Comscore Tracker

5 Anime Tahun 2006 dengan Popularitas Menembus Zaman

Gak nyangka, anime-anime populer ini tayang 15 tahun lalu!

Meski sudah 15 tahun berlalu, deretan anime yang pertama kali tayang tahun 2006 didominasi oleh judul-judul besar. Siapa yang menyangka jika tahun 2006 mendebutkan anime-anime berkelas yang masih hangat diperbincangkan hingga kini. Sebut saja Code: Geass, Death Note, hingga Gintama. Anime tersebut mendapatkan rating di atas 8 dalam situs myanimelist. Beberapa di antaranya masih melanjutkan kisah hingga kini. Hal tersebut tidak terlepas dari antuasiasme fans yang begitu menggemari anime-anime rilisan tahun 2006 ini. Lantas, apa saja anime yang pertama tayang 15 tahun lalu namun popularitasnya menembus zaman?

1. Code Geass

https://www.youtube.com/embed/chcPywzhVQY

Lelouch Lamperouge atau Lelouch vi Britannia atau yang akrab disapa Lulu merupakan murid SMA yang bersekolah di sekolah elit. Mengambil setting tahun 2017 dimana Jepang dikuasai kerajaan Britannia, tidak semua anak dapat bersekolah dengan aman kecuali putra-putri bangsawan. Meski tampak seperti anak sekolah biasa, Lulu merupakan putra dari raja britania yang berkuasa, Charles vi Britannia. Menentang keras ayahnya karena sang ibu mati, Lulu bersama Nunally, adik satu-satunya yang seayah dan seibu pun diusir ke Jepang.

Suatu ketika, Lulu mendapatkan kekuatan Geass pada matanya yaitu membuat orang yang melihat mata geass-nya tunduk dan patuh pada satu perintahnya. Demi melindungi adiknya yang lumpuh dan membalas dendam kematian ibunya, Lulu yang mendapatkan kekuatan super itu memanfaatkan peluang untuk menggulingkan kekuasaan Britannia. Ia menyembunyikan identitasnya sebagai Zero, seorang tokoh antihero berotak cerdas dan ahli strategi. Ia pun menjadi pemimpin pasukan Black Knights.

Sering memenangi pertempuran dengan membaca rencana lawan dan melumpuhkannya. Namun tidak semua rencana berjalan mulus. Terkadang ia tidak bisa mengendalikan kekuatannya hingga harus kehilangan orang-orang yang disayangi termasuk sepepu yang baik padanya, Euphemia. Hal ini membuat teman kecilnya Suzaku berang. Di sisi lain Suzaku merupakan pribumi Jepang yang hendak menjadi orang yang dipercaya pihak Britannia. Ia berniat melawan Zero. Bagaimana Lulu menghadapi polemik ini?Plotwist yang mencengangkan membuat para fans menginginkan cerita lebih.

Code Geass: Lelouch of Rebellian Season pertama tayang sejak Oktober 2006 hingga Juli 2007 dengan 25 episode. Season kedua hadir pada April hingga September 2008 yang terdiri dari 25 episode. Tingginya minat pada anime yang mengombinasikan genre militer, mecha, sejarah ini membuat Code Geass mendapatkan adaptasi manga dan novel.

Sejak tahun 2017 hingga 2018, ditayngkan trilogi film yang mengkompilasi keseluruhan cerita 2 season tersebut. Pada film terakhir pun melanjutkan kisah ending Season 2 yang penuh polemik itu.

2. Death Note

https://www.youtube.com/embed/NlJZ-YgAt-c

Salah satu anime yang sering bersaing ketat dengan Code Geass dalam gelar anime seri terbaik sepanjang masa versi penggemar, Death Note memang jago dalam memainkan psikologi penontonnya. Mendapatkan adpatasi live action yang lebih dulu tayang membuat Death Note makin digilai penggemar, apalagi versi hidup anime yang tayang pada Juni 2006 ini diperankan oleh aktor ternama yakni Fujiwara Tatsuya sebagai Light dan Matusyaam Kenichi sebagai L. Versi animenya tayang pada Oktober 2006 hingga Juni 2007 yang terdiri dari 37 episode. Anime Death Note ini juga pernah tayang di TV Indonesia, loh!

Suatu malam, Death Note jatuh di depan anak SMA yang cerdas bernama Light Yagami. Light memungut buku itu dan membaca peraturan yang tertera. Ia pun mencoba menulis salah nama pelaku kejahatan dan sesuai dengan yang tertera, nama siapapun yang tertulis dalam Death Note akan mati seketika setelah terkena serangan jantung. Pemilik buku dapat pula menulis skenario kematian jika diinginkan. Mulai saat itu, bekerja sama dengan Shinigami, Ryuk sang pemilik Death Note tersebut.

Light memanfaatkan Death Note untuk menciptakan dunia baru tanpa adanya kejahatan dimana ia adalah Tuhan. Melihat kejadian kematian beruntun para pelaku kriminal, pihak kepolisian mencurigai adanya pembunuh berantai di baliknya. Light muncul ke publik dan mengaku sebagai KIRA, sang sekutu keadilan. DI sisi lain, kepolisian mempekerjakan seorang detektif muda terbaik di dunia yang nyentrik, L Lawliet. L mencurigai Light yang merupakan putra pejabat kepolisian. Pertarungan adu strategi Light vs L pun dimulai.

Cerita yang kejam ini membuat Death Note dilarang di beberapa negara. Namun antusiasme penggemar yang tidak ada habisnya menjadikan Death Note mendapatkan sekuelnya sekali lagi yang berlatar pada 10 tahun setelah kejadian Light vs L. Film yang berjudul Death Note: Light Up The New World tayang pada Oktober 2016 di Jepang dan kembali mengisahkan petualangan penerus Light dan L yang kembali saling adu strategi.

3. Gintama

https://www.youtube.com/embed/04u8jXpUbpE

Gintama merupakan manga karya Hideaki Sorachi yang pertama terbit dalam majalah Weekly Shonen Jump pada 2003, sama seperti Death Note. Hingga saat ini, sudah 367 episode anime Gintama dengan 201 episode tayang pada season pertama, April 2006 hingga Maret 2010. Beberapa film Gintama juga hadir tidak ketinggalan versi live action juga. Gintama versi manusia didominasi oleh para pemran film ternama. Bahkan sang tokoh utama yaitu Sakata Gintoki dibintangi oleh aktor ternama, Oguri Shun.

Gintama sendiri mengisahkan tentang Sakata Gintoki yang kini menjadi pemilik Yorozuya. Mereka akan melakukan pekerjaan apa saja meski aneh sekali pun sesuai permintaan klien. Gintoki tidak sendirian. Ia memiliki anak buah bernama Shinpachi Shimura dan juga cewek muda keturunan Amanto dengan kekuatan super, Kagura. Cerita berlatar di Jepang zaman Edo yang tengah diinvasi oleh Amanto, makhluk luar angkasa. Gintoki dan samurai lain berjuang dalam perang mengusir Amanto namun mereka kalah dan kehilangan banyak nyawa.

Amanto kemudian mengambil alih pemerintahan Jepang hingga pihak kepolisian (shinsengumi) pun kini tunduk dengan Amanto. Keluar pula larangan untuk membawa pedang kemana-mana. Para Samurai yang terlibat dalam perang pun menjadi buron. Meski hidup dalam pelarian, Gintama menghadirkan cerita kocak yang mengundang gelak tawa diselipkan dengan pesan kehidupan dan sindiran-sindiran terhadap pemerintah. Serial Gintama juga kerap menghadirkan tokoh dan parodi anime lain.

Memiliki fandom yang besar, Gintama telah memasuki babak akhir cerita. Pada tahun ini pun, film yang digadang menjadi akhir kisah Gintoki akan tayang tahun ini dengan judul Gintama: The Final. Sampai jumpa Gintama!

4. Fate/Stay Night

https://www.youtube.com/embed/NPItqNsCXM4

Fate/stay Night merupakan anime adaptasi game untuk PC rilisan tahun 2004. Serial Fate merupakan anime dengan berbagai macam cour yang membuat bingung para pemula.

Khusus untuk cour Fate/Stay Night, alur ceritanya berada dalam alur waktu setelah Fate/Stay Zero meski FSN tayang lebih dulu yakni sejak Januari hingga Juni 2006 yang

dikemas dalam 24 episode.

Mengisahkan tentang seorang anak korban kebakaran hebat, Emiya Shirou yang kemudian diadopsi oleh Emiya Kiritsugu. Tanpa ia sadari masih banyak misteri yang disimpan

oleh ayah angkatnya itu. Saat SMA, Shirou pun terlibat dalam pertarungan memperebutkan Holy Grail. Pertarungan tersebut diikuti oleh penyihir dengan satu servant-nya.

Servant merupakan arwah pahlawan masa lalu yang dipanggil dengan lingkaran sihir. Secara tidak sengaja saat membersihkan sekolahnya pada suatu malam, Shirou

menyaksikan pertarungan dua servant. Ia yang saat itu tidak mengerti akan pertarungan dengan kekuatan di luar nalar manusia tersebut hampir meregang nyawa dan secara

tidak sengaja memanggil servant-nya sendiri, Saber. Fate/Stay Night mengisahkan tentang perjuangan Shirou dan Saber dalam memperebutkan Holy Grail dengan berusaha

menekan jumlah korban tidak bersangkutan berjatuhan dan menjunjung keadilan yang dianutnya.

Versi lain Fate/Stay Night ditayangkan pada tahun 2013 dengan judul Fate/Stay Night Unlimited Blade Works (UBW). Bedanya, dalam versi UBW cerita dikisahkan dari sudut Pandang Tohsaka Rin yang merupakan teman sekelas Shirou dan servant-nya Archer.

5. Hellsing Ultimate

https://www.youtube.com/embed/7oFOVFK89hc

Hellsing merupakan adaptasi manga berjudul sama yang pertama kali diterbitkan tahun 1997. Hellsing telah mendapat adaptasi anime pertama kali pada tahun 2001. Versi alternatifnya, Hellsing Ultimate mulai ditayangkan pada Februari 2006 yang terdiri dari 10 episode OVA. Menariknya, penayangan Hellsing Ultimate memakan waktu kurang lebih 7 tahun yakni hingga Desember 2012.

Mengambil setting di Inggris pada abad ke 19, Hellsing merupakan organisasi pembasmi makhluk tak kasat mata yang menghabiskan manusia-manusia tak berdosa. Hellsing berada di bawah kepemimpinan seorang wanita tangguh, Integra. Namun, organisasi itu cukup kesulitan menghadapi banyaknya serangan makhluk supranatural itu. Hellsing sangat tertolong dnegan kehadiran Alucard, seroang vampir. Alucard dengan senantiasa membasmi makhluk sejenisnya bersama asisten setianya, Victoria. Alucard akan bertarung dengan siapa saja yang melawan Hellsing.

Prekuel Hellsing Ultimate berjudul Hellsing: The Dawn yang merupakan anime special episode dan tayang pada tahun 2011 hingga 2012 untuk menyambut akhir-akhir kisah Hellsing Ultimate. Dalam Hellsing: The Dawn musuh Alucard dan organisasi Hellsing adalah vampir buatan milik Nazi, Jerman. Anime ini menghadirkan genre horor, aksi, militer, dan supranatural yang seru dan menegangkan. Tidak heran penggemar rela menunggu lama.

Kelima anime di atas merupakan anime dengan fandom yang sangat besar. Jika dilihat dari cerita yang diusung, maka wajar saja anime tersebut masih difavoritkan hingga kini dan popularitasnya menembus zaman. Yang mana anime rilisan 2006 favoritmu?

Baca Juga: Anime Komedi hingga Aksi, Ini 5 Anime Terbaik di 2020

Malmal Amalia Photo Verified Writer Malmal Amalia

everything is not a giving, it is a blessing https://malmalredholic.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya