Comscore Tracker

Kisah Cinta SMA, 7 Rekomendasi Film Adaptasi Novel Teenlit Terkenal

Sudah baca novelnya dan nonton filmnya, belum?

Bagi pecinta novel, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah Teenlit. Teen Literature atau biasa disingkat jadi Teenlit merupakan karya sastra populer, yang mengangkat kehidupan remaja beserta segala macam kisah yang dialami remaja pada umumnya. 

Walaupun diperuntukan bagi remaja, namun Teenlit juga populer di semua kalangan. Bahkan beberapa novel Teenlit terkenal sudah diadaptasi menjadi film terkenal. Yuk, sama-sama kita simak tujuh rekomendasi film yang diadaptasi dari novel Teenlit.

1. Dealova (2005)

https://www.youtube.com/embed/3T_VaBEEDnU

Teenlit Dealova karya penulis Dyan Nuranindya, menjadi salah satu novel best seller yang kemudian diangkat menjadi film. Berkisah tentang cinta segitiga dari Dira, Ibel, dan Karra yang dibumbui cerita persahabatan, kisah sedih, serta cinta yang kemudian terbalas.

Film Dealova menjadi hits besar pada tahun 2005, apalagi film percintaan anak SMA memang digemari. Film ini mengangkat nama Jessica Iskandar, Ben Joshua, dan Evan Sanders, yang terbukti masih bertahan di industri hiburan hingga kini.

2. Me vs High Heels (2005)

https://www.youtube.com/embed/hJBTlUC4rAA

Me vs High Heels bercerita tentang seorang siswi SMA bernama Sasha yang sangat cuek penampilan bahkan sangat tomboy. Seperti remaja lainnya ketika jatuh cinta, Sasha berusaha merubah penampilan menjadi lebih feminin demi pujaan hatinya.

Film yang rilis tahun 2005 ini begitu disukai penonton, bahkan sering ditayangkan ulang di televisi. Ayushita memainkan peran sebagai Sasha dengan sangat apik. Film ini juga dibintangi Raffi Ahmad serta Hengky Kurniawan.

3. Eiffel I'm In Love (2003)

https://www.youtube.com/embed/1pyIEPuRpVs

Siapa sih yang gak tahu tentang kisah Adit dan Tita dalam film hits Eiffel I'm In Love? Film ini menjadi salah satu film tersukses Indonesia, dengan jumlah penonton lebih dari 2,6 juta di tahun 2003. Akting Shandy Aulia dan Samuel Rizal memang mampu menyihir penonton.

Tak heran, kalau film ini dibuat sekuel yang berjudul Eiffel I'm In Love 2 yang ditayangkan pada tahun 2018 lalu. Film ini diangkat dari salah satu teenlit terlaris karya Rachmania Arunita berjudul sama. 

Baca Juga: 12 Rekomendasi Film Adaptasi Novel Stephen King, Apa Saja?

4. Refrain (2013)

https://www.youtube.com/embed/VHICXbW2NkA

Novel karya Winna Efendi memang selalu membekas di hati. Kisah yang dekat dengan kehidupan yang dikemas secara ringan dan menarik, semakin menyenangkan untuk dinikmati. Salah satu karya Winna adalah novel Refrain.

Tahun 2013, Refrain diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama, dibintangi oleh Maudy Ayunda, Afgan Syahreza, dan Chelsea Islan. Berkisah tentang dua sahabat yang ternyata salah satunya menyimpan perasaan cinta sejak lama. Film ini semakin menarik karena dibumbui cerita persahabatan, perselisihan, dan tentu saja tentang impian.

5. Beauty and The Best (2016)

https://www.youtube.com/embed/zepKUARa6Po

Pernah nonton film Beauty and The Best? Tahu gak, kalau ternyata film ini adalah adaptasi dari novel teenlit berjudul sama, karya penulis populer Luna Torashyngu. Masih mengangkat tentang anak SMA, namun lebih menonjolkan persaingan dalam lingkungan sekolah.

Persaingan antara seorang model bernama Ira dan siswi berprestasi dan ambisius bernama Kelly. Suatu waktu, Kelly tak terima karena nilai Ira lebih tinggi dari dirinya, ia kemudian menantang Ira untuk kembali mendapatkan nilai tinggi di UAS.

Mengangkat kehidupan sekolah yang menyenangkan sekaligus penuh persaingan, film ini fresh karena tak banyak menonjolkan cerita percintaan.

6. 3600 Detik (2014)

https://www.youtube.com/embed/ui9k4avlgvU

Teenlit gak selalu berakhir bahagia, kok. Ada juga cerita teenlit yang ingin mengajari betapa berharganya waktu yang kita miliki sekarang. Teenlit 3600 Detik karya penulis Charon yang diangkat menjadi film, adalah salah satunya. 

Berkisah tentang Sandra, anak broken home yang mencari perhatian dengan kenakalannya, sehingga ia ditakuti teman-temannya. Namun ada satu anak yang tak takut, bahkan ingin berteman dengan Sandra. Siswa ini bernama Leon, seorang ketua kelas berprestasi di sekolahnya.

Saat sudah sangat dekat dan saling merasa nyaman, tiba-tiba Leon menghilang. Ternyata Leon menyimpan rahasia besar tentang penyakit yang ia derita. 

7. Remember When (2014)

https://www.youtube.com/embed/VKymqmweKIs

Kalau kisah cinta segitiga sudah biasa, kali ini penulis Winna Efendi mengangkat kisah cinta segiempat. Tentang dua pasangan yang kekasih, persahabatan, cinta, serta perselingkuhan yang terjadi. 

Dibintangi oleh Michelle Ziudith, Maxime Bouttier, Miqdad Addauzy, dan Stella Cornelia, film Remember When harus masuk daftar tontonan kamu. Kisah cinta anak SMA yang biasanya fresh, diangkat secara berat dan berbeda dalam film ini.

 

Film hasil adaptasi dari Teenlit memang menyajikan kisah percintaan remaja yang fresh, penuh warna, serta selalu menghibur dan menarik untuk ditonton. Gimana, sudah baca novelnya dan tonton filmnya, belum?

Baca Juga: 8 Film Adaptasi dari Novel Karya Haruki Murakami, Apa Saja?

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya