Comscore Tracker

7 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata, Seram Abis!

Kamu sudah nonton yang mana?

Film yang diangkat dari sebuah kisah nyata memang sangat menarik untuk ditonton, apalagi kalau mengangkat kisah horor. Berhubung ada banyak kisah seram yang terjadi di Indonesia, banyak pembuat film yang terinspirasi dan mengangkat kisah tersebut ke layar lebar. Nah, berikut tujuh film horor Indonesia yang terinspirasi dari kisah nyata, simak yuk!

1. Hantu Jeruk Purut

https://www.youtube.com/embed/-VpC_hX1K_w

Warga Jakarta dan sekitarnya pasti sudah gak asing dengan kisah horor seputar TPU Jeruk Purut. Kawasan Jeruk Pururt dikenal memiliki sejumlah kisah mengerikan, kisah mistis ini pun kemudian di angkat ke layar lebar dengan judul Hantu Jeruk Purut

Film ini terinspirasi dari kisah nyata tentang Pastur kepala buntung yang cukup populer di sekitar TPU Jeruk Purut. Menurut cerita yang beredar, salah seorang penjaga kubur pernah meilihat hantu Pastur ini menenteng kepalanya sendiri yang diikuti oleh seekor anjing.

2. Rumah Pondok Indah 

https://www.youtube.com/embed/dnqObiryOYY

Wah, siapa sih yang gak pernah dengar cerita tentang rumah Pondok Indah? Film ini terinspirasi dari kisah sebuah rumah di kawasan Pondok Indah. Rumah ini terkenal angker dan seram. Banyak warga yang mengatakan bahwa penjual nasi goreng yang mangkal di sekitar rumah angker tersebut, tiba-tiba menghilang secara misterius.

Film ini bercerita tentang pengalaman sebuah keluarga yang sering dihantui oleh makhluk halus. Dalam waktu 24 jam seluruh keluarga ini tewas secara misterius. Peristiwa mengerikan tersebut terus berulang meski rumah tersebut dijual ke pemilik yang baru. Kamu sudah nonton?

3. Terowongan Casablanca

https://www.youtube.com/embed/zqKtAryr7rE

Cerita seram tentang terowongan Casablanca menjadi salah satu cerita horor yang paling populer dibicarakan. Terowongan yang terletak di Jalan Kuningan, Jakarta Selatan ini dikenal rawan terjadi kecelakaan. Sampai pada akhirnya pada tahun 2007, Nanang Istiabudi menggarap cerita ini menjadi sebuah film dengan judul yang sama.

Diyakini oleh masyarakat sekitar, di terowongan Casablanca sering nampak makhluk halus yang menganggu orang-orang yang melewati jembatan tersebut. Dalam filmnya, menceritakan dua pasang kekasih yang menggugurkan kandungan. Si perempuan meninggal dan menjelma menjadi kuntilanak.

Baca Juga: 6 Sutradara yang Ahli Banget Bikin Film Horor Hollywood, Siapa Saja?

4.  Rumah Kentang

https://www.youtube.com/embed/kuoqwVzRuhI

Film horor Indonesia berikutnya yang diangkat berdasarkan kisah nyata yaitu Rumah Kentang yang dirilis pada tahun 2012. Kabarnya, film Rumah Kentang diadaptasi dari kisah nyata yang pernah terjadi di sebuah rumah di daerah Dharmawangsa yang kemudian dijadikan lokasi syuting film ini.

Menurut warga sekitar, di rumah tersebut pernah terjadi kisah memilukan di mana terdapat seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang. Sejak kejadian itu, rumah tersebut terkadang tercium aroma kentang dan sering terdengar suara tangisan anak kecil.

5. Rumah Gurita

https://www.youtube.com/embed/89p9MRnAgiI

Film garapan Jose Poernomo pada tahun 2014 ini benar-benar berdasarkan cerita nyata. Rumah ini berlokasi di Bandung. Rumah lengkap dengan patung gurita besar di atapnya ini memang terlihat menyeramkan.

Pada film Rumah Gurita ini diceritakan Selina, gadis yg memiliki kemampuan melihat makhluk halus, harus pindah ke Bandung dan tinggal di rumah gurita itu. Kemudian dimulailah pengalaman menyeramkan yang ia alami di rumah kentang.

6. KM 97

https://www.youtube.com/embed/7WIett9OU5Y

Film ini diangkat dari kisah misterius tentang hilangnya seorang anak di KM 97 Tol Cipularang yang merupakan tol penghubung Bandung dan Jakarta. Menurut cerita yang beredar, seorang keluarga yang tengah berhenti di kilometer ke-97 tak menyadari bahwa anak kecil yang ikut dengan mereka bukanlah anak mereka "sungguhan".

Kabarnya anak tersebut merupakan arwah anak lain yang menyamar menjadi anak mereka dan menimbulkan suasana mencekam. Serem banget, ya? Merinding!

7. DANUR

https://www.youtube.com/embed/YLU6Qfi0cDY

Danur merupakan film horor yang diangkat dari buku karya Risa Saraswati berjudul "Gerbang Dialog Danur". Kisahnya sendiri ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang indigo. Hal tersebut membuatnya dapat berkomunikasi dengan makhluk yang enggak dapat dilihat oleh semua orang.

Film yang digarap oleh Awi Suryadi ini akan memperlihatkan bagaimana Risa berkomunikasi dengan teman-teman tak kasat matanya. Dia juga menemui berbagai rintangan saat bertemu makhluk gaib yang jahat.

Itulah tujuh film horor Indonesia yang terinspirasi dari kisah nyata, kamu sudah nonton yang mana saja?

Baca Juga: 6 Film Horor Asal Argentina yang Ngeri Banget, Berani Nonton?

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Suka bau buku dan menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya