adalah kepiawaiannya dalam mendoktrin orang. Bahkan saking berbahanya, para X-Men pun terpaksa bekerjasama dengan musuh bebuyutan mereka, Magneto untuk menghentikan agenda besarnya. 

10. Joker

10 Super Villain Berbahaya walau Tanpa Kekuatan SuperGambar karakter Joker (syfywire/Josh Grossberg)

Terinspirasi dari karakter utama di film tahun 1928 berjudul The Man Who Laughs yang diperankan Conrad Veidt, Joker tak harus banyak dijelaskan. Sang badut kriminal ini sangat berbahaya walaupun tanpa kekuatan super. 

Bahkan saking berbahayanya, rival abadi Batman ini bertanggung jawab atas banyak momen keterpurukan para superhero DC. Seperti yang dirangkum CBR, di antara perbuatan Joker adalah membuat seluruh warga Gotham bahkan anggota Justice League menyerang Batman, membuat Superman membunuh Lois Lane, menghabisi Robin Jason Todd dan lainnya.

Walau tanpa kekuatan super, sepuluh villain di atas jelas tidak kalah berbahaya dan selalu memberikan ancaman serius bagi para superhero. Menurutmu siapakah di antara mereka yang paling wajib diwaspadai?

Baca Juga: Selain Joker, Ini 5 Villain Populer yang Layak Dapat Film Solo

Luthfi Alimughni Photo Verified Writer Luthfi Alimughni

Pecinta film yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya